Comscore Tracker

5 Pesepak Bola di Atas 35 Tahun yang Masih Tampil Impresif Saat Ini

Tua-tua keladi, makin tua makin jadi

Sepak bola merupakan olahraga dengan karier yang tidak berlangsung lama. Membutuhkan stamina, fisik, dan tubuh yang prima, biasanya rentang karier seorang pesepak bola hanya akan bertahan pada kisaran 35--40 tahun. Memasuki usia kepala 3, seorang pesepak bola sudah mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan performa serta menjadi rentan terhadap cedera.

Namun, hal itu sepertinya tak berlaku untuk beberapa pesepak bola yang tetap tampil prima dan menjadi bagian dari klub dan timnasnya walaupun usia mereka sudah lebih dari 35 tahun. Siapa sajakah mereka? Simak di bawah ini dalam 5 pemain di atas 35 tahun yang masih tampil impresif saat ini.

1. Cristiano Ronaldo

5 Pesepak Bola di Atas 35 Tahun yang Masih Tampil Impresif Saat Inipotret Cristiano Ronaldo (manutd.com)

Dengan usianya sekarang, Cristiano Ronaldo tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan performa dan tetap menjadi salah satu pemain terbaik saat ini. Pemain berusia 36 tahun itu memenangkan penghargaan Capocannoniere atau pencetak gol terbanyak di Serie A musim lalu dengan mencetak 29 gol.

Sekarang Ronaldo menjadi bagian penting Manchester United sejak kembali ke Inggris pada awal musim ini. Kapten asal Portugal telah mencetak 5 gol dalam 6 pertandingan untuk The Red Devils dan memenangkan penghargaan Best Player of The Month untuk bulan September lalu.

2. Luka Modric

5 Pesepak Bola di Atas 35 Tahun yang Masih Tampil Impresif Saat Inipotret Luka Modric (realmadrid.com)

Luka Modric adalah salah satu gelandang terbaik dan menjadi pemain kunci untuk klub dan negara yang ia bela. Meski sudah berusia 36 tahun, Modric masih menjadi pemain reguler di lini tengah untuk Real Madrid dan Kroasia. Modric adalah gelandang elegan dengan kemampuan teknis yang luar biasa.

Modric telah memenangkan 2 gelar LaLiga dan 4 gelar Liga Champions bersama Real Madrid. Ia juga membantu Kroasia mencapai final Piala Dunia 2018.

Baca Juga: Di Usia Senja, Luka Modric Masih Jadi Juru Selamat Kroasia

3. Giorgio Chiellini

5 Pesepak Bola di Atas 35 Tahun yang Masih Tampil Impresif Saat Inipotret Giorgio Chiellini (juventus.com)

Giorgio Chiellini sudah menjadi seorang legenda di Juventus dan salah satu bek terhebat yang pernah bermain untuk Timnas Italia. Chiellini melakukan debut profesionalnya untuk Livorno pada tahun 2000. Chiellini pindah ke Juventus pada tahun 2004.

Pemain berusia 37 tahun telah menjadi kekuatan di lini belakang Juventus dan Timnas Italia. Chiellini memiliki leadership yang hebat serta kemampuan bertahan yang tak perlu diragukan lagi.

Pada 2019, Chiellini mengalami cedera yang serius, tetapi ia bangkit dan kembali untuk membantu Italia memenangkan Piala Eropa 2020. Kerja samanya dengan Leonardo Bonucci, baik untuk Juventus maupun Italia, dianggap sebagai salah satu duet bek terbaik dalam sepak bola modern.

4. Thiago Silva

5 Pesepak Bola di Atas 35 Tahun yang Masih Tampil Impresif Saat Inipotret Thiago Silva (skysports.com)

Salah satu bek tengah terhebat di generasinya, Thiago Silva saat ini masih kuat bermain di salah satu klub terbesar di dunia sepak bola, Chelsea. Silva mencatatkan namanya sebagai bek tengah kelas dunia di AC Milan sebelum bergabung dengan PSG pada 2012.

Silva memainkan peran penting dalam membawa PSG menguasai Ligue 1. Silva memenangkan 7 gelar Ligue 1 bersama PSG. Cukup mengejutkan melihat PSG membiarkan pemain Timnas Brasil tersebut pergi dengan status bebas transfer musim panas 2020 lalu.

Chelsea adalah pelabuhan terbaru Silva dan ia telah menjadi pemain favorit penggemar Chelsea. Pengalamannya dikombinasikan dengan kualitasnya sangat penting dalam lini pertahanan Chelsea. Pemain berusia 37 tahun itu memenangkan Liga Champions musim lalu bersama The Blues.

5. Zlatan Ibrahimovic

5 Pesepak Bola di Atas 35 Tahun yang Masih Tampil Impresif Saat Inipotret Zlatan Ibrahimovic (beinsports.com)

Banyak dibenci, namun banyak juga yang menyukai dirinya. Zlatan Ibrahimovic tidak dapat disangkal bahwa dia adalah salah satu striker terhebat dari generasi modern. Ibrahimovic pernah bermian untuk beberapa klub terbesar di dunia sepak bola.

Setelah melakukan debutnya untuk Malmo pada tahun 1999, Zlatan bermain untuk Ajax, Juventus, Inter Milan, Barcelona, ​​AC Milan, Paris Saint-Germain, Manchester United, dan LA Galaxy. Zlatan menjadi pencetak gol yang produktif di setiap klub yang dia bela.

Pemain berusia 40 tahun itu memiliki kepercayaan diri yang luar biasa dan merupakan sosok pemimpin, baik di dalam maupun di luar lapangan.

 

Bagi mereka, usia hanyalah angka. Usia senja untuk seorang pesepak bola bukan masalah dan tak menghalangi mereka untuk memberikan kontribusi yang terbaik untuk klub yang mereka bela dan juga untuk tim nasional masing-masing.

Baca Juga: Rambut Samurai Zlatan Ibrahimovic Bawa Tuah ke AC Milan

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya