Selain Spurs vs Liverpool, Ini Duel Senegara di Final Liga Champions

Sajikan laga yang sengit

Tottenham Hotspurs menantang Liverpool di final Liga Champions Eropa 2018/2019 setelah menang dramatis atas Ajax Amsterdam di empat besar. Sama-sama berasal dari Inggris, Spurs dan Liverpool menciptakan All England Final di kompetisi elit Benua Biru.

Sebelum Spurs dan Liverpool, Liga Champions Eropa juga beberapa kali menggelar final dua tim satu negara. Ini partai puncak di Liga Champions yang mempertemukan dua klub dari negara yang sama.

1. Real Madrid vs Valencia (2000)

Selain Spurs vs Liverpool, Ini Duel Senegara di Final Liga Championsgoal.com

Real Madrid meladeni Valencia di final Liga Champions Eropa musim 1999/2000. Kala itu, Los Blancos menggasak Tim Kelelawar tiga gol tak berbalas, via Fernando Morientes, Steve McManaman, dan Raul.

Musim berikutnya, Valencia kembali hadir di partai puncak. Sayangnya, lagi-lagi mereka harus puas menjadi runner up usai dikalahkan Bayern Munich via adu penalti.

2. AC Milan vs Juventus (2003)

Selain Spurs vs Liverpool, Ini Duel Senegara di Final Liga Championstempirossoneri.com

Dua klub legendaris menciptakan All Italian Final di Liga Champions Eropa musim 2002/2003. Dimainkan di Old Trafford, AC Milan mampu mengandaskan Juventus melalui adu tendangan penalti usai bermain 0-0.

Tiga algojo Nyonya Tua kala itu tercatat gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Sementara, angka untuk AC Milan disumbangkan oleh Serginho, Alessandro Nesta, dan Andry Shevchenko.

3. Manchester United vs Chelsea (2008)

Selain Spurs vs Liverpool, Ini Duel Senegara di Final Liga Championsnysun.com

Dua tim elite Inggris bertemu di partai puncak Liga Champions Eropa musim 2007/2008. MU, yang kala itu masih diperkuat Cristiano Ronaldo, sukses mengalahkan The Blues via adu sepakan 12 pas.

Sebelumnya, kedua tim harus bermain imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu. Gol Setan Merah diceploskan CR7, yang kemudian berhasil disetarakan oleh Frank Lampard, semuanya di babak pertama.

Baca Juga: Dramatis, Ini 5 Comeback yang Terjadi di Liga Champions Musim Ini

4. Bayern Munich vs Borussia Dortmund (2013)

Selain Spurs vs Liverpool, Ini Duel Senegara di Final Liga Championsgoal.com

Digelar di Stadion Wembley, final Liga Champions 2012/2013 menghadirkan dua tim kuat asal Jerman, Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Kala itu, FC Hollywood sukses menundukkan rivalnya dengan skor 2-1.

Munich unggul terlebih dulu lewat Mario Mandzukic, sedangkan Dortmund berhasil membalas via Ilkay Gundogan. Gol kemenangan skuat Jupp Heynckes akhirnya diceploskan Arjen Robben pada menit ke-89.

5. Real Madrid vs Atletico Madrid (2014)

Selain Spurs vs Liverpool, Ini Duel Senegara di Final Liga Championsca.sports.yahoo.com

Semusim berikutnya, pertemuan dua tim senegara kembali terjadi di final Liga Champions Eropa. Kali ini, derby Spanyol tersaji antara dua tim asal ibukota, Real Madrid dan Atletico Madrid.

Atletico sempat di atas angin setelah hingga menit ke-90 unggul 1-0. Namun, menit ke-3 injury time, Sergio Ramos membangkitkan asa Madrid lewat gol memanfaatkan sepak pojok.

Pada babak tambahan waktu, mental anak asuh Diego Simeone terlihat sudah hancur. Mereka pun diberondong tiga gol via Gareth Bale, Marcello, dan penalti Cristiano Ronaldo.

6. Real Madrid vs Atletico Madrid (2016)

Selain Spurs vs Liverpool, Ini Duel Senegara di Final Liga Championsdenverpost.com

Dua tim asal Madrid kembali bersua di final Liga Champions Eropa. Laga itu terjadi pada musim 2015/2016 yang diselenggarakan di Stadion San Siro, Milan.

Seperti duel sebelumnya, laga kali ini juga berlangsung ketat. Kedua tim berbagi angka 1-1 hingga waktu normal dan extra time. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak tos-tosan.

Dalam adu penalti, sebagai penendang keempat, Juanfran gagal menyumbang angka bagi Atletico. Sementara, CR7 yang maju sebagai eksekutor kelima Madrid sukses menyarangkan gol sekaligus menyegel gelar ke-11 bagi Los Blancos.

Baca Juga: Wanda Metropolitano, Venue Cantik untuk Final Liga Champions 2018/2019

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya