5 Pesepak Bola Aktif dengan Hat-trick Terbanyak di Liga Champions

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masih yang teratas

Liga Champions merupakan ajang yang paling bergengsi bagi klub-klub Eropa dan juga untuk pemain sepak bola. Sebagai ajang yang prestisius, mencatatkan sejarah dalam Liga Champions merupakan sebuah prestasi. Salah satu prestasi yang banyak diincar pesepak bola terutama yang berposisi penyerang adalah mencetak hat-trick.

Karena hal itu akan membuat nama mereka menjadi pembicaraan hangat oleh media dan juga memasukkan nama mereka dalam sejarah Liga Champions. Ada beberapa pemain yang berhasil mencatatkan rekor ini, bukan hanya sekali mencatatkan hat-trick melainkan sudah beberapa kali.

Berikut ini lima pemain aktif dengan torehan hat-trick terbanyak di Liga Champions. Siapa saja?

1. Lionel Messi - 8 kali

5 Pesepak Bola Aktif dengan Hat-trick Terbanyak di Liga ChampionsPotret Lionel Messi saat bermain untuk PSG (news18.com)

Untuk saat ini, Lionel Messi adalah pemain dengan koleksi hat-trick terbanyak di ajang Liga Champions, dengan 8 kali hat-trick. Lionel Messi pertama kali mencetak di ajang Liga Champions ketika melawan Arsenal pada 6 April 2010, ketika Barcelona menang dengan skor 4-1.

Setelah itu, Messi tak henti untuk mencetak trigol ke gawang lawannya. Mulai dari Viktoria Plzen, Bayer Leverkusen, Ajax, APOEL, Celtic, Manchester City, dan PSV Eindhoven. Bahkan saat melawan Bayer Leverkusen, Lionel Messi melesakkan 5 gol. Akankah hat-trick Messi di Liga Champions akan bertambah?

2. Cristiano Ronaldo - 8 kali

5 Pesepak Bola Aktif dengan Hat-trick Terbanyak di Liga Championspotret Cristiano Ronaldo saat bermain untuk Manchester United (beinsports.com)

Berbicara tentang Lionel Messi, tak lengkap rasanya jika tidak membicarakan Cristiano Ronaldo. Tak kalah dari Messi, Ronaldo juga telah 8 kali mencatatkan hat-trick di ajang Liga Champions.

Hat-trick perdana CR7 ketika Real Madrid bersua dengan Ajax Amsterdam pada 2012 silam. Seperti robot yang tak kenal lelah, Ronaldo terus membuat hat-trick ke gawang lawan-lawannya.

Ia berhasil menciptakan tiga gol dalam satu pertandingan ketika berhadapan dengan Galatasaray, Shakhtar Donetsk, Malmo, Wolfsburg, Bayern Munich dan Atletico Madrid. Mampukah Ronaldo melewati torehan hat-trick Lionel Messi?

Baca Juga: 6 Pesepak Bola yang Sukses Cetak Hat-trick Penalti, Siapa Saja?

3. Robert Lewandowski - 3 kali

5 Pesepak Bola Aktif dengan Hat-trick Terbanyak di Liga ChampionsSelebrasi Robert Lewandowski (euronewssource.com)

Dalam satu dekade terakhir, Robert Lewandowski merupakan salah satu striker terbaik di dunia. Tak hanya moncer di Bundesliga, Lewandowski juga tampil ganas saat di Liga Champions, bahkan ia menjadi pencetak gol terbanyak di ajang ini pada musim 2019/2020 lalu.

Satu laga yang tak akan terlupakan dalam karier Lewandowski adalah ketika Borussia Dortmund menghadapi Real Madrid di semifinal UCL 2013/2014 lalu. Pada pertandingan itu, Lewandowski berhasil menciptakan 4 gol bagi Dortmund dan mengubur impian Real Madrid menuju final.

Setelah pindah ke Munchen, Lewandowski berhasil mencatatkan hat-trick keduanya pada 29 September 2015 ketika Bayern Munchen berhadapan dengan Dinamo Zagreb. Hat-trick terbaru Robert Lewandowski di Liga Champions terjadi saat tim Bayern Munchen menang 6-0 atas Red Star Belgrade pada 26 November 2019.

4. Luiz Adriano - 3 kali

5 Pesepak Bola Aktif dengan Hat-trick Terbanyak di Liga ChampionsLuiz Adriano saat berseragam Shaktar Donetsk (rediff.com)

Luiz Adriano bukan nama tenar dalam daftar kali ini, tapi ia adalah satu dari dua pemain yang bisa mencetak lima gol dalam satu pertandingan Liga Champions. Semua hat-trick yang dicetak Luiz Adriano di ajang UCL ketika dia bermain untuk Shakhtar Donetsk.

Hat-trick pertama terjadi saat Shaktar Donetsk melawan Nordsjælland pada 20 November 2012. Adriano menjadi pemberitaan media sepak bola ketika ia berhasil mencetak hat-trick secara back to back ketika melawan BATE Borisov pada tahun 2014 silam. Sempat bermain untuk AC Milan, namun kini Adriano sudah tidak bermain di kompetisi Eropa dan sekarang bermain untuk Palmeiras di Brasil.

5. Neymar - 3 kali

5 Pesepak Bola Aktif dengan Hat-trick Terbanyak di Liga Championspotret Neymar (news.in-24.com)

Nama terakhir dalam daftar ini adalah pemain termahal dunia yakni Neymar. Hat-trick perdana Neymar di ajang Liga Champions tercipta ketika Barcelona menang telak atas Celtic dengan skor 6-1 pada 11 Desember 2013 lalu.

Hat-trick kedua Neymar dicetak untuk Paris Saint-Germain ketika melawan Red Star Belgrade pada 3 Oktober 2018. Hat-trick ketiga Neymar tercipta ketika PSG menang 5-1 atas Istanbul Basaksehir di babak penyisihan grup tahun lalu. 

 

Dari nama-nama di atas, akankah mereka mampu menambah torehan hat-trick mereka? Atau ada pemain baru yang akan masuk dalam daftar ini? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 5 Pemain yang Cetak Hat-trick pada Debutnya di Liga Champions

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya