Comscore Tracker

Berbakat! 10 Pemain Southampton yang Memiliki Nilai Transfer Tertinggi

Gudangnya pemain berbakat nih!

Southampton Football Club atau biasa dipanggil dengan naman Soton merupakan sebuah tim sepak bola profesional asal Inggris yang berbasis di kota Southampton. Klub yang  bermarkas di Stadion St Mary's ini terkenal karena berhasil mengorbitkan bintang-bintang muda sepakbola.

Namun anehnya, Southampton selalu menjual pemain berbakat yang mereka miliki ke klub lain. Alhasil, Southampton sulit untuk bersaing di Liga Inggris terutama di musim ini. Dan berikut adala

1. Virgil Van Dijk

Berbakat! 10 Pemain Southampton yang Memiliki Nilai Transfer Tertinggitelegraph.co.uk

Rekor tranfser penjualan pemain dari Southampton maisih dipegang oleh Virgil Van Dijk. Bek asal Belanda ini pindah dari Southampton menuju Liverpool dengan banderol sebesar €84.65 juta atau setara dengan Rp1,3 triliun.

Rekor ini berhasil dibuat oleh Van Dijk pada musim 2017-2018 saat ia masih berusia 26 tahun, sebelum rekor bek termahal dipecahkan oleh Harry Maguire musim ini. Sejak kedatangannya di Anfield hingga saat ini. Van Dijk selalu menjadi andalan Jurgen Kloop sebagai tembok pertahanan The Reds.

2. Sadio Mane

Berbakat! 10 Pemain Southampton yang Memiliki Nilai Transfer Tertinggiskysports.com

Siapa sangka winger lincah asal Senegal ini pernah memperkuat Southampton. Sadio Mane berada di Stadion St Mary's pada musim 2014 hingga 2016. Pemain yang berusia 28 tahun ini meninggalkan Southampton pada musim 2016-2017 dengan tujuan ke Liverpool.

The Reds harus merogoh kocek sekitar €41.20 juta setara dengan Rp655 miliar untuk memboyong Sadio Mane. Saat ini Sadio Mane merupakan pemain andalan Liverpool dan membentuk trio maut bersama Roberto Firminho dan Mohammed Salah.

3. Luke Shaw

Berbakat! 10 Pemain Southampton yang Memiliki Nilai Transfer Tertinggimanchestereveningnews.co.uk

Mungkin tak banyak yang mengira jika Luke Shaw adalah pemain asli akademi Southampton. Shaw menimba ilmu di akademi Southampton dari tahun 2003 hingga 2012. Debutnya bersama tim senior Southampton terjadi pada musim 2011-2012 saat usianya masih 16 tahun.

Pada musim 2014-2015, Luke Shaw dipinang oleh Manchester United sebesar €37.50 juta setara dengan Rp596 milar, harga yang sangat tinggi untuk pemain berusia 18 tahun saat itu. Kini Luke Shaw masih membela Manchester United sebagai bek kiri andalan The Red Devils.

4. Morgan Schneiderlin

Berbakat! 10 Pemain Southampton yang Memiliki Nilai Transfer Tertinggiexpress.co.uk

Hanya berselang setahun setelah transfer Luke Shaw, Manchester United kembali membeli pemain dari Southampton. Kali ini mereka menggaet Morgan Schneiderlin yang berposisi sebagai gelandang bertahan pada musim 2015-2016. Morgan Schneiderlin diboyong ke Old Trafford dengan nilai transfer sebesar €35.00 juta setara dengan Rp557 miliar.

Namun sayang karir Morgan Schneiderlin di Manchester United tak berjalan mulus karena kerap kali mengalami cidera. Ia hanya bertahan hingga musim 2016-2017 dan pindah ke Everton.

5. Adam Lallana

Berbakat! 10 Pemain Southampton yang Memiliki Nilai Transfer Tertinggiskysports.com

Eksodus pemain bertalenta Southampton menuju Liverpool dimulai sejak musim 2014-2015 yang terjadi pada transfer Adam Lallana. Pemain berusia 32 tahun ini diboyong Liverpool dari Southampton dengan harga sebesar €31.00 juta atau sekitar Rp493 miliar. Adam Lallana hingga kini masih membela Liverpool walaupun bukan menjadi pilihan utama Jurgen Kloop untuk lini serang The Reds.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Liga Inggris, Serie A, dan La liga Hari Ini

6. Dejan Lovren

Berbakat! 10 Pemain Southampton yang Memiliki Nilai Transfer Tertinggidailypost.co.uk

Sebelum kedatangan Virgil Van Dijk pada musim 2017-2018, Dejan Lovren merupakan pilihan utama Jurgen Kloop untuk posisi bek tengah. Performa Lovren yang mengesankan bersama Southampton membuat Liverpool rela membelinya dengan harga sebesar €25.30 juta setara dengan Rp402 miliar pada musim 2014-2015 bersama dengan transfer Adam Lallana.

7. Calum Chambers

Berbakat! 10 Pemain Southampton yang Memiliki Nilai Transfer Tertinggitheguardian.com

Sepertinya Southampton tak pernah berhenti untuk mengorbitkan pemain muda berbakat. Pada musim 2013-2014, Southampton mengorbitkan bek muda berusia 17 tahun yakni Chalum Chambers. Berkat performanya yang gemilang sebagai bek kanan, Arsenal tertarik membelinya.

The Gunners membeli Chambers pada musim 2014-2015 saat Chambers berusia 19 tahun dengan nilai transfer sebesar €20.23 juta setara dengan Rp322 miliar. Kini Chambers masih membela Arsenal dan ia harus bersain dengan Hector Bellerin sebagai bek kanan utama pilihan Mikel Arteta.

8. Nathaniel Clyne 

Berbakat! 10 Pemain Southampton yang Memiliki Nilai Transfer Tertinggiskynews.com

Liverpool sepertinya memiliki hubungan yang baik dengan Southamtpon soal penjualan pemain. Setelah Adam Lallana dan Dejan Lovren, pada musim 2015-2016 Liverpool membeli bek kanan asal Southampton yakni Nathaniel Clyne. Nathaniel Clyne  dibanderol dengan harga €17.70 juta sekitar Rp281 miliar. Menjadi bek kanan andalan Jurgen Kloop untuk beberapa musim sebelum posinya diambil oleh Trent Alexander-Arnold.

9. Matt Targett

Berbakat! 10 Pemain Southampton yang Memiliki Nilai Transfer Tertinggifootballtransfertavern.com

Matthew Robert Targett atau Matt Targett, mungkin namanya terdengar cukup asing tapi percayalah bek kiri berusia 23 tahun adalah bintang muda hasil didikan Southampton. Matt Targett pindah dari Southampton ke Aston Villa pada awal musim ini dengan nilai transfer sebesar €15.50 juta atau setara dengan Rp246 miliar. Kini Matt harus berjuang untuk menjauhkan Aston Villa dari zona degradadasi jika tak mau turun kasta pada musim 2020-2021 mendatang.

10. Graziano Pellè

Berbakat! 10 Pemain Southampton yang Memiliki Nilai Transfer Tertinggiteamtalk.com

Graziano Pellè merupakan striker utama dari Southampton pada musim 2014 hingga 2016. Bersama Soton, Graziano Pellè berhasil mencetak 30 goal dan 10 assits. Namun sayang usia yang tak lagi muda membuat striker asal Italia ini harus meninggalkan Southampton pada musim 2016-2017. Pellè  hijrah ke Liga Super China untuk membela klub Shandong Luneng Taishan dengan nilai transfer sebesar €15.25 juta setara dengan Rp242 miliar.

Nah itulah 10 pemain dengan nilai transfer tertinggi dari klub Southampton. Bisa dikatakan Southampton adalah gudang pemain-pemain muda berbakat. Menurut kamu gimana ?

Baca Juga: 8 Pemain Ini Sering Gonta-Ganti Klub, Petualang atau Demi Uang?

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya