7 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Serie A

Ada peraih Ballon d'Or

Penyerang asal Afrika telah lama menjadi salah satu talenta yang diminati banyak klub, termasuk klub asal Italia. Tidak sedikit klub asal Negeri Pizza yang menjadikan striker Benua Hitam menjadi andalan mereka. Bahkan, beberapa di antaranya diplot sebagai kunci permainan.

Nah, dari sekian banyak juru gedor asal Afrika yang berkiprah di kompetisi tertinggi Italia, beberapa di antaranya cukup subur. Ada yang membela tim papan atas, ada pula yang berkiprah di tim papan tengah. Siapa saja pemain Afrika dengan gol terbanyak di Serie A?

1. Victor Osimhen

7 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Serie AVictor Osimhen (twitter.com/europaleague)

Victor Osimhen resmi menjadi pemain Afrika dengan jumlah gol terbanyak di pentas Serie A. Ia mencetak gol ke-47 saat membawa Napoli menang 1-0 atas Fiorentina pada tanggal 7 Mei 2023. Penyerang asal Nigeria itu mematahkan rekor yang dipegang George Weah dengan 46 gol.

Didatangkan Napoli dari Lille pada Juli 2020, Osimhen membuat 10 gol pada musim perdananya di Serie A. Koleksinya meningkat menjadi 14 gol pada musim kedua. Nah, pada musim 2022/2023 ini, ia sudah menceploskan 23 gol dan berpeluang besar menjadi top skor.

2. George Weah

7 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Serie AGeorge Weah (twitter.com/acmilan)

Sebelum dipecahkan Victor Osimhen, George Weah adalah pemain Afrika tersubur di pentas Serie A. Mantan penyerang timnas Liberia tersebut total membuat 46 gol selama kiprahnya di Liga Italia. Menariknya, semua lesakan tersebut dibuat Weah hanya bersama AC Milan.

Weah memang menjadi salah satu pemain Afrika paling terkenal di eranya. Mantan pemain AS Monaco dan Paris Saint-Germain ini adalah pemenang Ballon d'Or dan FIFA Best Player edisi 1995. Tidak cuma itu, ia juga mengoleksi dua titel Serie A dan sempat memenangkan Ligue 1.

3. Keita Balde

7 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Serie AKeita Balde (twitter.com/KeitaBalde)

Nama Keita Balde mungkin kurang begitu populer dibandingkan penyerang Afrika seangkatannya. Namun, mantan striker Lazio, Inter Milan, Sampdoria, dan Cagliari tersebut cukup subur di Serie A. Ia total sudah menciptakan 41 gol selama berkiprah di Negeri Pizza.

Balde adalah lulusan akademi Lazio dan mentas ke tim senior pada 2013. Selama berseragam I Biancocelesti, ia membuat 26 gol di Serie A. Sempat pindah ke Monaco, Balde kembali ke Italia sebagai pemain pinjaman di Inter Milan dan Sampdoria sebelum dikontrak Cagliari pada 2021.

4. Franck Kessie

7 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Serie AFranck Kessie (twitter.com/acmilan)

Franck Kessie adalah gelandang yang mampu menembus dominasi penyerang Afrika dalam urusan mencetak gol di Liga Italia. Pemain Pantai Gading ini sukses membuat 41 gol selama berkiprah di pentas Serie A. Dari jumlah tersebut, 35 gol dibuatnya saat membela AC Milan.

Atalanta menjadi pelabuhan pertama Kessie saat menapaki Serie A. Ia lalu bergabung dengan AC Milan pada 2017, awalnya sebagai pemain pinjaman. Selama membela I Rossoneri, Kessie mencatatkan lebih dari 170 laga di Serie A dan meraih scudetto musim 2021/2022.

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor 19 Barcelona sebelum Franck Kessie

5. Gervinho

7 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Serie AGervinho (twitter.com/europacnfleague)

Nama Gervinho sempat melejit saat pindah ke Arsenal pada Juli 2011. Namun, ia cuma bertahan dua musim dan memutuskan pindah ke AS Roma. Di tim berjuluk Il Lupi, pemain asal Pantai Gading tersebut sukses menyarangkan 17 gol selama kurun waktu 2013 sampai 2016.

Sempat berkelana ke China, Gervinho balik ke Italia pada 2018 dan bergabung dengan Parma. Berseragam I Gialloblu hingga 2021, ia menciptakan 23 gol, menggenapi jumlah golnya menjadi 40. Dalam usia 35 tahun, Gervinho masih bermain untuk Aris di Yunani.

6. Khouma Babacar

7 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Serie AKhouma Babacar (instagram.com/el.kuma_30)

Khouma Babacar adalah pemain asal Afrika yang tidak terlalu populer, tetapi cukup subur di Serie A. Penyerang kelahiran Senegal tersebut telah menyarangkan 39 gol selama kiprahnya di Italia. Sebagian besar gol Babacar ditorehkan saat berseragam Fiorentina dengan 27 gol.

Fiorentina memang menjadi klub terlama yang dibela Babacar. Ia telah bergabung dengan akademi La Viola pada 2008 dan mentas ke tim senior setahun kemudian. Sempat dipinjamkan ke Padova dan Modena, Babacar resmi angkat kaki ke Sassuolo pada 2018.

7. Mohamed Kallon

7 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Serie AMohamed Kallon (fifa.com)

Penggemar Serie A awal 2000-an pasti tidak asing lagi dengan Mohamed Kallon. Penyerang asal Sierra Lione tersebut pernah membela beberapa klub Italia, seperti Bologna, Genoa, Cagliari, Reggina, dan Vicenza. Ia pun sempat bergabung dengan raksasa Italia, Inter Milan.

Selama bermain di liga teratas Italia, Kallon total membuat 39 gol. Dari jumlah tersebut, sepertiganya dihasilkan ketika merumput bersama La Beneamata. Namun, musim terbaiknya terjadi pada 1999/2000 karena mampu menciptakan 11 gol kala membela Reggina.

Selain nama-nama di atas, sebenarnya ada beberapa pemain Afrika lainnya yang mampu membuat lebih dari 30 gol kala berkiprah di Serie A. Mohamed Salah menceploskan 35 gol dalam 197 penampilan. Sementara itu, Samuel Eto'o membuat lesakan yang sama dalam 207 laga.

Baca Juga: Inter Milan Pertahankan Dominasi Atas AC Milan Musim Ini

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya