7 Pemain Aktif yang Menerima Gelar Kehormatan dari Kerajaan Inggris

Berkat dedikasinya untuk sepak bola dan kemanusiaan

Dunia, terutama warga Inggris, sedang berduka setelah Ratu Elizabeth II tutup usia pada tanggal 8 September 2022 kemarin. Menjadi pemimpin selama 70 tahun, sang ratu mencurahkan kepeduliannya terhadap berbagai bidang, termasuk olahraga sepak bola.

Kerajaan Inggris di bawah kepemimpinannya telah memberikan banyak gelar kehormatan untuk pesepak bola yang dianggap berdedikasi, tidak cuma di lapangan hijau, tetapi juga kemanusiaan. Berikut adalah pemain aktif yang diberi gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris.

1. Steven Davis

7 Pemain Aktif yang Menerima Gelar Kehormatan dari Kerajaan InggrisSteven Davis (rangers.co.uk)

Mungkin fans kekinian sedikit yang familiar dengan Steven Davis. Ia adalah pemain Irlandia Utara yang sempat membela Aston Villa, Fulham, dan Southampton. Saat ini pemegang lebih dari 100 caps sekaligus kapten Timnas Irlandia Utara tersebut berseragam Glasgow Rangers.

Nah, saat memperkuat Southampton pada tahun 2017 lalu, Davis dianugerahi gelar MBE (Member of the British Empire). Ia menerima penghargaan tersebut atas dedikasinya untuk sepak bola. Davis mengaku terkejut saat dirinya diberi tahu akan menerima gelar prestisius tersebut.

2. Harry Kane

7 Pemain Aktif yang Menerima Gelar Kehormatan dari Kerajaan InggrisHarry Kane (twitter.com/premierleague)

Meskipun gagal membawa Inggris juara, Harry Kane mampu tampil trengginas sepanjang gelaran World Cup 2018 lalu. Atas prestasinya tersebut, penyerang Tottenham Hotspur itu mendapatkan gelar MBE yang diberikan oleh Pangeran William pada Januari 2019.

Menjadi kapten Timnas Inggris, Kane sukses mencetak enam gol dan menjadi top skor Piala Dunia 2018 ketika pasukan Three Lions mencapai babak empat besar. Sayangnya, mimpi mereka lolos ke babak final dikandaskan Kroasia dengan skor tipis 2-1 lewat perpanjangan waktu.

3. Marcus Rashford

7 Pemain Aktif yang Menerima Gelar Kehormatan dari Kerajaan InggrisMarcus Rashford (twitter.com/manutd)

Pada Oktober 2020 lalu, Marcus Rashford menerima kabar bahwa dirinya akan dianugerahi gelar MBE atas kepeduliannya terhadap anak-anak yang rentan selama pandemi COVID-19. Gelar itu akhirnya resmi diberikan setahun kemudian oleh Pangeran William.

Saat itu, striker Manchester United tersebut mendesak pemerintah Inggris untuk menyediakan makanan sekolah gratis bagi siswa yang rentan selama penguncian. Ia membuat gugus tugas yang bermitra dengan supermarket dan bank makanan di Inggris.

4. Raheem Sterling

7 Pemain Aktif yang Menerima Gelar Kehormatan dari Kerajaan InggrisRaheem Sterling (twitter.com/sterling7)

Memiliki kulit berwarna gelap memang rentan terkena ejekan rasis dan itu dirasakan pula oleh Raheem Sterling. Pemain Timnas Inggris itu tidak tinggal diam dan akhirnya bergerak menentang rasisme di dalam dan luar lapangan melalui kampanye No Room for Racism.

Atas kegigihannya memerangi rasisme, penyerang sayap yang baru saja hijrah ke Chelsea tersebut mendapatkan anugerah MBE dari Kerajaan Inggris pada Juni 2021 lalu. Penghargaan itu diterima Sterling saat dirinya masih memperkuat Manchester City.

Baca Juga: 5 Fakta Raheem Sterling, Rekrutan Pertama Chelsea Era Todd Boehly

5. James Milner

7 Pemain Aktif yang Menerima Gelar Kehormatan dari Kerajaan InggrisJames Milner (twitter.com/jamesmilner)

James Milner dianugerahi gelar MBE dari Kerajaan Inggris pada Juni 2022 kemarin. Pemain veteran milik Liverpool itu tidak hanya diakui untuk dedikasinya dalam dunia olah kulit bundar selama hampir dua dekade, tetapi juga sumbangsih besarnya untuk program amal.

Pemilik 61 caps untuk timnas Inggris itu diketahui telah mendirikan James Milner Foundation. Badan amal ini tidak cuma fokus pada olahraga, tetapi juga memberikan bantuan keuangan kepada kaum muda yang membutuhkan dukungan kesehatan dan pendidikan.

6. Gareth Bale

7 Pemain Aktif yang Menerima Gelar Kehormatan dari Kerajaan InggrisGareth Bale (twitter.com/garethbale11)

Gareth Bale mendapatkan anugerah MBE tidak lama setelah dia memutuskan hengkang dari Real Madrid pada Juni 2022. Gelandang sayap berpaspor Wales tersebut menerima gelar itu bertepatan dengan peringatan 70 tahun pemerintahan Ratu Elizabeth II di Inggris.

Bale tidak cuma berprestasi di atas lapangan. Dilansir dari ESPN, pemain Britania Raya pertama yang memenangkan lima trofi UEFA Champions League itu menjadi donatur untuk layanan kesehatan di Kota Cardiff dan Madrid saat pandemi virus corona tahun 2020 lalu.

7. Jordan Henderson

7 Pemain Aktif yang Menerima Gelar Kehormatan dari Kerajaan InggrisJordan Henderson (twitter.com/championsleague)

Tidak lama setelah Gareth Bale, Jordan Henderson juga menerima gelar MBE pada Juli 2022. Kapten Liverpool tersebut ikut berinisiatif dalam gerakan Players Together yang mendorong pemain bola profesional untuk menyumbang dana di tengah wabah virus corona.

Dikutip dari situs resmi Liverpool, Henderson dinobatkan sebagai "juara" NHS Charities Together pertama dan menjadi duta untuk organisasi tersebut. Menurut Milner, mempromosikan amal untuk kemanusiaan sama istimewanya seperti bermain sepak bola.

 

Selain pesepak bola pria, ada juga beberapa pemain bola perempuan aktif yang menerima gelar MBE dari Kerajaan Inggris. Mereka adalah Steph Houghton dan Jill Scott yang keduanya saat ini sama-sama memperkuat Manchester City WFC.

Baca Juga: Tak Lagi Muda, 5 Gelandang yang Bisa Gantikan Jordan Henderson

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya