6 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Southampton

Siapa yang paling sukses?

Secara prestasi, Arsenal dan Southampton bak langit dan bumi. Jika The Gunners sejauh ini sudah 13 kali menjuarai Liga Inggris (termasuk saat masih berformat First Division), prestasi terbaik The Saints hanya peringkat kedua First Divison musim 1983/1984.

Namun, di luar itu, Arsenal dan Southampton cukup "bersahabat". Lihat saja jersey mereka yang sama-sama mengusung kombinasi warna merah-putih. Selain itu, ada beberapa pemain yang pernah membela kedua klub. Ada yang sukses, tidak sedikit yang gagal. Siapa saja mereka?

1. Charlie George

6 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan SouthamptonCharlie George (thesefootballtimes.co)

Frederick Charles George, demikian nama lengkapnya, merupakan produk akademi Arsenal dan melakukan debut pada tahun 1968. George adalah anggota The Gunners saat meraih double winners, yakni FA Cup dan Football League First Division (sekarang Premier League) edisi 1971.

Bertahan di London hingga 1975, ia sempat bergabung dengan beberapa klub, seperti Derby County dan Minnesota Kicks sebelum akhirnya berlabuh di Southampton pada 1978. Berbeda saat di Arsenal, selama berseragam The Saints George gagal menyumbangkan trofi.

2. Alan Ball

6 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan SouthamptonAlan Ball (evertonfc.com)

Anggota skuad Timnas Inggris saat menjuarai Piala Dunia 1966 ini didatangkan Arsenal pada tahun 1971 setelah bermain oke bersama Everton. Di Tim Meriam London, performa Alan Ball sebenarnya tidak kalah apik. Namun, ia gagal memberikan gelar untuk The Gunners.

Sempat dipinjamkan ke Hellenic, Ball dilepas ke Southampton pada 1976. Ia mampu bermain reguler untuk The Saints dengan mencatatkan 132 penampilan di liga domestik. Namun, prestasi terbaik yang pernah dihasilkan hanya runner-up Football League Cup 1978/1979.

3. Theo Walcott

6 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan SouthamptonTheo Walcott (twitter.com/theowalcott)

Theo Walcott mengenyam pendidikan sepak bola di Southampton pada tahun 2000 dan akhirnya dipanggil ke tim senior pada 2005. Ia tampil gemilang di musim perdananya dengan membuat 21 penampilan dan 4 gol di liga domestik. Arsenal akhirnya membeli Walcott pada Januari 2006.

Penyerang yang biasa beroperasi sebagai sayap itu berseragam The Gunners hingga 2018. Selama kurun waktu tersebut, Walcott dua kali meraih trofi FA Cup. Sempat dilepas ke Everton, pemain kelahiran Stanmore ini pulang ke Southampton pada musim 2020/2021.

Baca Juga: Southampton Curi Poin Penuh Atas Arsenal

4. Alex Oxlade-Chamberlain

6 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan SouthamptonAlex Oxlade-Chamberlain (twitter.com/championsleague)

Perjalanan Alex Oxlade-Chamberlain hampir mirip dengan Theo Walcott. Ia adalah produk binaan Southampton dan mentas ke tim utama pada 2010. Cuma butuh satu musim bagi Oxlade-Chamberlain untuk membuat Arsenal tergoda dan akhirnya menariknya pada Agustus 2011.

Selama bermain di The Gunners, Oxlade-Chamberlain tiga kali mencicipi FA Cup dan FA Community Shield. Setelah enam musim, ia dilego ke Liverpool. Bersama The Reds, Oxlade-Chamberlain akhirnya merasakan manisnya gelar UEFA Champions League dan Premier League.

5. Calum Chambers

6 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan SouthamptonCalum Chambers (twitter.com/CalumChambers95)

Arsenal agaknya doyan dengan talenta yang diorbitkan Southampton. Setelah Theo Walcott dan Alex Oxlade-Chamberlain, mereka juga menarik Calum Chambers. Chambers adalah didikan Southampton dan bermain di tim utama pada 2012 sebelum dibeli Arsenal pada Juli 2014.

Sayangnya, tidak seperti dua pendahulunya, performa Chambers di klub Meriam London cenderung kurang konsisten. Ia pun sempat dipinjamkan ke Middlesbrough dan Fulham. Pada Januari 2022, Chambers akhirnya dilepas ke Aston Villa tanpa biaya transfer alias gratis.

6. Cedric Soares

6 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan SouthamptonCedric Soares (premierleague.com)

Cedric Soares didatangkan Southampton dari Sporting CP pada Juni 2015. Pemain Portugal ini mampu bermain reguler sebagai bek kanan The Saints. Performanya yang konsisten membuat Arsenal tertarik dan mendatangkannya pada Januari 2020 dengan status pinjaman.

Pada Juni 2020, manajemen The Gunners memutuskan mengikat Soares secara permanen setelah kontraknya bersama The Saints habis. Ia turut menjadi eksekutor penalti saat timnya mengalahkan Liverpool dalam perebutan FA Community Shield edisi 2020.

 

Untuk mengejar prestasi, pindah klub memang menjadi sesuatu yang wajar. Namun, itu bukan jaminan pemain bisa mendapatkan apa yang diidamkan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Digaet Arsenal Bareng Granit Xhaka, Apa Kabar?

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya