Comscore Tracker

10 Rekrutan Terbaik Borussia Dortmund dalam Satu Dekade Terakhir

Salah satu tim yang bisa mengganggu hegemoni Bayern Munchen

Borussia Dortmund merupakan salah satu klub besar di Bundesliga Jerman. Borussia Dortmund dikenal sebagai klub yang melahirkan pemain-pemain muda potensial. Hal ini tak terlepas dari strategi transfer yang diterapkan oleh Borussia Dortmund.

Mereka lebih memilih membeli pemain muda dengan harga murah, lalu menjualnya saat usia mereka sudah matang dan memiliki bakat yang sudah terasah. Contohnya seperti para pemain berikut, yang merupakan sepuluh rekrutan terbaik Borussia Dortmund dalam satu dekade terakhir.

1. Robert Lewandowski  

10 Rekrutan Terbaik Borussia Dortmund dalam Satu Dekade Terakhirindependent.co.uk

Pada musim panas 2010, Dortmund merekrut Robert Lewandowski dari Lech Poznan dengan nilai 4,75 juta euro atau sekitar Rp81 miliar. Di musim pertamanya, ia berjuang sebagai penyerang pendukung. Setelah musim kedua, ketiga dan keempat, Lewandowski berkembang menjadi salah satu striker terbaik di Eropa.

Lewandowski sempat akan meninggalkan Dortmund di beberapa kesempatan bursa transfer, tetapi Dortmund selalu menolak. Akhirnya, Bayern Munchen lah yang paling beruntung karena berhasil mendapatkan Lewandowski secara cuma-cuma setelah ia tidak memperpanjang kontraknya di Dortmund.

Empat gol melawan Real Madrid di semifinal Liga Champions 2012-2013 akan selalu dikenang sebagai salah satu momen paling membanggakan Borussia Dortmund dan performa gemilang Lewandowski. Rekor 103 golnya dalam 187 penampilan dapat menjadikannya salah satu dari pencetak gol terbanyak Borussia Dortmund sepanjang masa.

2. Pierre-Emerick Aubameyang  

10 Rekrutan Terbaik Borussia Dortmund dalam Satu Dekade Terakhirexpress.co.uk

Ketika Pierre-Emerick Aubameyang bergabung dengan Borussia Dortmund dari AS Saint-Etienne pada musim panas 2013, tidak jelas peran apa yang akan dimainkannya. Pemain asal Gabon itu sangat gemilang di Ligue 1, tetapi kinerjanya tidak terlalu buruk dan Jurgen Klopp memanfaatkannya dengan sangat baik.

Setahun kemudian, ia berkembang menjadi salah satu striker terbaik Bundesliga saat ia berposisi sebagai penyerang utama. Aubameyang pada musim 2014/2015 berhasil mencetak 39 gol dan 12 assist di semua kompetisi untuk BVB.

Dibeli seharga 13 juta euro atau sekitar Rp222 miliar, dan dijual ke Arsenal senilai 63,75 juta euro atau sekitar Rp1,09 triliun, jelas ini merupakan sebuah bisnis yang menguntungkan bagi klub dengan warna jersey kuning ini.

3. Mats Hummels  

10 Rekrutan Terbaik Borussia Dortmund dalam Satu Dekade Terakhiraa.com.tr

Pada 2009, Borussia Dortmund menjadikan status pinjaman Mats Hummels sebagai kesepakatan permanen.

Borussia Dortmund menjadi klub dengan pertahanan terbaik kedua di Bundesliga (Schalke 04 kebobolan dua gol lebih sedikit) dalam dua musim pertama Hummels, dan menjadi yang terbaik kedua dalam sejarah (catatan 22 gol kebobolan mereka hanya dikalahkan oleh tim Bayern Munchen 2007/2008).

Dibeli dengan harga 4,2 juta euro atau sekitar Rp71 miliar, tampaknya sebuah harga yang sangat murah, setelah mereka berhasil menjual Hummels dengan banderol 35 juta euro atau sekitar Rp599 miliar ke Bayern Munchen pada 2016-2017.

Namun pada awal musim 2019-2020, Hummels kembali dibeli oleh Borussia Dortmund seharga 30,5 juta euro atau sekitar Rp522 miliar.

4. Marco Reus

10 Rekrutan Terbaik Borussia Dortmund dalam Satu Dekade Terakhirskysports.com

Perekrutan Marco Reus pada 2012 adalah kesuksesan besar bagi Borussia Dortmund. Didatangkan dengan mahar sebesar 17,1 juta euro atau sekitar Rp292 miliar dari Borussia Mönchengladbach.

Reus bisa dibilang sebagai salah satu pemain terbaik Bundesliga sejak musim 2011/2012 hingga sekarang. Saat rekan-rekannya pergi, Reus tetap setia di Signal Iduna Park, dan kini menjadi kapten tim Borussia Dortmund.

5. Ilkay Gundogan  

10 Rekrutan Terbaik Borussia Dortmund dalam Satu Dekade Terakhirskysports.com

Pada musim 2010/2011, Ilkay Gundogan adalah playmaker yang andal, tetapi biasa-biasa saja saat di Nurnberg. Setahun setelah bergabung dengan Dortmund, ia berubah menjadi pemain andalan timnas Jerman di lini tengah. Setahun kemudian, ia bermain di final Liga Champions setelah mengalahkan gelandang senior seperti Yaya Toure dan Xabi Alonso.

Gundogan mungkin bukan gelandang tengah terbaik dunia, karena ia kerap diganggu oleh cedera. Namun, kesuksesan Borussia Dortmund melaju ke final Liga Champions 2012/2013 salah satunya adalah berkat jasanya.

Gundogan dibeli dari Nurnberg sebesar 5,5 juta euro atau sekitar Rp94 miliar, dan dijual ke Manchester City sebesar 27 juta euro atau sekitar Rp462 miliar. Benar-benar keuntungan besar!

Baca Juga: Deretan Bintang! Ini 6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund

6. Shinji Kagawa  

10 Rekrutan Terbaik Borussia Dortmund dalam Satu Dekade Terakhirgoal.com

Jika ada satu pemain yang melambangkan kecemerlangan kinerja manajemen Borussia Dortmund untuk menciptakan tim pemenang gelar Bundesliga 2010/2011, itu adalah Shinji Kagawa.

Para pencari bakat Borussia Dortmund menemukan pemain muda di divisi kedua Jepang, kemudian merekrutnya secara gratis, dan Jurgen Klopp membesarkannya menjadi salah satu pemain terbaik Bundesliga.

Enam tahun setelah penandatanganan kontrak pertamanya, Kagawa sebenarnya menghasilkan untung 8 juta euro atau sekitar Rp137 miliar bagi Dortmund setelah penjualan dan pembelian kembali dirinya dari Manchester United.

Meski kembali ke pangkuan Dortmund, Kagawa bukan lagi pemain penting seperti saat masa pertamanya di Signal Iduna Park, sehingga pada musim panas 2019/2020 lalu Kagawa hijrah ke Real Zaragoza dengan transfer 3 juta euro atau sekitar Rp51 miliar.

7. Henrikh Mkhitaryan   

10 Rekrutan Terbaik Borussia Dortmund dalam Satu Dekade Terakhirtalksport.com

Henrikh Mkhitaryan bisa dibilang sebagai pemain terbaik Bundesliga musim 2015/2016. Catatan 23 gol dan 32 assist di semua kompetisi sangat luar biasa.

Masalahnya dengan Mkhitaryan adalah, ia merupakan pembelian termahal Dortmund dengan harga 27,5 juta euro atau sekitar Rp471 miliar pada musim panas 2013, namun dua musim pertama sangat mengecewakan.

Untungnya, Mkhitaryan bersinar pada musim 2015/2016. Meskipun tanpa Marco Reus karena cedera, Borussia Dortmund berhasil mendapatkan koleksi poin Bundesliga terbaik kedua dalam sejarah mereka pada musim tersebut. Hasil itu tak terlepas dari kontribusi Mkhitaryan dengan 11 golnya.

8. Julian Weigl  

10 Rekrutan Terbaik Borussia Dortmund dalam Satu Dekade Terakhiren.as.com

Julian Weigl menjadi rekrutan terbaik Borussia Dortmund saat usianya masih sangat muda, tetapi kemajuan yang ia dapatkan sangat luar biasa. Julian Weigl berasal dari klub divisi bawah Bundesliga Jerman, yaitu 1860 Munich dengan transfer hanya 2,5 juta euro atau sekitar Rp42 miliar, namun setahun kemudian ia berada di skuat Jerman untuk Euro 2016. 

Baru berusia 20 tahun, nilai pemain ini hampir naik sepuluh kali lipat saat ia bergabung dengan Borussia Dortmund. Awal musim 2019/2020 lalu, Weigl dijual ke Benfica dengan nilai transfer 20 juta euro atau sekitar Rp342 miliar.

9. Lucas Barrios  

10 Rekrutan Terbaik Borussia Dortmund dalam Satu Dekade Terakhirsempreinter.com

Lucas Barrios adalah sosok yang mungkin terlupakan di Borussia Dortmund setelah ia pergi begitu lama untuk mendapatkan gaji yang lebih besar di Liga Super Tiongkok. Meski begitu, pengaruh striker asal Paraguay pada musim 2009/10 dan 2010/11 tidak bisa diremehkan.

Barrios mencetak 23 gol untuk Borussia Dortmund pada musim debutnya yang sangat mengesankan, kemudian berhasil mencetak 21 gol dalam musim berikutnya saat Borussia Dortmund mengangkat gelar Bundesliga. Barrios didatangkan Dortmund dari Colo-Colo dengan nilai transfer sebesar 4,2 juta euro atau sekitar Rp71 miliar.

10. Lukasz Piszczek  

10 Rekrutan Terbaik Borussia Dortmund dalam Satu Dekade Terakhirbulinews.com

Pembelian yang menguntungkan bagi Borussia Dortmund adalah Lukasz Piszcek, karena pemain internasional Polandia ini datang dengan status bebas transfer pada musim panas 2010 dari Herta Berlin.

Tahun-tahun terbaiknya adalah tiga musim pertamanya, di mana pada waktu itu ia bersaing dengan Philipp Lahm untuk mendapat penghargaan sebagai bek kanan terbaik Bundesliga.

Nah itulah sepuluh rekrutan terbaik Borussia Dortmund dalam satu dekade terakhir. Menurutmu, siapa di antara nama-nama di atas yang terbaik?

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Borussia Dortmund di Bundesliga

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya