Comscore Tracker

8 Pemain yang Patut Diperhatikan di Ajang Piala Asia Wanita 2022

Siapa nih yang bakal paling bersinar?

AFC Women's Asian Cup atau Piala Asia Wanita edisi 2022 berlangsung di India mulai 20 Januari 2022 hingga 6 Februari 2022 mendatang. Ini adalah gelaran ke-20 sejak kejuaraan tersebut pertama kali diadakan pada tahun 1975 silam yang kala itu dilaksanakan di Hong Kong.

Layaknya turnamen lainnya, selain tim, sepak terjang pemain yang berlaga di turnamen antar-negara ini juga menarik disorot. Nah, berikut sejumlah pemain cewek yang patut mendapatkan perhatian saat kejuaraan Piala Asia Wanita 2022.

1. Samantha Kerr

8 Pemain yang Patut Diperhatikan di Ajang Piala Asia Wanita 2022Samantha Kerr (instagram.com/samanthakerr20)

Samantha May Kerr, demikian nama lengkapnya, merupakan salah satu pemain yang paling sering disebut menjelang Piala Asia Wanita 2022. Bukan apa-apa, ia baru saja membawa Chelsea menjuarai FA Womens's Super League dan menjadi runner-up UEFA Women's Champions League tahun 2021 kemarin.

Kerr sendiri memulai debut untuk timnas wanita Australia pada tahun 2009 lalu. Ia pernah membawa The Matildas, julukan timnas Negeri Kangguru, menjadi juara Piala Asia Wanita edisi 2010. Kerr juga masih menjadi top skor sepanjang masa untuk negaranya dengan total 49 gol.

2. Ji So Yun

8 Pemain yang Patut Diperhatikan di Ajang Piala Asia Wanita 2022Ji So-yun (twitter.com/fifawwc)

Seperti Samantha Kerr, Ji So Yun adalah pemain Asia yang juga membela Chelsea. Gelandang asal Korea Selatan ini telah memperkuat The Blues sejak tahun 2014 dan meraih banyak gelar, termasuk lima kali FA Women's Super League dan dua kali Women's FA Cup.

Bersama timnas, Ji So Yun melakukan debut untuk Korea Selatan pada tahun 2006. Meskipun berposisi sebagai gelandang, ia rajin mencetak gol dengan total 61 gol sejauh ini dan menjadi top skor negaranya. Sayangnya, Ji So Yun masih belum bisa memberikan titel bergengsi.

3. Wang Shuang

8 Pemain yang Patut Diperhatikan di Ajang Piala Asia Wanita 2022Wang Shuang (instagram.com/wang_shuang7)

Wang Shuang melakukan debut untuk timnas wanita China pada tahun 2013 ketika berumur 17 tahun. Sejak saat itu, ia langsung menjadi pilihan reguler di lini tengah dengan mencatatkan 109 penampilan dan sudah mencetak 34 gol pada usianya yang baru 26 tahun.

Di level klub, Shuang mengawali karier di Wuhan Ladies pada tahun 2012. Namun, ia baru meraih sukses saat memperkuat Dalian Quanjian saat dua kali menjuarai Chinese Women's Super League. Selain di klub lokal, Shuang juga pernah membela Paris Saint-Germain pada 2018/2019 lalu.

4. Saki Kumagai

8 Pemain yang Patut Diperhatikan di Ajang Piala Asia Wanita 2022Saki Kumagai (instagram.com/kumagai1017)

Debut Saki Kumagai untuk timnas Jepang terjadi saat ia baru menginjak 18 tahun pada 2008 silam. Sejak saat itu, ia tidak terbendung membawa negaranya meraih banyak trofi, termasuk Piala Dunia Wanita 2011, medali emas Asian Games 2010, dan Piala Asia Wanita edisi 2018.

Tidak hanya moncer di timnas, Kumagai juga panen sukses di level klub. Bersama Lyon, ia tujuh kali memenangkan Division 1 Feminine dan lima kali UEFA Women's Champions League. Setelah delapan musim di Lyon, ia bermain untuk klub Jerman, Bayern Munich, sejak tahun 2021.

Baca Juga: Jadwal Timnas Wanita Indonesia di Penyisihan Piala Asia 2022

5. Mana Iwabuchi

8 Pemain yang Patut Diperhatikan di Ajang Piala Asia Wanita 2022Mana Iwabuchi (instagram.com/iwabuchi.m_jp)

Setelah lima tahun bermain untuk Nippon TV Beleza, Mana Iwabuchi memulai petualangan di Eropa bersama Hoffenheim pada 2012. Namun, namanya mulai naik daun saat memutuskan pindah ke Bayern Munich pada 2014. Pasalnya, ia dua kali menjuarai Frauen-Bundesliga.

Tidak cuma di level klub, Iwabuchi juga tampil gemilang bersama Jepang. Ia penah membawa timnas wanita Negeri Sakura menjuarai Piala Dunia Wanita 2011, meraih medali perak Olimpiade 2012, serta memenangkan Piala Asia Wanita dan Asian Games 2018 lalu.

6. Lee Min A

8 Pemain yang Patut Diperhatikan di Ajang Piala Asia Wanita 2022Lee Min-a (instagram.com/mina_world_)

Lee Min A adalah salah satu pesepak bola wanita paling populer di Korea Selatan. Bukan cuma parasnya yang menawan bak artis, prestasinya di atas lapangan pun luar biasa. Ia mampu membawa Incheon Red Angels memenangkan WK League selama lima musim beruntun. 

Di level timnas, Lee Min A memulainya saat bergabung dengan Korea Selatan U-17 pada tahun 2008. Sempat juga membela kelompok U-20, ia debut untuk timnas senior pada Februari 2012 kala melawan Korea Utara. Sejauh ini, Lee Min A sudah mencatatkan 54 caps dan 14 gol.

7. Manisha Kalyan

8 Pemain yang Patut Diperhatikan di Ajang Piala Asia Wanita 2022Manisha Kalyan (twitter.com/Amartya_13)

Nama Manisha Kalyan mungkin kurang begitu populer. Namun, penyerang India tersebut menjadi salah satu pemain yang harus diwaspadai dalam Piala Asia Wanita 2022. Bukan cuma karena tampil di kandang sendiri, melainkan juga berkat sepak terjangnya sebagai penyerang.

Dilansir Goal, pada 2021 lalu, ia adalah pemain India pertama yang membuat gol di ajang Piala AFC Wanita. Sebelumnya, Kalyan menorehkan hat-trick saat negaranya membantai Pakistan 18-0 pada 2019 lalu. Paling baru, ia mencetak gol kontra Brazil dalam laga uji coba.

8. Zahra Muzdalifah

8 Pemain yang Patut Diperhatikan di Ajang Piala Asia Wanita 2022Zahra Muzdalifah (instagram.com/zahmuz12)

Zahra Muzdalifah mungkin baru berusia 20 tahun. Namun, pemain yang membela Persija Jakarta ini memainkan peran kunci saat membawa Garuda Pertiwi lolos ke Piala Asia Wanita 2022 dan dipilih AFC sebagai salah satu pemain terbaik selama babak kualifikasi.

Tidak hanya penampilannya di atas lapangan, popularitas Zahra di media sosial pun mendapatkan sorotan AFC. Saat ini, akun Instagramnya sudah diikuti lebih dari 900 ribu pengikut. Angka itu lebih banyak dibandingkan bintang Australia, Samantha Kerr, dengan 800 ribu followers.

 

Ajang sekaliber Piala Dunia memang tidak cuma menjadi kesempatan pemain untuk membawa harum negaranya, tetapi juga sebagai ajang untuk unjuk gigi. Siapa tahu, dengan tampil oke, nama mereka semakin meroket dan mungkin direkrut klub top.

Baca Juga: 10 Foto Zahra Muzdalifah, Pesepak Bola Perempuan yang Kini Jadi Idola!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya