Comscore Tracker

6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela AC Milan, Mandzukic Terbaru

Apakah Mandzukic bisa moncer di klub barunya nanti?

Pada bursa transfer paruh musim 2020/2021, AC Milan berhasil mendaratkan penyerang Mario Mandzukic dengan status bebas transfer. Walau sudah berusia 34 tahun, pengalaman pemain berpaspor Kroasia tersebut diharapkan dapat berguna untuk tim.

Sebelum Mandzukic, sebenarnya sudah ada sederet pemain Kroasia yang sempat membela Il Rossoneri, walau jumlahnya tidak banyak. Ada yang meraih kesuksesan, tetapi tidak sedikit yang gagal. Siapa saja mereka?

1. Zvonimir Boban

6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela AC Milan, Mandzukic Terbarusempremilan.com

Boban disebut-sebut sebagai pemain Kroasia pertama yang merumput di San Siro, markas AC Milan. Ia mulai membela tim merah-hitam pada 1991 dan bertahan hingga 2001. Dalam rentang waktu sepuluh tahun, Boban memberikan kesuksesan yang besar bagi klub.

Gelandang serang ini setidaknya mempersembahkan empat titel scudetto Serie A, sekali Liga Champions Eropa, serta sekali UEFA Super Cup. Sementara prestasi tertingginya bersama timnas Kroasia, adalah meraih peringkat ketiga gelaran World Cup 1998 silam.

2. Dario Simic

6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela AC Milan, Mandzukic Terbarutwitter.com/acmilan

Setelah era Boban, pemain Kroasia lainnya yang sempat berseragam AC Milan adalah Dario Simic. Berposisi sebagai bek, ia didatangkan klub dari rival sekota, Inter Milan, pada tahun 2002. Simic membela Il Rossoneri dalam rentang waktu enam tahun.

Seperti Boban, Simic juga terhitung sukses selama berkarier di Milan. Ia adalah bagian tim kala memenangkan scudetto Serie A musim 2003/2004, Coppa Italia 2003, Supercoppa Italiana 2004, serta dua kali mencicipi gelar Liga Champions Eropa.

3. Mario Pasalic

6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela AC Milan, Mandzukic Terbaruthesun.co.uk

Gelandang asal Kroasia ini bergabung dengan AC Milan pada Agustus 2016 lalu. Dilansir BBC, Pasalic didatangkan dari Chelsea dengan status pinjaman. Saat direkrut Il Diavolo Rosso, usia Pasalic masih 21 tahun dan belum pernah merumput bersama The Blues.

Walau berstatus pinjaman, penampilan Pasalic cukup lumayan. Sepanjang musim 2016/2017, gelandang tengah ini bermain 24 kali di liga domestik dan menyumbangkan lima gol. Ia juga sukses mempersembahkan titel Supercoppa Italiana 2016.

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Stefano Pioli yang Siap Bawa AC Milan Raih Scudetto

4. Nikola Kalinic

6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela AC Milan, Mandzukic Terbarutwitter.com/EuropaLeague

Tampil baik selama dua musim bersama Fiorentina, membuat AC Milan tertarik merekrut Nikola Kalinic. Pada Agustus 2017, klub akhirnya berhasil mendatangkan penyerang Kroasia ini dengan status pinjaman dan diberikan kostum bernomor punggung tujuh.

Sayangnya, penampilan Kalinic jauh dari harapan. Berlaga 31 pertandingan di Serie A, ia cuma sanggup membuat 6 gol. Bertahan semusim, Kalinic akhirnya pindah ke Atletico Madrid. Di klub ini, ia kembali melempem, cuma bikin 2 gol dalam 17 laga La Liga.

5. Ante Rebic

6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela AC Milan, Mandzukic Terbarutwitter.com/milantalk1

Pemain yang bisa berposisi sebagai striker maupun winger ini pertama kali menginjakkan kaki di San Siro pada musim 2019/2020 dengan status pinjaman. Penampilan Rebic cukup lumayan, mencetak 12 gol dari 30 partai, menjadikannya top skor tim di musim tersebut.

Alhasil, AC Milan pun memutuskan untuk membeli pemain kelahiran 1993 ini secara permanen dari Eintracht Frankfurt. Dikutip dari laman resmi klub, Rebic sepakat menandatangani kontrak berdurasi lima tahun hingga 30 Juni 2025.

6. Mario Mandzukic

6 Pemain Kroasia yang Pernah Membela AC Milan, Mandzukic TerbaruMario Mandzukic di AC Milan. (Twitter.com/acmilan)

Mandzukic bukan nama baru di kancah sepak bola Italia. Ia adalah penggawa Juventus selama rentang waktu 2015 hingga 2019. Penyerang Kroasia ini sukses memenangi empat titel scudetto, tiga kali Coppa Italia, serta sekali Supercoppa Italiana.

Dilansir BBC, Mandzukic didatangkan AC Milan dengan status bebas transfer pada Januari 2021 hingga akhir musim, dengan opsi perpanjangan satu tahun. Mantan striker Atletico Madrid ini memang tidak memiliki klub selepas hengkang dari Al Duhail.

 

Itulah tadi enam pemain Kroasia yang pernah berseragam AC Milan. Sejak merdeka pada tahun 1991, talenta-talenta Kroasia memang telah berhasil menyihir dunia sepak bola.

Banyak pemain Kroasia yang akhirnya direkrut tim-tim besar dan membawa dampak positif bagi tim. Apakah Mandzukic berhasil moncer di klub barunya nanti?

Baca Juga: 6 Klub Mario Mandzukic Sebelum Bergabung dengan AC Milan, Penuh Gelar 

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya