Comscore Tracker

10 Pemain Muda yang Bakal Menggebrak Piala AFF 2020, Rising Star!

Indonesia diwakili siapa?

Selain pemain top, aksi yang juga ditunggu-tunggu dalam turnamen bergengsi, entah itu Piala Dunia maupun Piala Eropa, adalah bakat-bakat muda. Demikian juga ketika Piala AFF 2020 (nama resminya AFF Suzuki Cup 2020) akhirnya diselenggarakan di Singapura.

Masing-masing negara peserta sudah merilis skuad resmi mereka untuk bertanding di turnamen dua tahunan ini. Selain nama-nama senior, juga terselip sejumlah pesepak bola belia yang diprediksi bakal menggebrak kompetisi tersebut. Lalu, siapa saja mereka?

1. Thanawat Suengchitthawon (Thailand)

10 Pemain Muda yang Bakal Menggebrak Piala AFF 2020, Rising Star!Thanawat Suengchitthawon (instagram.com/suengchitthawon)

Pemain yang berulang tahun setiap 8 Januari ini sebenarnya lahir di Thailand. Namun sejak kecil, ia sudah pindah ke Prancis. Mengawali karier profesional di Nancy II, Thanawat Suengchitthawon bahkan sempat membela Prancis U-16 dan U-17 sebelum memilih tanah kelahirannya.

Panggilan pertama timnas Gajah Putih diperolehnya pada April 2021 ketika babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, pemain yang sekarang membela Leicester City U-21 ini baru melakukan debut untuk negaranya pada Mei 2021 dalam laga persahabatan kontra Tajikistan.

2. Nur Adam Abdullah (Singapura)

10 Pemain Muda yang Bakal Menggebrak Piala AFF 2020, Rising Star!Nur Adam Abdullah (instagram.com/mhdnradm22)

Nur Adam Abdullah baru saja dinobatkan sebagai Singapore Premier League Young Player of the Year pada Oktober 2021 kemarin. Anugerah itu diperolehnya setelah membantu Lion City memenangkan gelar Singapore Premier League, sekaligus trofi ketiga dalam sejarah klub.

Beroperasi sebagai bek sayap kiri, Nur Adam dikenal karena gaya bermainnya yang berani dan konsisten membombardir sektor sayap lawan. Dengan potensinya tersebut, Nur Adam memiliki kesempatan untuk tampil di starting eleven timnas Singapura dalam Piala AFF 2020.

3. Nguyen Hoang Duc (Vietnam)

10 Pemain Muda yang Bakal Menggebrak Piala AFF 2020, Rising Star!Nguyen Hoang Duc (instagram.com/hoang.duc.98)

Nguyen Quang Hai mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu aktor utama kebangkitan sepak bola Vietnam dalam kurun waktu empat tahun terakhir, termasuk menjuarai Piala AFF 2018. Namun, banyak yang percaya bahwa popularitasnya dapat ditandingi Nguyen Hoang Duc.

Bermain di lapangan tengah, Nguyen Hoang Duc sudah menjadi andalan Viettel sejak bergabung pada tahun 2017, memainkan lebih dari 80 pertandingan liga. Di level timnas, ia adalah anggota skuad The Golden Dragons kala merebut medali emas SEA Games 2019.

4. Luqman Hakim Shamsudin (Malaysia)

10 Pemain Muda yang Bakal Menggebrak Piala AFF 2020, Rising Star!Luqman Hakim Shamsudin (goal.com)

Salah satu wonderkid timnas Malaysia ini sempat menjadi omongan media Negeri Jiran ketika membuat empat gol saat turnamen AFC U-16 tahun 2018 melawan Tajikistan. Sejak itu, Luqman Hakim Shamsudin digadang-gadang bakal mengikuti jejak seniornya seperti Safee Sali.

Menimba ilmu sepak bola di klub lokal NFDP dan Mokhtar Dahari Academy, Luqman lantas dilirik klub asal Belgia, Kortrijk, pada 2019 kemarin. Ia membuat debut untuk Kortrijk dalam laga kontra RSC Anderlecht sekaligus pemain Malaysia pertama yang tampil di liga top Eropa.

5. Witan Sulaeman (Indonesia)

10 Pemain Muda yang Bakal Menggebrak Piala AFF 2020, Rising Star!Witan Sulaeman (instagram.com/witansulaiman_)

Pemain kelahiran Palu ini menjadi buah bibir saat dipinang klub asal Serbia, Radnik Surulica, pada Februari 2020 lalu ketika baru berusia 18 tahun. Cuma semusim di Serbia, ia menerima lamaran klub Polandia, Lechia Gdansk, dan menandatangani kontrak selama dua tahun.

Dikenal sebagai pemain sayap yang punya kecepatan, Witan Sulaeman merupakan salah satu pemain liga Eropa yang dipanggil Indonesia untuk Piala AFF 2020. Mampukah dia bersama Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott memberikan trofi perdana bagi skuad Garuda?

Baca Juga: 30 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020

6. Hein Htet Aung (Myanmar)

10 Pemain Muda yang Bakal Menggebrak Piala AFF 2020, Rising Star!Hein Htet Aung (instagram.com/_heinhtet_aung)

Hein Htet Aung adalah salah satu dari sedikit pemain Myanmar yang saat ini bermain di luar negeri. Ia bergabung dengan klub Malaysia, Selangor, pada awal 2021 setelah memainkan lebih dari 54 pertandingan liga domestik bersama klub lokal, Hantharwady United.

Merupakan Best Young Player of the Year tahun 2020 di Liga Myanmar, Hein Htet Aung memulai karier di timnas untuk kelompok umur. Ia sempat membuat heboh Liga Malaysia ketika menampilkan simbol politik dalam laga Selangor II melawan PDRM FC pada Maret 2021.

7. Yrick Gallantes (Filipina)

10 Pemain Muda yang Bakal Menggebrak Piala AFF 2020, Rising Star!Yrick Gallantes (instagram.com/yrick_g)

Timnas Filipina beranggotakan banyak pemain muda untuk bertanding di Piala AFF 2020, dan salah satu yang berpotensi mencuri atensi adalah Yrick Gallantes. Lahir di Manila pada Januari 2001, ia pertama kali berseragam timnas dalam gelaran SEA Games 2019 lalu.

Pada Agustus 2019, Gallantes dipanggil memperkuat timnas senior dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Syria dan Guam. Ia melakukan debut saat negaranya membantai Guam dengan skor 4-1 pada tanggal 10 September 2019 kala usianya baru 18 tahun.

8. Bounphachan Bounkong (Laos)

10 Pemain Muda yang Bakal Menggebrak Piala AFF 2020, Rising Star!Bounphachan Bounkong (instagram.com/bounphachan_bounkong17)

Laos mungkin masih belum menjadi kekuatan utama sepak bola Asia Tenggara. Meski demikian, negara yang tidak memiliki perairan ini menyimpan bakat-bakat muda yang cukup potensial, salah satunya Bounphachan Bounkong yang saat ini bermain untuk Young Elephants.

Dalam usianya yang baru 17 tahun, Bounphachan Bounkong sudah menjadi tulang punggung timnas senior Laos. Biasa bermain di posisi sayap, ia sudah pernah merasakan atmosfer Piala AFF pada tahun 2018 lalu dan kembali menjadi andalan untuk edisi kali ini.

9. Sieng Chanthea (Kamboja)

10 Pemain Muda yang Bakal Menggebrak Piala AFF 2020, Rising Star!Sieng Chanthea (instagram.com/sieng.chanthea)

Seperti Laos, Kamboja juga bukan kekuatan utama sepak bola ASEAN dan malah sering menjadi bulan-bulanan negara lainnya. Namun, hal itu bukan berarti bahwa negara ini tidak punya pemain muda berbakat, salah satunya Sieng Chanthea yang merumput bersama Boeung Ket.

Berposisi sebagai penyerang, pemain kelahiran 2002 ini sudah melakukan debut untuk timnas Kamboja pada tahun 2019 ketika belum genap 17 tahun. Sekarang, di usianya yang menginjak 19 tahun, ia sudah membuat 13 pertandingan di timnas senior dan mencetak sebiji gol.

10. Mouzinho (Timor Leste)

10 Pemain Muda yang Bakal Menggebrak Piala AFF 2020, Rising Star!Mouzinho (instagram.com/mouzinhobarreto10)

Nama Timor Leste di kancah persepakbolaan Asia Tenggara memang masih baru. Namun, mereka punya potensi untuk mengejutkan lawan-lawannya, salah satunya lewat Mouzinho. Ini adalah pemain muda yang pernah menjadi top skor Piala AFF U-18 2019 dengan enam gol.

Berposisi sebagai penyerang, ketajaman Mouzinho memang sudah terlihat di level klub. Bermain untuk klub lokal, SLB Laulara, Mouzinho juga sempat dinobatkan sebagai top skor Copa FFTL 2020 lalu setelah sukses menceploskan 14 gol hanya dalam tujuh pertandingan.

 

Apakah para pemain muda di atas mampu memenuhi ekspektasi publik dan membawa negaranya meraih prestasi atau justru membebani mereka? Sangat menarik ditunggu.

Baca Juga: Daftar Topskor Sepanjang Masa di Piala AFF

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya