Comscore Tracker

Raih Piala Dunia, 7 Pemain Ini Akhirnya Gabung Manchester United

Ada yang sukses, ada yang jadi pecundang

Manchester United merupakan salah satu klub raksasa dan terbaik di dunia. Kesebelasan yang bermarkas di Old Trafford ini juga sering dihuni para pemain papan atas, termasuk mereka yang pernah mengecup trofi Piala Dunia bersama timnas negaranya.

Di era Premier League, The Red Devils memang beberapa kali mendatangkan pemain yang sebelumnya sempat menjadi juara dunia. Ada yang mampu meneruskan kesuksesan, ada pula yang akhirnya hanya menjadi pesakitan dan tidak bertahan lama. Lalu, siapa saja mereka?

1. Fabien Barthez

Raih Piala Dunia, 7 Pemain Ini Akhirnya Gabung Manchester UnitedFabien Barthez (twitter.com/championsleague)

Fabien Barthez merupakan kiper utama Timnas Prancis kala menjuarai Piala Dunia 1998 yang berlangsung di kandang sendiri. Dalam partai final, Les Blues sukses memukul juara bertahan Brazil dengan skor telak 3-0 melalui dwigol Zinedine Zidane dan Emmanuel Petit.

Pada tahun 2000, kiper berkepala plontos ini setuju pindah ke Manchester United. Barthez sempat dua kali membawa The Red Devils menjuarai Premier League. Namun, ia cuma bertahan di Old Trafford hingga 2003 dan akhirnya pulang kampung ke Negeri Anggur.

2. Laurent Blanc

Raih Piala Dunia, 7 Pemain Ini Akhirnya Gabung Manchester UnitedLaurent Blanc dan Alex Ferguson (talksport.com)

Laurent Blanc juga menjadi skuad Prancis kala menjuarai Piala Dunia edisi 1998 bersama Fabien Barthez. Saat itu pemain yang berposisi sebagai bek ini sempat mencetak gol emas kontra Paraguay di babak 16 besar dan akhirnya The Blues terus melaju hingga tangga juara.

Pada 2001, Blanc bergabung dengan Manchester United kala usianya sudah memasuki 35 tahun. Grogi di musim perdana, ia menebusnya pada musim selanjutnya dan mengantarkan The Red Devils juara Premier League, sekaligus menjadi musim terakhinya sebagai pemain.

3. Kleberson

Raih Piala Dunia, 7 Pemain Ini Akhirnya Gabung Manchester UnitedKleberson (goal.com)

Kleberson termasuk anggota Brazil saat merebut titel Piala Dunia kelima mereka pada tahun 2002 di Korea-Jepang. Namanya di skuad tim Samba kala itu memang kalah tenar dibandingkan Ronaldo, Ronaldinho, Rivaldo, Juninho Paulista, Gilberto Silva, dan Denilson.

Pada Agustus 2003, Manchester United mendatangkan pemain ini bersamaan dengan Cristiano Ronaldo. Berbeda dengan Ronaldo, Kleberson cuma bertahan dua tahun di Old Trafford dan hanya mampu memberikan gelar FA Cup 2003/2004 untuk suporter Setan Merah.

Baca Juga: Raphael Varane Bisa Jadi Juru Selamat Manchester United

4. Victor Valdes

Raih Piala Dunia, 7 Pemain Ini Akhirnya Gabung Manchester UnitedVictor Valdes (twitter.com/squawka)

Di eranya, Victor Valdes memang kalah bersaing dari Iker Casillas dalam memperebutkan pos kiper utama Timnas Spanyol. Meski demikian, ia dipanggil untuk Piala Dunia 2010. Saat itu, La Furia Roja menjadi juara setelah mengalahkan Belanda di babak final dengan skor tipis 1-0.

Pada Januari 2015, Manchester United membuat keputusan mengejutkan ketika mengontrak Valdes. Pasalnya, meski bersinar bareng Barcelona, banyak yang menilai Valdes telah habis. Benar saja, ia cuma bertahan semusim bersama The Red Devils.

5. Juan Mata

Raih Piala Dunia, 7 Pemain Ini Akhirnya Gabung Manchester UnitedJuan Mata (twitter.com/premierleague)

Seperti Victor Valdes, Juan Mata juga adalah skuad Spanyol kala merebut trofi Piala Dunia 2010. Selepas ajang empat tahunan itu, Mata mengembara ke Inggris dan bergabung dengan Chelesa. Di London hingga 2014, ia akhirnya setuju pindah ke Manchester United.

Dikontrak pada Januari 2014, Mata bermain cukup baik untuk klub Manchester Merah. Meski tidak selalu menjadi pilihan utama, kontribusinya cukup penting. Sejauh ini, Mata sudah memberikan trofi FA Cup, Piala Liga, dan UEFA Europa League untuk Setan Merah.

6. Bastian Schweinsteiger

Raih Piala Dunia, 7 Pemain Ini Akhirnya Gabung Manchester UnitedBastian Schweinsteiger (twitter.com/premierleague)

Setelah tampil dalam Piala Dunia 2006 dan 2010, Bastian Schweinsteiger akhirnya mampu membawa Timnas Jerman menjadi kampiun World Cup 2014. Kala itu, Der Panzer sukses mengalahkan Argentina di partai puncak berkat gol tunggal Mario Gotze di masa extra time.

Setahun selepas Piala Dunia, Schweinsteiger resmi dipinang Manchester United. Awalnya, dikontrak tiga tahun, nyatanya ia cuma bertahan di Old Trafford selama dua musim. Namun, Schweinsteiger sempat memberikan gelar FA Cup dan Liga Eropa untuk fans Setan Merah.

7. Raphael Varane

Raih Piala Dunia, 7 Pemain Ini Akhirnya Gabung Manchester UnitedRaphael Varane (instagram.com/manchesterunited)

Bek kelahiran Lille ini adalah pemenang Piala Dunia 2018 bersama Prancis. Saat itu, Raphael Varane bermain dalam semua partai yang dilakoni Les Blues. Ia bahkan sempat membuat sebiji gol kala Prancis menjungkalkan Uruguay 2-0 di babak perempat final.

Di level klub, Varane lama berseragam Real Madrid, yakni sejak Juni 2011, dan meraih banyak trofi bersama Los Blancos, termasuk empat kali juara Liga Champions Eropa. Pada Agustus 2021, pemain yang biasa berposisi sebagai bek tengah ini resmi pindah ke Manchester United.

 

Banyak pemain yang bisa berprestasi saat bermain di klub ataupun untuk negaranya. Namun, tidak sedikit pula yang bersinar bersama timnas, tetapi gagal ketika berseragam klub.

Baca Juga: Perkenalan Raphael Varane Berbuah Manis buat Man United

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya