Comscore Tracker

10 Pemain Lokal yang Juara Liga Indonesia dengan Dua Klub Berbeda

Bahkan ada yang bersama tiga tim berbeda, lho!

Meraih juara kompetisi tentunya menjadi impian semua pemain dan ini juga berlaku di Indonesia. Sudah ada banyak pesepak bola kelahiran dalam negeri yang sukses merebut trofi tertinggi kompetisi domestik, bahkan tidak cuma sekali, tetapi beberapa kali.

Namun, sederet talenta berikut dapat dikatakan spesial. Pasalnya, mereka tidak hanya sekali merasakan juara, tetapi dua kali dengan dua tim yang berbeda. Bahkan, ada yang mencapainya saat membela tiga klub. Nah, siapa saja para pesepak bola tersebut?

1. Aji Santoso

10 Pemain Lokal yang Juara Liga Indonesia dengan Dua Klub Berbedainstagram.com/7msportsindonesia

Sebelum berprofesi sebagai pelatih seperti sekarang, Aji Santoso adalah salah satu bek kiri terbaik yang pernah dimiliki timnas Indonesia. Di level klub, ia mampu menjuarai Liga Indonesia musim 1996/1997 bersama Persebaya dan musim 1999/2000 bareng PSM. 

2. Kurniawan Dwi Yulianto

10 Pemain Lokal yang Juara Liga Indonesia dengan Dua Klub Berbedainstagram.com/zonabolanesia

Kurniawan merupakan bagian tim bertabur bintang PSM Makassar yang merajai Liga Indonesia musim 1999/2000. Sempat singgah ke PSPS Pekanbaru pada 2001 hingga 2003, pemain berjuluk Si Kurus ini kembali juara Liga Indonesia bersama Persebaya tahun 2004.

3. Hendro Kartiko

10 Pemain Lokal yang Juara Liga Indonesia dengan Dua Klub Berbedainstagram.com/hendrokartiko34

Mirip dengan Kurniawan, Hendro Kartiko juga meraih trofi Liga Indonesia bersama PSM Makassar (1999/2000) dan Persebaya (2004). Selain dua tim tersebut, mantan kiper timnas ini juga sempat membela sejumlah klub besar seperti Arema Malang dan Persija Jakarta.

4. Ortizan Solossa

10 Pemain Lokal yang Juara Liga Indonesia dengan Dua Klub Berbedainstagram.com/solossaortizan

Seperti Kurniawan dan Hendro, Ortizan Solossa juga merupakan anggota PSM Makassar ketika menjadi kampiun Liga Indonesia musim 1999/2000. Sewindu kemudian, ia kembali merebut titel tertinggi bersama Persipura, lalu mereplikasi capaian tersebut pada musim 2010/2011.

5. Nova Arianto

10 Pemain Lokal yang Juara Liga Indonesia dengan Dua Klub Berbedainstagram.com/novarianto30

Mantan bek timnas yang identik dengan kepala plontos ini merebut trofi Liga Indonesia pertamanya pada tahun 2004 bersama Persebaya. Sempat singgah ke Persib Bandung, ia lalu meraih titel Indonesia Super League musim 2011/2012 ketika berseragam Sriwijaya FC.

Baca Juga: Liga Indonesia Tak Bergulir, Platje Dipinjamkan ke Klub Liga 2 Belanda

6. Christian Warobay

10 Pemain Lokal yang Juara Liga Indonesia dengan Dua Klub Berbedainstagram.com/paralegendabola

Marthen Christian Warobay, demikian nama lengkapnya, membawa Persipura juara Liga Indonesia 2005 sekaligus dinobatkan sebagai pemain terbaik. Kemudian, ia menyeberang ke Sriwijaya FC pada tahun 2007 dan langsung merebut trofi tertinggi musim 2007/2008.

7. Tony Sucipto

10 Pemain Lokal yang Juara Liga Indonesia dengan Dua Klub Berbedatwitter.com/goal_id

Pemain yang bisa berposisi sebagai bek dan gelandang bertahan ini mengecup titel Liga Indonesia pertamanya bersama Sriwijaya FC pada musim 2007/2008. Kemudian, ia mengulangi lagi prestasi tersebut pada tahun 2014, kali ini bersama Persib Bandung.

8. Achmad Jufriyanto

10 Pemain Lokal yang Juara Liga Indonesia dengan Dua Klub Berbedainstagram.com/achmad16jufriyanto/

Seperti Tony Sucipto, pemain yang sering dipanggil Jupe ini juga merebut titel Liga Indonesia bersama Sriwijaya FC (2011/2012) dan Persib (2014). Selain di dalam negeri, Jupe sempat berkelana ke Malaysia membela Kuala Lumpur City FA pada tahun 2018.

9. Ferdinand Sinaga

10 Pemain Lokal yang Juara Liga Indonesia dengan Dua Klub Berbedainstagram.com/ferdinand17sinaga

Ferdinand Sinaga merupakan contoh unik. Pasalnya, ia merebut titel tertinggi di Indonesia bersama dua kompetisi yang berbeda, tetapi sama-sama diakui. Sinaga membawa Semen Padang juara IPL musim 2011/2012 dan mengantarkan Persib menjadi jawara ISL 2014.

10. Firman Utina

10 Pemain Lokal yang Juara Liga Indonesia dengan Dua Klub Berbedainstagram.com/firmanutina1515

Dari nama-nama di atas, Firman Utina termasuk paling spesial. Karena, ia tiga kali menjuarai kompetisi teratas di Indonesia. Ia merebut gelar ISL musim 2011/2012 bersama Sriwijaya FC, lalu ISL tahun 2014 bareng Persib Bandung, serta Bhayangkara FC di Liga 1 edisi 2017.

 

Selain talenta lokal, ada juga beberapa pemain asing yang sempat menjuarai Liga Indonesia bersama lebih dari satu tim. Carlos De Mello, Zah Rahan, dan Danilo Fernando meraihnya dengan dua klub. Sementara, Otavio Dutra malah merebutnya bersama tiga tim berbeda.

Baca Juga: 10 Mantan Pemain Liga Inggris yang Pernah Main di Indonesia!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya