Comscore Tracker

Selain Ibra, 9 Pemain Ini Kembali Bela Tim Nasional Setelah Pensiun

Ada yang sukses, ada pula yang gagal

Sempat pensiun setelah Piala Eropa 2016 lalu, Zlatan Ibrahimovic memutuskan kembali membela timnas Swedia pada Maret 2021. Penyerang gaek itu mengumumkan comeback-nya dengan menuliskan 'The return of the God'Ti dalam akun Twitter pribadinya.

Sebenarnya, Ibra bukan nama pertama yang balik lagi membela timnas setelah undur diri. Sebelumnya, sudah ada beberapa nama top yang bersedia kembali berseragam timnas setelah pensiun. Ada yang sukses, tetapi banyak juga yang gagal. Siapa saja mereka?

1. Gianluigi Buffon

Selain Ibra, 9 Pemain Ini Kembali Bela Tim Nasional Setelah Pensiuntwitter.com/Squawka

Kiper legendaris Juventus ini sempat pensiun dari timnas Italia pada November 2017 setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Namun, pada Maret 2018, ia kembali berseragam Azzurri dalam laga melawan Argentina. Sayangnya, saat itu Buffon dkk kalah 0-2.

Buffon sendiri termasuk salah satu kiper yang tidak tergantikan di timnas Italia. Debut pada 1997, ia terus mengisi pos penjaga gawang hingga 2018 dan mencatatkan 176 kali penampilan. Prestasi terbaiknya adalah merengkuh trofi Piala Dunia 2006 di Jerman.

2. Lionel Messi

Selain Ibra, 9 Pemain Ini Kembali Bela Tim Nasional Setelah Pensiuntwitter.com/squawkanews

Superstar Barcelona ini sempat memutuskan pensiun dari timnas Argentina setelah kalah dalam final Copa America 2016 lalu. Dilansir BBC, kala itu seperti frustrasi karena selalu kalah dalam empat final turnamen besar dalam kurun waktu sembilan tahun.

Namun, hanya berselang beberapa bulan, pemain berjuluk La Pulga ini kembali berseragam tim Tango. Setelah itu, ia kembali rehat membela negara setelah tersingkir dari Piala Dunia 2018. Kemudian, Maret 2019, Messi dipanggil kembali untuk memperkuat Albiceleste.

3. Kevin-Prince Boateng

Selain Ibra, 9 Pemain Ini Kembali Bela Tim Nasional Setelah Pensiunthesun.co.uk

Gelandang yang pernah membela AC Milan ini sempat memutuskan undur diri dari timnas Ghana pada tahun 2012 ketika usianya baru 24 tahun. Namun, dua tahun berselang, Kevin-Prince Boateng memutuskan comeback ke timnas saat tampil dalam Piala Dunia 2014.

Kevin-Prince Boateng sendiri sebenarnya lahir di Berlin dan punya kesempatan untuk berseragam timnas Jerman. Bahkan, ia sempat membela timnas Jerman U-19. Namun, pada Juni 2009, Boateng memutuskan tidak tertarik lagi mewakili Die Mannschaft.

4. Jamie Carragher

Selain Ibra, 9 Pemain Ini Kembali Bela Tim Nasional Setelah Pensiunthesun.ie

Bek yang besar bersama Liverpool ini kembali membela Inggris dalam ajang Piala Dunia 2010 setelah sempat pensiun dari timnas pada 2007. Kala itu, seperti dilansir BBC, ia sempat bermain dalam dua pertandingan, yakni melawan Amerika Serikat dan Aljazair.

Carragher sendiri pertama kali membela Three Lions pada tahun 1999. Sayangnya, selama berseragam timnas, ia lebih banyak menjadi ban serep. Pasalnya, pada masa itu, lini belakang Inggris memang dihuni nama-nama top, seperti Rio Ferdinand dan John Terry.

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Memilih Bermain di Timnas di Benua Afrika

5. Henrik Larsson

Selain Ibra, 9 Pemain Ini Kembali Bela Tim Nasional Setelah Pensiuntwitter.com/fifaworldcup

Henrik Larsson punya cerita unik bersama timnas Swedia. Ia pernah pensiun dari timnas setelah ajang Piala Dunia 2002. Namun, mantan pemain Barcelona ini memutuskan kembali membela negaranya dalam gelaran Euro 2004 dan sukses menembus perempat final.

Lanjut bermain sampai Piala Dunia 2006, Larsson kembali pensiun dari karier internasional. Seperti de javu, ia comeback membela negaranya dalam gelaran Euro 2008. Larsson akhirnya benar-benar pensiun dari timnas setelah Swedia gagal lolos ke Piala Dunia 2010.

6. Zinedine Zidane

Selain Ibra, 9 Pemain Ini Kembali Bela Tim Nasional Setelah Pensiuntwitter.com/classicshirts

Pahlawan Prancis di Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000 ini sempat gantung sepatu dari timnas setelah gelaran Euro 2004. Namun, pada tahun 2005, Zidane bersedia kembali berseragam Les Blues untuk membantu negaranya lolos dari kualifikasi Piala Dunia 2006.

Kehadiran Zizou membawa efek positif bagi Prancis. Tidak hanya mengantarkan lolos ke ajang empat tahunan, ia juga menjadi aktor tim saat menembus partai final Piala Dunia 2006. Sayangnya, Prancis harus kalah dari Italia dan Zidane menerima kartu merah.

7. Claude Makelele

Selain Ibra, 9 Pemain Ini Kembali Bela Tim Nasional Setelah Pensiunmanunitednewsnow.com

Tidak hanya Zidane yang bersedia kembali membela Prancis dalam kualifikasi Piala Dunia 2006. Claude Makelele, yang sebelumnya pensiun usai Piala Eropa 2004, juga menerima tawaran untuk kembali berseragam Les Blues ketika usianya kala itu menginjak 32 tahun.

Prancis dibawanya melenggang hingga babak final Piala Dunia 2006. Setelah itu, gelandang yang sempat membela Real Madrid dan Chelsea ini masih terus bermain untuk Les Blues dalam babak kualifikasi Piala Eropa 2008 dan benar-benar pensiun pada Juni 2008.

8. Lilian Thuram

Selain Ibra, 9 Pemain Ini Kembali Bela Tim Nasional Setelah Pensiunbusinessinsider.com

Seperti Makelele, Lilian Thuram juga kembali berseragam Prancis pada 2005 setelah sempat pensiun usai gelaran Euro 2004. Ia terus menjadi anggota Les Blues dalam ajang Piala Dunia 2006 dan Piala Eropa 2008 sebelum benar-benar pensiun pada Juni 2008.

Selama membela Prancis, Thuram mencatatkan 142 pertandingan dan berhasil mencetak dua gol. Ia menjadi bagian generasi emas tim Ayam Jantan saat merebut Piala Dunia 1998 di kandang sendiri, Piala Eropa 2000, serta FIFA Confederations Cup edisi 2003.

9. Pele

Selain Ibra, 9 Pemain Ini Kembali Bela Tim Nasional Setelah Pensiuntwitter.com/pele

Jika memutuskan untuk terus pensiun dari timnas setelah Piala Dunia 1966, Pele mungkin tidak akan mencatatkan rekor menakjubkan. Yup, ia memang sempat mundur membela Brazil setelah kegagalan di Piala Dunia 1966 yang dimenangkan tuan rumah Inggris.

Kemudian, Pele menerima kembali panggilan negara pada 1969 dan Brazil lolos ke Piala Dunia 1970. Tim Samba akhirnya sukses menjadi kampiun setelah edisi 1958 dan 1962, menjadikan Pele sebagai satu-satunya pemain yang memenangkan tiga trofi World Cup.

 

Membela negara bukan cuma kewajiban, melainkan juga kehormatan bagi banyak pemain. Mungkin karena alasan itu, sejumlah pesepak bola akhirnya bersedia kembali berseragam timnas walaupun sudah sempat pamitan.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Pemain Eropa Ini Memilih Bela Timnas Negara Lain

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya