4 Catatan Menarik Lain dari 16 Besar Liga Champions 2018/2019

Sejumlah duel seru tersaji menuju perempat final

Undian babak 16 besar Liga Champions Eropa 2018/2019 sudah digelar Senin (17/12) malam WIB di Nyon, Swiss. Hasilnya, sejumlah partai seru bakal tersaji, termasuk duel big match mantan juara, pertemuan perdana dua klub raksasa, serta reuni dengan musuh lama.

Ini empat catatan menarik lainnya dalam babak 16 besar Liga Champions 2018/2019.

Duel Badge of Honour

4 Catatan Menarik Lain dari 16 Besar Liga Champions 2018/2019liverpoolfc.com

Hasil drawing mempertemukan Ajax Amsterdam vs Real Madrid dan Liverpool kontra Bayern Munich. Selain sebagai duel tim raksasa, ini adalah partai yang mempertandingkan klub yang telah meraih predikat Badge of Honour.

Bagi kamu yang belum tahu Badge of Honour, ini adalah penghargaan yang diberikan UEFA kepada klub yang sudah memenangi minimal lima gelar Liga Champions atau meraih Si Kuping Besar dalam tiga edisi beruntun. Biasanya, logo ini terpasang di lengan kiri jersey masing-masing tim.

Nah, Ajax Amsterdam adalah pemegang empat titel Liga Champions (tiga direbut secara beruntun pada 1971-1973), sedangkan Real Madrid sudah mengumpulkan 13 trofi di lemari mereka. Sementara, Liverpool dan Bayern Munich sama-sama sudah merebut lima trofi tertinggi klub Eropa.

Baca Juga: Resmi! Ini Hasil Drawing Babak 16 Besar Liga Champions 2018/2019

Jurgen Klopp bertemu rival lama

4 Catatan Menarik Lain dari 16 Besar Liga Champions 2018/2019liverpoolfc.com

Selain sebagai duel Badge of Honour, partai Liverpool kontra Bayern Munich juga bakal spesial bagi Jurgen Klopp. Pasalnya, Hollywood FC bukanlah lawan asing bagi pelatih berkacamata tersebut.

Sebelum pindah ke Anfield, Klopp pernah membesut Borussia Dortmund (rival Bayern Munich) selama tujuh musim dan FSV Mainz selama empat musim. Jadi, gak heran jika Klopp seperti bertemu musuh lamanya kali ini.

Sayangnya, rekor pertemuan Klopp versus The Bavarian gak terlalu mentereng. Dalam 29 kali partai, ia hanya mampu meraih sembilan kemenangan, 16 kekalahan, dan sisanya imbang. Kekalahan paling menyakitkan tentu saja terjadi di final Liga Champions musim 2012/2013. Lalu, apakah Klopp bisa memperbaiki rekor pertemuannya melawan Munich?

Lyon, lawan empuk Barcelona

4 Catatan Menarik Lain dari 16 Besar Liga Champions 2018/2019uefa.com

Barcelona sudah sering bertemu Lyon dalam pertandingan resmi di tingkat Eropa. Jika ditotal, musim ini adalah pertemuan ketujuh dan kedelapan bagi dua klub tersebut sepanjang sejarah.

Dalam enam kali pertandingan sebelumnya, La Blaugrana tampil dominan dengan mencatatkan enam kemenangan plus dua hasil imbang. Pertemuan paling gres terjadi musim 2008/2009 ketika mereka unggul agregat 6-3 atas jawara Prancis.

Apakah Lionel Messi cs bakal melanjutkan tren positif atau justru Lyon yang memperbaiki rekor mereka?

Pertemuan perdana MU vs PSG

4 Catatan Menarik Lain dari 16 Besar Liga Champions 2018/2019footmercato.net

Sebelum digelar, Jose Mourinho sempat mengatakan bahwa dirinya selalu sial ketika undian 16 besar Liga Champions. Dan, pernyataan itu terbukti ketika Manchester United harus melawan PSG, klub raksasa asal Perancis.

Terlepas dari kecemasan Mou, ini adalah duel perdana Setan Merah versus PSG di kompetisi resmi. Meski pengalaman di Eropa lebih berpihak pada MU (tiga gelar Liga Champions), namun kondisi terkini membuat publik Old Trafford was-was.

Seperti diketahui, di liga domestik, Iblis Merah masih tercecer di papan tengah klasemen. Sebaliknya, PSG adalah penguasa sementara Ligue 1 dengan 14 kemenangan dan dua hasil seri. Jangan lupa juga, klub kota mode dihuni trio penyerang tajam pada diri Cavani, Neymar, dan Mbappe.

Melihat permainan MU, banyak pihak yang memprediksi raksasa Manchester akan menjadi bulan-bulanan PSG. Tetapi, Liga Champions sering menghadirkan kejutan-kejutan yang tidak terduga.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik dari Drawing Babak 16 Besar Liga Champions

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya