Comscore Tracker

5 Pemain MU yang Akhirnya 'Ditendang' ke Newcastle United

Gagal bersinar di Theatre of Dream #IDNTimesSport

Ketika era Premier League dimulai pada awal dekade 1990-an, Newcastle United merupakan salah satu penantang utama Manchester United dalam merebut gelar liga. Bahkan, mereka dua kali mengekor The Red Devils di posisi kedua, yakni pada tahun 1996 dan 1997.

Meski rivalitas di atas lapangan begitu sengit, kalau urusan transfer pemain kedua tim ini justru lebih akrab. Banyak pemain The Magpies yang dibeli Setan Merah. Sebaliknya, sejumlah pemain MU yang gagal bersinar akhirnya ditampung oleh Newcastle United.

Berikut ini sederet nama-nama pemain sepak bola yang ditampung oleh Newcastle United pasca didepak oleh Manchester United.

1. Keith Gillespie

5 Pemain MU yang Akhirnya 'Ditendang' ke Newcastle Unitedpotret Keith Gillespie (chroniclelive.co.uk)

Newcastle United setuju melepas penyerang andalan mereka, Andy Cole, ke Manchester United pada Januari 1995. Namun, sebagai bagian dari kesepakatan transfer, klub Setan Merah tersebut harus bersedia melepas pemain sayap mereka, Keith Gillespie, ke kubu sebaliknya. 

Dibandingkan dengan di MU, kiprah Gillespie bersama The Magpies jauh lebih gemilang. Ia bermain reguler seraya mencatatkan 113 penampilan di Premier League dan mencetak 11 gol. Sayangnya, ia gagal memberikan trofi dan akhirnya pindah ke Blackburn pada tahun 1998.

2. Nicky Butt

5 Pemain MU yang Akhirnya 'Ditendang' ke Newcastle Unitedpotret Nicky Butt (twitter.com/manutd_id)

Nicky Butt adalah salah satu anggota Clash of 92 yang populer itu. Debut di tim senior MU pada 1992, ia turut memberikan andil ketika The Red Devils mendominasi Premier League pada dekade 1990-an hingga awal 2000-an. Setelah 12 tahun bersama Setan Merah, gelandang Inggris ini akhirnya dilego ke Newcastle United.

Di tim barunya ini, Butt mampu menjadi sosok sentral di lini tengah. Sayangnya, karena skuad The Toon memang kalah mentereng dibandingkan Setan Merah, gelar yang diraih Butt selama berseragam hitam-putih  hanya Intertoto Cup 2006 dan Football League Championship di musim 2009/2010.

Baca Juga: 5 Target Manchester United yang Gagal Direkrut

3. Alan Smith

5 Pemain MU yang Akhirnya 'Ditendang' ke Newcastle Unitedpotret Alan Smith (eurosport.com)

Alan Smith datang ke MU pada Agustus 2004 setelah klub lamanya, Leeds United, turun kasta. Berposisi asli sebagai penyerang, Smith ternyata jago juga bermain sebagai gelandang bertahan dan sempat meraih titel Premier League 2006/2007 bersama Setan Merah.

Setelah merebut trofi liga, Smith memutuskan menerima pinangan Newcastle United. Resmi sebagai pemain The Magpies per Agustus 2007, pemain kelahiran Inggris ini bertahan di klub tersebut selama lima musim sebelum akhirnya pindah permanen ke Milton Keynes Dons.

4. Gabriel Obertan

5 Pemain MU yang Akhirnya 'Ditendang' ke Newcastle Unitedpotret Gabriel Obertan (zimbio.com)

MU sedikit panik ketika Cristiano Ronaldo memutuskan hijrah ke Real Madrid pada musim panas 2009. Mencari pengganti yang sepadan, manajemen akhirnya mendatangkan Gabriel Obertan dari Bordeaux. Namun, performa pemain asal Prancis itu sangat jauh dari harapan.

Cuma bertahan dua musim, Obertan akhirnya dilego ke Newcastle United pada Agustus 2011. Bersama The Magpies, performa Oberton cenderung meningkat. Bersama Newcastle, total Obertan mencatatkan 58 penampilan di Liga Inggris sebelum akhirnya pindah ke Anzhi Makhachkala medio tahun 2016.

5. Danny Simpson

5 Pemain MU yang Akhirnya 'Ditendang' ke Newcastle Unitedpotret Danny Simpson (dailystar.co.uk)

Menimba ilmu di akademi MU, Danny Simpson akhirnya mentas ke tim senior pada 2006. Namun, ia gagal meyakinkan pelatih Setan Merah kala itu, Alex Ferguson. Sempat dipinjamkan ke sejumlah tim, Simpson akhirnya berlabuh di Newcastle United pada 2009.

Dibandingkan di MU, Simpson mendapatkan lebih banyak kesempatan bermain bareng The Geordies hingga tahun 2013. Setelah itu, bek kanan berpaspor Inggris ini mengelana ke sejumlah klub hingga akhirnya berhasil menjadi juara liga bersama Leicester City pada musim 2015/2016.

Ada banyak alasan kenapa klub tega "membuang" pemain mereka. Performa yang dinilai menurun seiring bertambahnya umur, tidak sesuai dengan strategi pelatih, menghemat anggaran, atau karena ulah si pesepak bola itu sendiri bikin seorang pemain dilepas ke tim lainnya. 

Adakah pemain sepak bola di deretan ini yang sempat kamu harapkan bisa bersinar bersama Manchester United?

Baca Juga: [BREAKING] Manchester United Resmi Tendang Daniel James

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya