Selain Ajax, Ini 5 Jersey Klub yang Terinspirasi Musisi

Sebuah bentuk penghormatan

Mengawali musim 2021/2022, Ajax Amsterdam sempat mencuri perhatian publik. Pasalnya, mereka merilis jersey keren yang terinspirasi musisi reggae, Bob Marley, dan lagu ikoniknya, Three Little Birds. Kostum ketiga klub itu berwarna hitam, dengan detail merah, kuning, dan hijau.

Sebenarnya, tidak cuma tim asal Belanda yang merilis kostum yang terinspirasi musisi. Sejumlah klub juga sempat membuat jersey khusus untuk mengapresiasi pemusik besar yang dihormati di negaranya maupun dunia. Penasaran? Ini dia daftarnya.

1. Seattle Sounders (Jimi Hendrix)

Selain Ajax, Ini 5 Jersey Klub yang Terinspirasi MusisiJersey Seattle Sounders (twitter.com/SoundersFC)

Salah satu klub Major League Soccer ini meluncurkan jersey tandang musim 2021/2022 yang terinspirasi musisi Jimi Hendrix. Dilansir dari ESPN, kostumnya menampilkan desain gambar gitar listrik, yang dibalut efek kabut ungu serta detail kuning dan oranye cerah.

Fans musik blues dan rock pasti sudah familier dengan Jimi Hendrix. Lahir di Seattle, ia disebut-sebut sebagai salah satu pemain gitar listrik paling berpengaruh di musik rock. Bandnya, Jimi Hendrix Experience, bahkan masuk Rock and Roll Hall of Fame pada 1992 silam.

2. Paris Saint-Germain (Prince)

Selain Ajax, Ini 5 Jersey Klub yang Terinspirasi MusisiPrince dan jersey PSG (dailyadvent.com)

Pada Mei 2021 lalu, Paris Saint-Germain melakukan kemitraan eksklusif dengan Prince Estate untuk menghormati musisi legendaris, Prince. Klub elite Prancis itu merilis vinyl edisi terbatas. Tidak hanya itu, mereka juga melemparkan jersey yang dihiasi simbol Prince.

Dilansir dari situs resmi klub, jersey tersebut sebenarnya merupakan kostum keempat Les Parisiens musim 2020/2021 kemarin. Namun, dalam edisi spesial ini, jersey dihiasi simbol khas Prince di samping lapisan emas dan logam, sehingga membuatnya tampak elegan.

Baca Juga: Potret Jersey Persik di Liga 1 2021/22 yang Mirip Klub Eropa

3. Paris-Saint Germain (The Rolling Stones)

Selain Ajax, Ini 5 Jersey Klub yang Terinspirasi MusisiJersey PSG dan The Rolling Stones (fashionnetwork.comnme.com)

Sebelum meluncurkan jersey bernuansa Prince, pada tahun 2017 lalu, Paris Saint-Germain juga sempat merilis kostum bertema band The Rolling Stones. Replika jersey berwarna merah itu dihiasi dengan gambar ikonik lidah menjulur di bagian belakang dan logo klub.

Tidak hanya replika jersey, Les Parisiens juga melemparkan sweater, t-shirts, sepasang sneakers, topi, dan skateboard bertema band rock yang digawangi Mick Jagger dkk. Koleksi tersebut kala itu dijual melalui Colette mulai tanggal 19 hingga 25 Oktober 2017.

4. Manchester United (Joy Division)

Selain Ajax, Ini 5 Jersey Klub yang Terinspirasi MusisiJersey Manchester United (twitter.com/manutdbr)

Pada musim 2020/2021 kemarin, Manchester United memiliki jersey ketiga dengan warna serba hitam. Mengusung pola dalam bayangan hitam gelap, desain kostum tersebut agak mirip dengan sampul album Unknown Pleasure milik band asal Manchester, Joy Division.

Bagi mereka yang belum familier, Joy Division adalah band post-punk asal Salford, Manchester dan sempat tenar pada medio 1970-an hingga 1980-an. Band ini merangkul citra Manchester, baik dalam hal bermusik maupun presentasi mereka sebagai sebuah grup.

5. Fortuna Dusseldorf (Die Toten Hosen)

Selain Ajax, Ini 5 Jersey Klub yang Terinspirasi MusisiFortuna Dusseldorf (twitter.com/squawkanews)

Die Toten Hosen merupakan sebuah band punck rock asal Dusseldorf, Jerman. Pada 1989 silam, mereka membantu klub lokal, Fortuna Dusseldorf, dengan menyisihkan uang hasil penjualan tiket. Mereka bahkan sempat menjadi sponsor ketika klub dilanda krisis keuangan.

Nah, sebagai bentuk kehormatan, pada tahun 2019 kemarin, Fortuna Dusseldorf merilis jersey khusus bertema Die Toten Hosen. Lagu Alles aus Liebe milik band menjadi elemen utama desain jersey berwarna dasar hitam, dengan logo tengkorak yang terpampang di bagian dada.

Selain apresiasi, beberapa tim juga pernah melakukan kemitraan dengan grup band. West Ham United misalnya, merilis jersey bertema Iron Maiden, sedangkan klub asal Irlandia, Bohemians FC, bermitra dengan Fontaines D.C. yang sempat menembus nominasi Grammy Awards.

Baca Juga: Jersey Keren Ajax Amsterdam, Tribute To Bob Marley

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya