Comscore Tracker

9 Pemain Ini Juara Liga Champions dan Euro di Tahun yang Sama

Siapa lagi yang akan menyusul?

Apa yang dicari para pemain sepak bola? Selain menit bermain, popularitas, dan uang, tentu saja prestasi bersama klub maupun timnas yang dibelanya. Apalagi bisa menyandingkan trofi bergengsi seperti Liga Champions dan Euro atau Piala Eropa dalam kurun waktu yang sama.

Sayangnya, tidak semua pemain dapat melakukan hal tersebut. Bahkan, menurut catatan resmi UEFA, sejauh ini hanya ada sembilan pesepak bola yang sukses mengawinkan Liga Champions Eropa dengan gelar Piala Eropa di tahun yang sama. Lalu, siapa saja pemain tersebut?

1. Luis Suarez (Spanyol)

9 Pemain Ini Juara Liga Champions dan Euro di Tahun yang SamaLuis Suarez Miramontes (as.com)

Sebelum ada Luis Suarez asal Uruguay, Spanyol pernah memiliki pemain bernama sama. Luis Suarez Miramontes, demikian nama lengkapnya, sempat bermain di beberapa klub besar, antara lain Barcelona pada medio 1950-an serta Inter Milan di dekade 1960-an.

Nah, ketika membela Inter Milan, pemain dengan posisi gelandang serang itu dua kali mengangkat European Cup (sekarang Liga Champions). Yang spesial, untuk edisi tahun 1963/1964, ia menyandingkan titel tersebut dengan gelar Piala Eropa bersama timnas Spanyol.

2. Ronald Koeman (Belanda)

9 Pemain Ini Juara Liga Champions dan Euro di Tahun yang SamaRonald Koeman (twitter.com/classic1863)

Saat bermain, Ronald Koeman mungkin lebih identik dengan Barcelona. Padahal, pria asal Belanda tersebut juga sempat membela dua klub lokal, yakni Ajax dan PSV Eindhoven. Di klub yang disebutkan terakhir, Koeman berhasil merebut Piala Eropa musim 1987/1988.

Setelah menjadi yang terbaik di level klub, Koeman meneruskan kesuksesan tersebut bersama timnas Belanda. Ia menjadi bagian skuad De Oranje saat meraih gelar Piala Eropa 1988. Di partai final, mereka mengalahkan Uni Soviet dengan skor meyakinkan 2-0.

3. Barry van Aerle (Belanda)

9 Pemain Ini Juara Liga Champions dan Euro di Tahun yang SamaBarry van Aerle (ad.nl)

Selain Ronald Koeman, ada Barry van Aerle yang juga sukses merebut Piala Eropa dan Euro di musim yang sama. Van Aerle sendiri adalah rekan Koeman di PSV kala memenangkan Piala Eropa 1987/1988 serta timnas Belanda saat menjadi kampiun Piala Eropa 1988.

Biasa bermain di posisi bek kanan, van Aerle menghabiskan sebagian besar karier profesionalnya bersama PSV, mulai tahun 1981 hingga 1994. Selain Piala Eropa, ia juga lima kali menjuarai Liga Belanda dan tiga kali merengkuh KNVB Cup (Piala Belanda).

4. Hans van Breukelen (Belanda)

9 Pemain Ini Juara Liga Champions dan Euro di Tahun yang SamaHans van Breukelen (tagesspiegel.de)

Salah satu penjaga gawang terbaik yang sempat dimiliki Belanda. Johannes Franciscus van Breukelen, nama lengkapnya, adalah skuad utama saat negaranya merebut Piala Eropa 1988. Bahkan, ia dinobatkan sebagai kiper terbaik dalam turnamen empat tahunan tersebut.

Tidak hanya sukses di timnas, van Breukelen juga cukup moncer di level klub. Kariernya bersinar bersama PSV. Membela tim tersebut selama sepuluh tahun, van Breukelen tujuh kali menjuarai Liga Belanda dan sekali meraih Piala Eropa musim 1987/1988.

Baca Juga: 6 Pemain Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Piala Eropa

5. Gerald Vanenburg (Belanda)

9 Pemain Ini Juara Liga Champions dan Euro di Tahun yang SamaGerald Vanenburg (rtlnieuws.nl)

Nama penggawa PSV lainnya yang menjadi anggota skuad Belanda kala merebut Piala Eropa 1988 adalah Gerald Vanenburg. Biasa berposisi sebagai sayap, ia tampil dalam semua pertandingan saat Tim Oranye meraih satu-satunya juara di level senior sejauh ini.

Mengawali karier di Ajax dan cukup sukses, Vanenburg juga berhasil saat menyeberang ke klub rival, PSV, pada tahun 1986 hingga 1993. Ia tercatat lima kali menyumbangkan gelar Eredivisie, tiga kali KNVB Cup, serta sekali Piala Eropa musim 1987/1988.

6. Juan Mata (Spanyol)

9 Pemain Ini Juara Liga Champions dan Euro di Tahun yang SamaJuan Mata (skysports.com)

Juan Mata adalah bagian dari skuad Chelsea saat klub tersebut secara mengejutkan tampil sebagai juara Liga Champions musim 2011/2012. Tidak diunggulkan, The Blues sukses mengangkat trofi Si Kuping Besar setelah mengalahkan Bayern Munchen di final.

Kesuksesan tersebut membuat Mata dipanggil kembali ke timnas Spanyol untuk gelaran Piala Eropa 2012. Ia mencetak satu gol dalam kemenangan telak Tim Matador 4-0 atas Italia di partai puncak, sekaligus mempertahankan titel yang direbut empat tahun sebelumnya.

7. Fernando Torres (Spanyol)

9 Pemain Ini Juara Liga Champions dan Euro di Tahun yang SamaFernando Torres (sbnation.com)

Seperti Juan Mata, Fernando Torres juga menjadi bagian tim Chelsea saat memenangkan Liga Champions musim 2011/2012. Golnya di menit terakhir melawan Barcelona di babak semifinal mengantarkan timnya lolos ke partai puncak dan akhirnya bablas menjadi juara.

Setelah itu, Torres terpilih sebagai salah satu anggota timnas Spanyol untuk turnamen Piala Eropa 2012. Ia turut menyumbangkan angka ketika negaranya membantai Italia 4-0 di babak final. Selain juara, Torres juga dinobatkan sebagai top skor turnamen dengan tiga gol.

8. Cristiano Ronaldo (Portugal)

9 Pemain Ini Juara Liga Champions dan Euro di Tahun yang SamaCristiano Ronaldo (twitter.com/euro2020)

Siapa pemain terbaik dalam era Liga Champions Eropa? Tidak salah jika menyebut nama Cristiano Ronaldo. Pasalnya, ia sejauh ini sudah lima kali menjuarai turnamen tersebut, salah satunya musim 2015/2016 saat berseragam Real Madrid.

Gelar itu semakin spesial bagi CR7, demikian julukannya, karena ia sukses merebut titel Piala Eropa 2016 bareng Portugal. Seleccao das Quinas berhasil menjuarai turnamen setelah mengalahkan Prancis dengan skor tipis 1-0 di partai pamungkas lewat babak extra time.

9. Pepe (Portugal)

9 Pemain Ini Juara Liga Champions dan Euro di Tahun yang SamaPepe (twitter.com/officialpepe)

Bersama Ronaldo, Pepe juga mengawinkan gelar Liga Champions musim 2015/2016 dengan Euro 2016. Bahkan, di partai final Euro, pemain yang berposisi sebagai bek ini dinobatkan sebagai man of the match, karena disiplin dalam menjaga area pertahanan.

Lahir di Brazil, Pepe lebih memilih membela Portugal setelah dinaturalisasi pada Agustus 2007. Penampilan perdana bersama timnas datang saat melawan Finlandia pada November 2007. Tercatat, ia sudah lebih dari 100 kali memperkuat Portugal di ajang resmi.

 

Lalu, ke mana Nicolas Anelka? Ia memang memenangkan Liga Champions 1999/2000 bersama Real Madrid. Namun, seperti penjelasan UEFA, ia cuma duduk di bangku cadangan selama Prancis menguasai Euro 2000, sehingga tidak masuk daftar. Kasus yang sama terjadi pada Wim Kieft di Euro 1988.

Baca Juga: 7 Momen Paling Tak Terlupakan Sepanjang Sejarah Piala Eropa, Ikonik!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya