10 Pemain Ini Sandingkan Gelar Euro dengan Top Skor Turnamen

Ada yang cuma pemain cadangan!

Menjadi kampiun ajang sekelas Euro atau Piala Eropa tentu menjadi impian banyak pemain asal Benua Biru. Pasalnya, itu adalah turnamen paling akbar di Eropa, mempertemukan tim-tim terbaik, yang kelasnya sering disebut-sebut tidak kalah dengan gelaran Piala Dunia. 

Nah, sederet pesepak bola berikut tidak cuma bangga karena sanggup membawa negaranya menjuarai Piala Eropa, melainkan juga sukses menjadi top skor turnamen. Bahkan, beberapa di antaranya lebih sering bermain dari bangku cadangan. Siapa saja?

1. Valentin Ivanov 

10 Pemain Ini Sandingkan Gelar Euro dengan Top Skor TurnamenValentin Ivanov dan Cesare Maldini (ripensia-sport-magazin.ro)

Penyerang era 1950-an hingga 1960-an ini membawa Uni Soviet menjuarai perhelatan pertama pentas Piala Eropa pada tahun 1960. Di gelaran yang berlangsung di Prancis tersebut, Valentin Ivanov juga sukses menjadi pencetak gol terbanyak dengan dua gol.

2. Viktor Ponedelnik 

10 Pemain Ini Sandingkan Gelar Euro dengan Top Skor TurnamenViktor Ponedelnik (timesofindia.indiatimes.com)

Selain Valentin Ivanov, Viktor Ponedelnik juga menjadi anggota timnas Uni Soviet saat merajai turnamen Euro 1960. Sama seperti rekannya, pemain yang berposisi sebagai penyerang ini pun dinobatkan menjadi top skor setelah membukukan dua gol.

3. Jesus Maria Pereda (Spanyol)

10 Pemain Ini Sandingkan Gelar Euro dengan Top Skor TurnamenJesus Maria Pereda (fcbarcelona.com)

Dalam Piala Eropa 1964, Jesus Maria Pereda memang bersanding dengan dua pemain Hongaria, Ferenc Bene dan Deszo Novak, sebagai top skor karena kompak membuat dua gol. Namun, striker Barcelona ini sukses melengkapi torehan tersebut dengan gelar juara bersama Spanyol.

4. Gerd Muller (Jerman Barat)

10 Pemain Ini Sandingkan Gelar Euro dengan Top Skor TurnamenGerd Muller (twitter.com/brazilegend10)

Penyerang berjuluk Der Bomber ini berhasil mengantarkan negaranya, Jerman Barat, menjadi pemenang Piala Eropa 1972 yang berlangsung di Belgia. Gelar itu semakin sempurna saat ia dinobatkan sebagai top skor turnamen setelah melesakkan total empat gol.

5. Klaus Allofs (Jerman Barat)

10 Pemain Ini Sandingkan Gelar Euro dengan Top Skor TurnamenKlaus Allofs (twitter.com/uefacom_de)

Dilansir situs UEFA, Klaus Allofs menjadi salah satu pemain yang sukses mencetak hat-trick di Euro, tepatnya edisi 1980. Uniknya, tiga gol itu juga membuatnya menjadi top skor. Pencapaian semakin sempurna saat negaranya, Jerman Barat, keluar sebagai juara.

Baca Juga: 5 Rekor yang Berpotensi Terpecahkan pada Piala Eropa 2020, Apa Saja?

6. Michel Platini (Prancis)

10 Pemain Ini Sandingkan Gelar Euro dengan Top Skor TurnamenMichel Platini (foottheball.com)

Euro 1984 menjadi panggung yang sempurna bagi seorang Michel Platini. Selain membawa Prancis merebut titel, pemain yang terkenal bersama Juventus itu juga berhasil menjadi top skor turnamen setelah membuat total 9 gol, sekaligus rekor hingga detik ini.

7. Marco van Basten (Belanda)

10 Pemain Ini Sandingkan Gelar Euro dengan Top Skor TurnamenMarco van Basten (twitter.com/euro2020)

Tahun 1988, giliran Marco van Basten yang bersinar. Penyerang Belanda ini mengantarkan negaranya menjadi juara, sekaligus menyegel gelar top skor dengan lima gol. Gol tendangan volinya di laga final sering disebut sebagai gol terbaik sepanjang sejarah Piala Eropa.

8. Henrik Larsen (Denmark)

10 Pemain Ini Sandingkan Gelar Euro dengan Top Skor TurnamenHenrik Larsen (cultofcalcio.com)

Denmark membuat gempar ketika berhasil menjadi pemenang Euro 1992. Tidak hanya itu, pemain mereka, Henrik Larsen, keluar sebagai top skor dengan tiga gol. Yang lebih hebat lagi, di Tim Dinamit, julukan Denmark, Larsen hanya berposisi sebagai pemain cadangan.

9. David Villa (Spanyol)

10 Pemain Ini Sandingkan Gelar Euro dengan Top Skor TurnamenDavid Villa (marca.com)

Spanyol berhasil merajai gelaran Euro 2008 setelah mengandaskan Jerman dengan skor tipis 1-0 di partai pamungkas. Capaian itu semakin lengkap ketika penyerang mereka, David Villa, menggenggam titel pencetak gol terbanyak turnamen dengan empat gol.

10. Fernando Torres (Spanyol)

10 Pemain Ini Sandingkan Gelar Euro dengan Top Skor TurnamenFernando Torres (twitter.com/euro2020)

Tim Matador sukses mempertahankan gelar Euro pada edisi 2012. Tak hanya itu, striker mereka, Fernando Torres, juga dinobatkan sebagai top skor setelah membungkus tiga gol dan satu assist dengan menit bermain lebih sedikit daripada Mario Gomez (Jerman).

 

Bagi banyak pemain, tujuan utama menjadi pesepak bola tentu saja meraih gelar juara sebanyak-banyaknya, termasuk dengan negara mereka. Jika itu bisa disandingkan dengan gelar top skor, tentu akan menjadi capaian yang luar biasa.

Baca Juga: 7 Momen Paling Tak Terlupakan Sepanjang Sejarah Piala Eropa, Ikonik!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya