Comscore Tracker

5 Pemain Brazil yang Raih Piala Dunia, Copa America dan Liga Champions

Siapa pemain lain yang berhasil menyamai mereka nanti?

Siapa pun tahu bahwa Brazil adalah salah satu negara yang memiliki prestasi sepak bola mentereng. Mereka sejauh ini masih menjadi pemegang rekor Piala Dunia terbanyak, yakni lima kali. Tim Samba juga sukses di kompetisi sekelas Copa America dan Piala Konfederasi.

Namun ternyata, cukup sedikit talenta Brazil yang mampu mengawinkan trofi Piala Dunia dan Copa America dengan Liga Champions Eropa. Bukan cuma meraihnya yang sulit, tidak semua pemain Brazil mampu tampil apik di klub Benua Biru. Lalu, siapa saja para pemain yang sukses menyandingkan tiga gelar tersebut?

1. Cafu

5 Pemain Brazil yang Raih Piala Dunia, Copa America dan Liga ChampionsCafu (colgadosporelfutbol.com)

Bagi para penikmat bola 1990-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan Marcos Evangelista de Morais atau akrab disapa Cafu. Yup, dia adalah salah satu bek kanan legendaris Brazil yang juga sempat merumput bersama dua klub besar Liga Italia, AS Roma dan AC Milan.

Di Tim Samba, Cafu adalah bagian dari skuad yang menjuarai Piala Dunia 1994 dan 2002. Ia juga dua kali mencicipi titel Copa America (1997 dan 1999). Sementara, bersama AC Milan, Cafu turut mengantarkan klub tersebut merajai kompetisi Liga Champions Eropa musim 2006/2007.

2. Roberto Carlos

5 Pemain Brazil yang Raih Piala Dunia, Copa America dan Liga ChampionsRoberto Carlos (twitter.com/ladbrokes)

Jika di kanan ada Cafu, maka bek kiri Brasil identik dengan Roberto Carlos. Yup, pemain berkepala plontos dengan tendangan bebas luar biasa ini seolah mematenkan posisi tersebut. Ia tercatat membela Tim Samba sebanyak 125 kali dalam kurun waktu 1992 hingga 2006.

Carlos pun menyumbangkan banyak gelar untuk negaranya, termasuk Piala Dunia 2002 dan dua kali Copa America (1997 dan 1999). Sementara, bersama klub, ia mengantarkan Real Madrid tiga kali meraih Liga Champions Eropa serta empat kali merajai kompetisi La Liga.

Baca Juga: 8 Pemain Brasil dengan Caps Terbanyak Hingga Saat Ini, Deretan Legenda

3. Rivaldo

5 Pemain Brazil yang Raih Piala Dunia, Copa America dan Liga ChampionsRivaldo (sportmob.com)

Rivaldo Vítor Borba Ferreira, demikian nama lengkap pemain kidal ini, adalah skuad Brasil ketika memenangkan trofi Piala Dunia 2002. Sebelumnya, ia juga turut andil mengantarkan negaranya menjuarai gelaran Copa America 1999 yang kala itu berlangsung di Paraguay.

Di level klub, sebenarnya nama Rivaldo lebih dikenal saat berseragam Barcelona, karena sukses mengantarkan tim Catalan itu dua kali menjuarai Liga Spanyol. Namun, untuk trofi Liga Champions Eropa, malah diperolehnya saat membela AC Milan pada musim 2002/2003.

4. Ronaldinho

5 Pemain Brazil yang Raih Piala Dunia, Copa America dan Liga ChampionsRonaldinho (beinsports.com)

Salah satu talenta terbaik yang pernah dimiliki Brasil. Ronaldinho dapat dikatakan telah meraih segalanya sebagai pemain sepak bola. Bersama timnas, ia adalah anggota pemenang Copa America 1999, Piala Dunia 2002, serta Piala Konfederasi FIFA edisi 2005.

Tak cuma cemerlang berseragam timnas, Ronaldinho juga moncer di level klub. Ia membawa Barcelona dua kali merebut Liga Spanyol serta sekali Liga Champions Eropa. Pindah ke AC Milan, ia mengantarkan klub tersebut menjadi kampiun Serie A musim 2010/2011.

5. Dida

5 Pemain Brazil yang Raih Piala Dunia, Copa America dan Liga ChampionsDida (twitter.com/ftblsm)

Pernah dinobatkan sebagai kiper terbaik 2005 oleh FIFPro, nama Dida bersinar saat berkostum AC Milan. Ia berandil besar saat klub berjuluk Il Rossoneri tersebut dua kali menjuarai Liga Champions Eropa, dua kali Piala Super Eropa, dan sekali Serie A Italia.

Sementara, di level timnas, Dida adalah kiper utama Brazil saat merengkuh gelar Copa America 1999. Prestasi tersebut dilanjutkan ketika ia memenangkan titel Piala Dunia 2002 yang berlangsung di Korea Selatan dan Jepang, meski cuma sebagai cadangan Marcos.

 

Mengawinkan gelar Piala Dunia, Copa America, dan Liga Champions Eropa memang bukan perkara yang mudah. Dibutuhkan tidak cuma skill dan mental, tetapi juga dukungan tim dan sedikit beruntung. Para pemain di atas tentu berbahagia bisa mewujudkan semuanya.

Baca Juga: 6 Kiper Berkebangsaan Brasil yang Pernah Bermain di Premier League

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya