6 Kapten Manchester United Era Premier League yang Dilepas Gratis

Ada yang memang keinginan pribadi mereka untuk pergi

Dalam perjalanannya, termasuk di pentas Premier League, Manchester United sempat dipimpin kapten-kapten hebat. Siapa yang tidak kenal dengan nama-nama seperti Bryan Robson, Eric Cantona, Roy Keane, Gary Neville, hingga Nemanja Vidic dan Wayne Rooney.

Sayangnya, tidak semua kapten Manchester United mengakhiri karier mereka di Old Trafford. Karena beberapa alasan, seperti usia yang sudah lanjut, kesempatan bermain, atau pilihan mereka sendiri, sejumlah kapten klub dilepas secara bebas transfer dan berikut nama-nama mereka.

1. Bryan Robson

6 Kapten Manchester United Era Premier League yang Dilepas GratisBryan Robson (manutd.com)

Bryan Robson merupakan kapten terlama Manchester United, sejak 1983 hingga awal dekade 1990-an. Namun, pada tahun 1994, ia menerima pinangan Middlesbrough sebagai manajer-pemain. Dilansir Transfermarkt, tidak diketahui berapa biaya transfer Robson dan kemungkinan gratis.

Selama menukangi The Boro, Captain Marvel, demikian julukan Robson, mampu membawa tim tersebut menjuarai Divisi I Liga Inggris musim 1994/1995. Selain itu, ia juga sempat membawa klub tersebut dua kali menembus final Piala Liga dan sekali mencapai final FA Cup.

2. Steve Bruce

6 Kapten Manchester United Era Premier League yang Dilepas GratisSteve Bruce (twitter.com/manutdmen)

Mengawali karier profesional di Gillingham, Steve Bruce sempat memperkuat Norwich City sebelum pindah ke Old Trafford. Didatangkan pada tahun 1986, ia kemudian mengemban tugas sebagai kapten mulai tahun 1992, menggantikan Bryan Robson yang kala itu dilanda cedera.

Selama membela The Red Devils, ia meraih gelar Premier League, FA Cup, Piala Liga, Piala Winners, dan Piala Super Eropa. Namun, pada 1996, Bruce memilih hengkang ke Birmingham City dengan gratis lantaran tidak yakin akan tetap menjadi pilihan utama di Setan Merah.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Manchester United dalam Satu Dekade Terakhir

3. Rio Ferdinand

6 Kapten Manchester United Era Premier League yang Dilepas GratisRio Ferdinand (twitter.com/championsleague)

Rio Ferdinand datang ke Old Trafford pada tahun 2002. Saat itu, ia diboyong dari Leeds United dengan status pemain Inggris termahal. Walaupun bukan sebagai kapten utama, bek tengah ini beberapa kali dipilih sebagai pemimpin tim, terutama ketika Gary Neville absen.

Pada akhir musim 2013/2014, kontrak Ferdinand berakhir. Namun, klub tidak menawarinya perpanjangan kontrak. Mantan pemain timnas Inggris ini pun akhirnya setuju meninggalkan Old Trafford secara gratis dan bergabung dengan salah satu klub promosi, Queens Park Rangers.

4. Nemanja Vidic

6 Kapten Manchester United Era Premier League yang Dilepas GratisNemanja Vidic (sportsmole.co.uk)

Nemanja Vidic adalah kapten utama United selepas pensiunnya Gary Neville dari lapangan hijau. Selama berkarier di Old Trafford, bek tengah berpaspor Serbia ini menyumbangkan banyak gelar, termasuk lima trofi Premier League dan sekali Liga Champions Eropa.

Pada Februari 2014, Vidic mengatakan bahwa ia akan meninggalkan Old Trafford pada akhir musim 2013/2014 ketika kontraknya berakhir. Selepas The Red Devils, dirinya melanjutkan kariernya dengan klub Italia, Inter Milan, dan akhirnya pensiun dari lapangan hijau pada 2016.

5. Wayne Rooney

6 Kapten Manchester United Era Premier League yang Dilepas GratisWayne Rooney (twitter.com/europaleague)

Kepindahan Nemanja Vidic ke Inter Milan membuat ban kapten United melingkar di lengan Wayne Rooney. Selama menjadi pemimpin tim dalam kurun waktu 2014 hingga 2017, Rooney memberikan trofi Piala FA, Piala Liga, FA Community Shield, dan Europa League.

Pada Juli 2017, pemain berjuluk Wazza ini setuju pindah ke klub masa kecilnya, Everton, dengan status bebas transfer seiring kedatangan Romelu Lukaku ke Old Trafford. Mantan penyerang Inggris ini kembali ke The Toffees setelah meninggalkan klub tersebut selama 13 tahun.

6. Antonio Valencia

6 Kapten Manchester United Era Premier League yang Dilepas GratisAntonio Valencia (twitter.com/squawkanews)

Selepas kepergian Wayne Rooney dan pensiunnya Michael Carrick, Antonio Valencia ditunjuk sebagai kapten The Red Devils berikutnya. Kala itu, pemain berpaspor Ekuador ini memang dapat dikatakan sebagai senior karena sudah bergabung dengan Setan Merah sejak 2009.

Namun, ban kapten hanya melingkar di lengan Valencia selama satu musim. Pasalnya, pada Maret 2019, manajemen tidak tertarik memperpanjang kontraknya. Pada Juni 2019, ia akhirnya dilepas secara gratis dan bergabung dengan klub di tanah kelahirannya, LDU Quito.

 

Menjadi kapten sebuah klub tentu menjadi kebanggaan bagi seorang pemain. Terlebih, bisa mengakhiri karier mereka di tim tersebut. Sayangnya, kenyataan memang kerap tidak berjalan seiring dengan harapan.

Baca Juga: 5 Lulusan Terbaik Akademi Manchester United dalam 1 Dekade Terakhir

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya