5 Mantan Pemain Fulham yang Pernah Juara Premier League

Ada yang menjadi legenda di klub baru!

Fulham dapat dikatakan sebagai tim medioker di Premier League. Prestasi terbaik mereka sejauh ini hanya peringkat tujuh pada musim 2008/2009. Bahkan, tim berjuluk The Cottagers tersebut bolak-balik turun kasta. Terbaru, mereka berhasil promosi untuk musim 2022/2023.

Dengan kualitasnya, layaknya tim papan tengah lainnya, Fulham seperti batu loncatan bagi sejumlah pemain untuk bergabung dan berprestasi dengan klub yang lebih besar. Beberapa dari mereka akhirnya berhasil menggenggam titel Premier League, dan inilah nama-nama mereka.

1. Paul Parker

5 Mantan Pemain Fulham yang Pernah Juara Premier LeaguePaul Parker (espn.com)

Mungkin fans bola masa kini kurang familiar dengan Paul Parker. Ia menjadi bagian skuad Manchester United saat menjuarai Premier League musim 1992/1993 dan 1993/1994. Parker adalah pengisi pos bek kanan Setan Merah sebelum akhirnya digeser oleh Gary Neville.

Parker mengawali karier di Fulham pada tahun 1982. Namun, namanya mulai melejit saat pindah ke Queens Park Rangers pada 1987. Saat itu, ia dikenal sebagai bek tengah yang tangguh, meskipun posturnya tergolong kurang ideal untuk ukuran seorang pemain bertahan.

2. Andy Cole

5 Mantan Pemain Fulham yang Pernah Juara Premier LeagueAndy Cole (fulhamfc.com)

Andrew Alexander Cole, atau lebih dikenal dengan Andy Cole, adalah salah satu pemain top Manchester United. Ia lima kali membawa Setan Merah memenangi Premier League. Cole juga sempat menjuarai UEFA Champions League dan FA Cup bersama The Red Devils.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa sebelum melejit di MU, Cole pernah merumput bersama Fulham. Pada tahun 1991, ia dipinjamkan ke The Cottagers oleh klubnya kala itu, Arsenal. Penyerang berpaspor Inggris ini juga pernah membela Bristol City dan Newcastle United.

Baca Juga: 5 Pemain Kunci Fulham saat Lolos ke Premier League 2022/2023

3. Louis Saha

5 Mantan Pemain Fulham yang Pernah Juara Premier LeagueLouis Saha (manutd.com)

Fulham adalah klub pertama Louis Saha saat memulai kariernya di Liga Inggris. Penyerang berpaspor Prancis ini diboyong dari Metz pada tahun 2000. Penampilannya bersama The Cottagers membuat Manchester United tergoda dan akhirnya memboyongnya pada tahun 2004.

Bermain bersama nama-nama top seperti Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo, Ryan Giggs, dan Paul Scholes, Saha berhasil dua kali menjuarai Premier League. Tidak hanya itu, ia juga sempat merasakan manisnya trofi League Cup 2005/2006 dan UEFA Champions League 2007/2008.

4. Edwin van der Sar

5 Mantan Pemain Fulham yang Pernah Juara Premier LeagueEdwin van der Sar (goal.com)

Seperti Louis Saha, Fulham juga menjadi tim pertama Edwin van der Sar saat memulai karier di pentas Liga Inggris. Ia diboyong dari Juventus pada Agustus 2001. Bertahan empat tahun di klub asal London, kiper asal Belanda tersebut hijrah ke Manchester United pada Juni 2005.

Selanjutnya, semua tahu bagaimana kiprahnya bersama Setan Merah. Ia empat kali memenangkan trofi Premier League, sekali League Cup, sekali UEFA Champions League, dan sekali FIFA Club World Cup. Kiper bertubuh jangkung ini juga sempat meraih Premier League Golden Glove.

5. Chris Smalling

5 Mantan Pemain Fulham yang Pernah Juara Premier LeagueChris Smalling (skysports.com)

Selama ini identik dengan Manchester United, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Chris Smalling pernah membela Fulham. Yup, bek berpaspor Inggris itu resmi berseragam The Whites pada tahun 2008. Dua tahun berselang, Setan Merah datang memboyongnya ke Old Trafford.

Selama di The Red Devils, Smalling tercatat dua kali memenangkan Premier League, sekali EFL Cup, sekali FA Cup, tiga kali Community Shield, dan sekali UEFA Europa League. Ia berseragam Setan Merah hingga 2020 sebelum melanjutkan karier di Italia bersama AS Roma.

 

Talenta berbakat terbaru Fulham yang akhirnya hijrah ke klub besar adalah Fabio Carvalho. Ia diboyong oleh Liverpool selepas musim 2021/2022. Menarik ditunggu apakah pemain tersebut juga akhirnya menuai sukses bersama klub berjuluk The Reds tersebut atau tidak.

Baca Juga: 5 Penampilan Terakhir Fulham di Premier League, Kerap Degradasi

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya