Comscore Tracker

9 Pemain yang Dijuluki One Season Wonder di Ajang Liga Champions

Mana dari mereka yang masih kamu ingat?

Liga Champions merupakan ajang paling bergengsi bagi klub-klub Eropa. Banyak pemain ingin tampil sempurna di ajang ini. Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Robert Lewandowski adalah tiga nama yang tampil impresif di ajang Liga Champions dalam satu dekade terakhir.

Namun, ada pula segelintir pemain yang tampil bagus di ajang ini satu musim saja. Pemain seperti ini mendapat julukan one season wonder. Siapa sajakah mereka? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

1. Luiz Adriano - Shakhtar Donetsk (2014/2015)

9 Pemain yang Dijuluki One Season Wonder di Ajang Liga ChampionsLuiz Adriano (rediff.com)

Luiz Adriano membuat sejarah dengan menyamai rekor Lionel Messi. Ia membuat gol terbanyak dalam satu pertandingan di Liga Champions dengan mencetak lima gol melawan BATE Borisov pada Oktober 2014. Pertandingan itu kemudian dimenangkan Shakhtar Donetsk dengan skor akhir 7-0.

Adriano kembali menjadi berita utama dengan menyamai rekor sembilan gol milik Cristiano Ronaldo di babak grup. Dari 7 laga yang dimainkan oleh Adriano bersama Shaktar Donetsk, penyerang asal Brasil berhasil membuat 9 gol dan 1 assist.

2. Carlos Alberto - Porto (2003/2004)

9 Pemain yang Dijuluki One Season Wonder di Ajang Liga ChampionsCarlos Alberto (record.pt)

Carlos Alberto memainkan peran penting dalam skuad asuhan Jose Mourinho yang memenangkan Liga Champions 2003/2004. Alberto bermain dalam semua laga FC Porto di Liga Champions musim itu dan ia menjadi penentu dengan satu-satunya gol ke gawang AS Monaco di laga final.

Pemain Brasil itu bermain di belakang penyerang utama, Benni McCarthy atau Derlei. Saat berhasil membantu FC Porto juara Liga Champions, Alberto baru berusia 19 tahun dan menjadi pemain muda yang banyak diminati klub besar Eropa.

3. Francesco Coco - AC Milan (2000/2001)

9 Pemain yang Dijuluki One Season Wonder di Ajang Liga ChampionsFrancesco Coco (acmilan.com)

Francesco Coco menikmati musim yang indah bersama AC Milan pada 2000/2001 silam. Selain membantu AC Milan mencapai babak kedua penyisihan grup Liga Champions, Coco juga menjadi anggota Timnas Italia.

Di musim itu, Coco bermain dalam 9 laga untuk AC Milan di ajang Liga Champions. Ia berhasil mencatatkan 2 gol dan 1 assist, sebuah catatan yang baik bagi seorang pemain yang berposisi sebagai bek kiri.

4. Ryan Babel - Liverpool (2007/2008)

9 Pemain yang Dijuluki One Season Wonder di Ajang Liga ChampionsRyan Babel (liverpoolecho.co.uk)

Pada awal musim 2007/2008, Liverpool mendatangkan salah satu pemain bertalenta dari Ajax bernama Ryan Babel. Pemain asal Belanda itu ditebus Liverpool dengan mahar senilai 17,25 juta euro. Pada musim debutnya bersama Liverpool di ajang Liga Champions, Babel mencatatkan torehan 5 gol dan 1 assist dalam 11 laga yang ia jalani bersama The Reds.

Babel membawa Liverpool hingga semifinal sebelum langkahnya terhenti di tangan Chelsea. Di laga ini, Babel berhasil mencetak 1 gol, namun hal itu tak cukup untuk membuat Liverpool melaju ke laga final.

Baca Juga: Kaide Gordon Calon Bintang Masa Depan Liverpool

5. Milos Krasic - CSKA Moscow (2009/2010)

9 Pemain yang Dijuluki One Season Wonder di Ajang Liga ChampionsMilos Krasic (uefa.com)

Pemain sayap asal Serbia itu tampil luar biasa pada musim 2009/2010. Dia mencetak 4 gol dalam 9 pertandingan Liga Champions.

Ia membantu CSKA mencapai babak perempat final. Salah satu gol terbaiknya adalah pada saat melawan Manchester United di fase grup.

6. Alan - SC Braga (2012/2013)

9 Pemain yang Dijuluki One Season Wonder di Ajang Liga ChampionsAlan (skysports.com)

Penggemar Manchester United mungkin ingat nama yang satu ini. Walaupun SC Braga tampil buruk di ajang Liga Champions 2012/2013 dengan hanya meraih 1 kemenangan dan 5 kekalahan, namun ini menjadi puncak karier bagi Alan.

Pemain sayap asal Brasil itu berhasil mencetak 5 gol dar 6 pertandingan bersama SC Braga. Dua gol di antaranya ia cetak saat melawan Manchester United di Old Trafford.

7. Artem Dzyuba - Zenit (2015/2016)

9 Pemain yang Dijuluki One Season Wonder di Ajang Liga ChampionsArtem Dzyuba (fotmob.com)

Zenit St. Petersburg lolos dari babak penyisihan grup dengan 5 kemenangan dari 6 pertandingan. Performa gemilang Zenit St. Petersburg tak lepas dari penyerang mereka, Artem Dzyuba. Dari 6 laga tersebut, Dzyuba berhasil mencetak 6 gol. Namun, magis Dzyuba seketika hilang saat memasuki fase gugur.

Ia tak mampu membawa Zenit St. Petersburg meraih kemenangan atas Benfica. Alhasil timnya harus tersinginkir lebih cepat di ajang ini.

8. Burak Yilmaz - Galatasaray (2012/2013)

9 Pemain yang Dijuluki One Season Wonder di Ajang Liga ChampionsBurak Yilmaz (eurosport.com)

Burak Yilmaz sudah pernah bermain untuk empat klub besar Turki, yakni Besiktas, Fenerbahce, Trabzonspor, dan Galatasaray. Namun, kariernya bersama Galatasaray adalah yang paling berkesan di Liga Champions.

Yilmaz mencetak hat-trick sempurna saat melawan Cluj dan menjadikannya pemain Turki pertama yang mencetak hat-trick di Liga Champions sejak Tuncay Sanli. Yilmaz kemudian mencetak gol kemenangan melawan Manchester United dan Braga.

Yilmaz mengakhiri babak penyisihan grup sebagai pencetak gol terbanyak dengan 6 gol. Yilmaz juga mencetak gol di kandang dan tandang melawan Schalke di babak 16 besar. Total, Yilmaz mencetak 8 gol dari 9 laga yang ia jalani di Liga Champions musim 2012/2013.

9. Simone Inzaghi - Lazio (1999/2000)

9 Pemain yang Dijuluki One Season Wonder di Ajang Liga ChampionsSimone Inzaghi (sportmob.com)

Saudara laki-laki dari Filippo Inzaghi ini tampil impresif bersama Lazio di Liga Champions 1999/2000. Inzaghi yang berjuang untuk mencetak gol di Serie A setelah direkrut dari Piacenza hanya mencetak 7 gol dalam 22 penampilan tahun itu. Hebatnya, ia produktif di Eropa dengan 9 gol dalam 11 pertandingan.

Penampilannya yang paling mengesankan terjadi pada Maret 2000 ketika ia menyamai rekor Marco van Basten dengan mencetak 4 gol dalam satu pertandingan melawan Marseille di babak penyisihan grup.

 

Untuk bisa tampil hebat di ajang sebesar Liga Champions, seorang pesepak bola harus mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Kira-kira, siapa lagi yang akan masuk daftar ini?

Baca Juga: 5 Pemain Inter Milan yang Makin Gacor di Bawah Arahan Simone Inzaghi

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya