9 Pemain yang Mencetak Milestone Gol di Premier League

Ada Eric Cantona dan Zlatan Ibrahimovic

Banyak yang berpendapat bahwa Premier League merupakan kompetisi terbesar dan terbaik di dunia. Dengan predikat tersebut, tentu saja akan menjadi kebanggaan bagi seorang pemain bisa merumput di kompetisi ini, terlebih jika mereka berhasil mencetak banyak gol.

Sejak dihelat pertama kali pada tahun 1992 silam, sudah banyak gol yang tercipta di pentas Premier League. Namun, hanya ada segelintir pemain yang menciptakan milestone gol dan akhirnya tercatat dalam buku sejarah Premier League. Lalu, siapa saja pesepak bola itu?

1. Brian Deane

9 Pemain yang Mencetak Milestone Gol di Premier LeagueBrian Deane (twitter.com/premierleague)

Brian Deane adalah pencetak gol pertama di kompetisi Premier League. Itu dilakukan pemain kelahiran Leeds tersebut saat membela Sheffield United menghadapi Manchester United pada tanggal 15 Agustus 1992 silam. Ia sudah membuat gol saat laga baru berjalan lima menit.

Di pertandingan yang sama, Deane mencetak gol kedua sekaligus membawa timnya menang 2-1. Beberapa bulan kemudian, tepatnya Januari 1993, ia membuat trigol kontra Ipswich Town dan menjadikannya salah satu pemain pertama yang mencetak hattrick di Premier League.

2. Eric Cantona 

9 Pemain yang Mencetak Milestone Gol di Premier LeagueEric Cantona (mirror.co.uk)

Nama Eric Cantona tercatat dalam buku sejarah Premier League karena dia berhasil mencetak gol ke-100 kompetisi tersebut. Itu dilakukan mantan pemain Timnas Prancis ini saat membawa Leeds United menghancurkan Tottenham Hotspur 5-0 pada 25 Agustus 1992 silam.

Bertahan sebentar di Elland Road, Cantona menerima pinangan Manchester United dan mendapatkan kebintangan di Old Trafford. Ia adalah aktor utama Setan Merah saat merebut empat titel Premier League di awal dekade 1990-an yang lantas membuatnya dijuluki The King.

 3. Mike Newell 

9 Pemain yang Mencetak Milestone Gol di Premier LeagueMike Newell (premierleague.com)

Nama Mike Newell mungkin tidak terlalu familiar. Namun, mantan pemain Blackburn Rovers ini berhasil masuk buku sejarah Premier League. Pasalnya, Newell membuat gol ke-1.000 kompetisi tersebut saat mencetak angka melawan Nottingham Forest pada 7 April 1993 silam.

Mengawali karier bersama Crewe Alexandra, Newell menemukan permainan terbaiknya saat berseragam Rovers. Bergabung mulai 1991 hingga 1996, ia membuat 130 caps dan 26 gol di liga domestik. Newell menjadi bagian klub saat menjuarai Premier League musim 1994/1995.

4. Andy Townsend 

9 Pemain yang Mencetak Milestone Gol di Premier LeagueAndy Townsend (premierleague.com)

Ada perdebatan tentang siapa yang membuat gol ke-5.000 di ajang Premier League. Channel YouTube Premier League mengatakan dia adalah Andy Townsend. Sementara itu, beberapa media seperti As, ESPN, dan Goal, menyebut Chris Sutton bersanding dengan Townsend.

Pasalnya, kedua pemain membuat skor dalam waktu yang sama, yakni 7 Desember 1996. Townsend melakukannya saat membawa Aston Villa menekuk Southampton 1-0, sedangkan Sutton membuatnya ketika Blackburn Rovers bermain imbang 1-1 kontra Leicester City.

Baca Juga: 5 Klub Langganan Premier League yang Kini Berjuang di League One

5. Les Ferdinand 

9 Pemain yang Mencetak Milestone Gol di Premier LeagueLes Ferdinand (twitter.com/spursofficial)

Les Ferdinand adalah pencetak gol ke-10.000 sepanjang perhelatan Premier League. Itu dilakukan mantan penyerang Timnas Inggris ini saat membawa Tottenham Hotspur menang 4-0 atas Fulham dalam pertandingan yang berlangsung pada 15 Desember 2001 silam.

Nama Ferdinand berkibar saat membela Newcastle United pada tahun 1995. Di musim perdana, ia diganjar PFA Players' Player of the Year. Musim berikutnya, duet Ferdinand dengan Alan Shearer nyaris membawa The Magpies menjadi kampiun Premier League.

6. Moritz Volz 

9 Pemain yang Mencetak Milestone Gol di Premier LeagueMoritz Volz (twitter.com/whitenoise1879)

Moritz Volz adalah bek berpaspor Jerman yang mengecap pendidikan di akademi Arsenal. Namun, kariernya mencuat ketika berseragam Fulham dalam kurun waktu 2004--2009. Ia tercatat membuat 125 penampilan untuk The Cottagers di liga domestik dan mencetak dua gol.

Jumlah golnya memang sangat minim. Namun, salah satu gol membuatnya istimewa karena tercatat sebagai gol ke-15.000 Premier League. Skor itu tercipta dalam laga Fulham kontra Chelsea pada 30 Desember 2006. Atas prestasi itu, ia mendapatkan julukan 15.000 Volz.

7. Marc Albrighton 

9 Pemain yang Mencetak Milestone Gol di Premier LeagueMarc Albrighton (premierleague.com)

Satu dasawarsa sejak gol ke-10.000, Premier League mendapatkan gol ke-20.000 pada laga Aston Villa kontra Arsenal tanggal 21 Desember 2011. Marc Albrighton menjadi pemain yang mencatat angka tersebut. Sayangnya, saat itu Villa harus menyerah 1-2 dari The Gunners.

Albrighton sendiri adalah produk didikan The Villans dan mentas ke tim senior pada musim 2009/2010. Namun, ia mencapai trofi prestisius ketika pindah ke Leicester City. Albrighton menjadi anggota The Foxes saat menjuarai Premier League 2015/2016 dan FA Cup 2020/2021.

8. Zlatan Ibrahimovic 

9 Pemain yang Mencetak Milestone Gol di Premier LeagueZlatan Ibrahimovic (twitter.com/manutd)

Zlatan Ibrahimovic memang cuma dua musim berseragam Manchester United. Namun, itu cukup bagi mantan juru gedor Juventus dan Inter Milan ini untuk menorehkan namanya dalam buku sejarah Premier League. Ia adalah pencetak gol ke-25.000 kompetisi tersebut.

Pemain berjuluk Ibracadabra itu melakukannya saat membawa The Red Devils mengalahkan Swansea City 3-1 pada musim 2016/2017. Di musim yang sama, Ibra mengantarkan Setan Merah memenangi trofi FA Community Shield, EFL Cup, dan UEFA Europa League.

9. Chris Wood 

9 Pemain yang Mencetak Milestone Gol di Premier LeagueChris Wood (twitter.com/squawka)

Burnley harus berbagi angka 1-1 saat menghadapi Leeds United pada laga Premier League bulan Agustus 2021 lalu. Namun, penyumbang angka bagi Burnley, Chris Wood, mencatatkan namanya sebagai pencetak gol ke-30.000 sepanjang perhelatan Premier League.

Sejak didatangkan Burnley pada Agustus 2017, Wood memang tampil cukup moncer. Ia adalah pemain Selandia Baru pertama yang membuat hattrick di Premier League. Selain itu, Wood termasuk salah satu pemain Burnley yang membuat 100 caps di kompetisi teratas Liga Inggris.

 

Tidak semua pemain dapat mencatatkan milestone gol, apalagi di kompetisi seketat Premier League. Siapa lagi yang akan masuk buku sejarah?

Baca Juga: 11 Potret Chris Wood, Striker Anyar Newcastle asal Selandia Baru

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya