8 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Timnas Jerman, Para Legenda!

Mulai dari Gerd Muller hingga Miroslav Klose

Walaupun dalam beberapa tahun terakhir timnas Jerman mengalami penurunan performa secara drastis, hal itu tak mengubah status mereka sebagai salah satu timnas terbaik yang pernah ada. Bukti nyata yang berhasil diraih oleh mereka adalah 4 kali juara Piala Dunia FIFA, 3 kali juara Eropa, dan 1 kali juara Piala Konfederasi.

Tak hanya soal prestasi, namun pemain timnas Jerman juga terkenal memiliki insting mencetak gol yang sangat tajam. Salah satu striker legenda mereka menjadi top scorer sepanjang masa perhelatan Piala Dunia. Di bawah ini adalah delapan pemain dengan gol terbanyak dalam sejarah timnas Jerman. Siapa saja?

1. Miroslav Klose (71 Gol)

8 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Timnas Jerman, Para Legenda!goal.com

Berbicara tentang striker Timnas Jerman, nama pertama yang langsung terlintas di otak kita adalah Miroslav Klose. Yup, pemain berdarah Jerman dan Polandia ini menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi timnas Jerman dengan catatan 71 gol dalam 137 pertandingan ia mainkan.

Klose membawa Jerman sebagai juara Piala Dunia 2014, runner-up Piala Dunia 2002, dan runner-up Euro 2008. Klose mendapat FIFA World Cup Silver Shoe pada 2002 dan FIFA World Cup Golden Shoe 2006 serta menjadi pencetak gol sepanjang masa dalam ajang Piala Dunia dengan 16 gol. Wow, sebuah prestasi yang sangat sulit untuk disamai oleh pemain manapun.

2. Gerd Müller (68 Gol)

8 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Timnas Jerman, Para Legenda!fifa.com

Gerd Müller merupakan salah satu striker terbaik pada tahun 60an hingga 70an. Ia bermain untuk Timnas Jerman Barat pada medio 1966 hingga 1974. Selama masa baktinya, Gerd Müller bermain dalam 62 laga dengan mencetak 68 gol, itu artinya ia memiliki rasio mencetak gol 1,1 gol tiap pertandingan.

Gerd Müller menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi Timnas Jerman selama 40 tahun atau lebih tepatnya dari tahun 1974 hingga 2014 sebelum rekor tersebut dipecahkan oleh Miroslav Klose pada tahun 2014.

3. Lukas Podolski (49 gol)

8 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Timnas Jerman, Para Legenda!en.as.com

Satu lagi striker terbaik timnas Jerman yang juga memiliki darah Polandia yakni Lukas Podolski. Ia memulai debutnya bersama timnas Jerman pada 2004 saat ia berusia 19 tahun. Total, Podolski telah bermain untuk timnas Jerman sebanyak 130 pertandingan pada tahun 2004 hingga 2017.

Podolski juga menjadi striker yang tajam bagi Jerman dengan 49 gol yang ia cetak. Podolksi mendapatkan penghargaan FIFA World Cup Best Young Player 2006, Silver Shoe Euro 2008, dan membawa Jerman meraih gelar Piala Dunia 2014.

4. Rudi Völler (47 Gol)

8 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Timnas Jerman, Para Legenda!sportschau.de

Sebelum era Klose dan Podolski, ada nama Rudi Völler yang menjadi striker andalan timnas Jerman pada 1982 hingga 1994. Pemain yang sangat identik dengan kumisnya ini mencetak 47 gol dalam 90 pertandingan yang ia lakoni. Rudi Völler berhasil membawa Jerman juara Piala Dunia 1990, runner-up Piala Dunia 1986 dan runner Euro 1992.

Tak hanya menjadi pemain, Rudi Völler juga pernah menjadi pelatih kepala timnas Jerman pada tahun 2000 hingga 2004.

Baca Juga: 10 Potret Lukas Podolski yang Makin Keren di Usia 35 Tahun

5. Jürgen Klinsmann (47 Gol)

8 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Timnas Jerman, Para Legenda!thesefootballtimes.co

Jürgen Klinsmann adalah rekan duet dari Rudi Völler pada era 80an dan awal 90an. Mereka menjadi duet maut lini serang timnas Jerman. Jürgen Klinsmann berhasil mencetak 47 gol bagi Timnas Jerman dalam 108 pertandingan yang ia jalani sebagai pemain. 

Jürgen Klinsmann berhasil membawa Jerman sebagai juara Piala Dunia 1990, juara Euro 1996, runner-up Euro 1992, dan medali perunggu dalam ajang Olimpiade 1988.

6. Karl-Heinz Rummenigge (45 Gol)

8 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Timnas Jerman, Para Legenda!talksport.com

Karl-Heinz Rummenigge merupakan kapten ikonik dari Timnas Jerman pada medio 80an. Di bawah kepimpinannya, Jerman berhasil meraih trofi Euro 1980 serta dua kali menjadi runner-up Piala Dunia 1982 dan 1986.

Tak hanya memiliki jiwa kepemimpinan, Karl-Heinz Rummenigge juga menjadi striker yang tajam mengoyak jala gawang lawan. Total, ia mencetak 45 gol bagi Timnas Jerman dalam 95 pertandingan yang ia lakoni.

7. Uwe Seeler (43 Gol)

8 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Timnas Jerman, Para Legenda!thesefootballtimes.co

Sejak era 60an, timnas Jerman sudah memiliki striker tajam dengan insting mencetak gol yang baik. Yup, dia adalah Uwe Seeler. Seeler lebih dikenal sebagai legenda klub Hamburg SV daripada timnas Jerman.

Bersama timnas Jerman, Seeler menorehkan catatan 43 gol dalam 72 laga. Ia membawa Jerman sebagai runner-up Piala Dunia 1966, dan posisi ketiga pada Piala Dunia 1970.

8. Michael Ballack (42 Gol)

8 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Timnas Jerman, Para Legenda!footballparadise.com

Last but not least, ada pemain yang mendapat julukan Mr Runner-up yakni Michael Ballack. Bagaimana tidak, Ballack mendapat julukan tersebut karena ia lima kali menjadi runner-up, baik bersama klub maupun Timnas Jerman.

Walau demikian, Ballack tetaplah sebagai salah satu pemain terbaik Timnas Jerman yang pernah ada. Berbeda dari pemain lainnya di daftar ini yang berposisi sebagai penyerang, Ballack bisa tetap produktif sebagai gelandang. Bersama Jerman, Ballack menorehkan gol ke gawang lawan sebanyak 42 kali.

 

Nah, itulah delapan pemain dengan gol terbanyak dalam sejarah timnas Jerman. Menarik ditunggu siapakah yang bisa memecahkan rekor gol milik Miroslav Klose. Menurut kamu, siapa striker terbaik Jerman saat ini?

Baca Juga: Maradona, Legenda Sepak Bola yang Penuh Kontroversi

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya