Comscore Tracker

6 Pemain Sepak Bola yang 'Balik Kucing' ke Borussia Dortmund

Ada yang sampai dua kali!

Berbicara mengenai pemain yang balik kucing atau kembali pulang ke klub lamanya, sebenarnya, daftarnya bisa sangat panjang. Beberapa nama bahkan cukup populer, sebut saja Zlatan Ibrahimovic yang kembali ke AC Milan atau Paul Pogba yang hijrah dari Juventus ke Manchester United.

Namun, kasus cukup unik dialami oleh Borussia Dortmund. Salah satu klub papan atas Liga Jerman ini dikenal doyan memulangkan kembali mantan pemain mereka. Bahkan, ada beberapa yang sampai dua kali balik kucing ke Die Borussen. Siapa saja mereka?

1. Andreas Moller

6 Pemain Sepak Bola yang 'Balik Kucing' ke Borussia Dortmundbundesliga.com

Perjalanan karier Moller terbilang unik. Ia sempat membela Eintracht Frankfurt pada tahun 1985 sebelum bergabung dengan Dortmund pada 1988. Hanya bertahan tiga tahun, ia balik ke Frankfurt dan lantas mengembara ke Italia bersama Juventus pada tahun 1992.

Di Italia, Moller bertahan hingga 1994 dan akhirnya pulang kampung dan kembali berseragam Dortmund. Di periode keduanya, mantan gelandang Jerman ini sukses mengantarkan klub meraih trofi Liga Champions musim 1996/1997 dengan mengalahkan Juventus di final.

2. Shinji Kagawa

6 Pemain Sepak Bola yang 'Balik Kucing' ke Borussia Dortmundtwitter.com/slowsportsnews

Pemain asal Jepang ini bergabung dengan Dortmund pada musim panas 2010 setelah tampil memikat bersama Cerezo Osaka. Dua musim di Jerman, ia berhasil meraih dua titel Bundesliga dan akhirnya menarik perhatian Manchester United untuk memboyongnya.

Sayangnya, karier Kagawa di Old Trafford tidak berjalan mulus. Walau mampu menyabet trofi Premier League, ia hanya bertahan dua musim sebelum akhirnya comeback ke Dortmund pada Agustus 2014. Saat ini, Kagawa berseragam PAOK FC di Liga Yunani.

Baca Juga: Fakta Margareth Natsuki, Pujaan Hati Pemain Bola Jepang Shinji Kagawa

3. Nuri Sahin

6 Pemain Sepak Bola yang 'Balik Kucing' ke Borussia Dortmundtwitter.com/bvb

Sahin bergabung dengan tim senior Dortmund pada tahun 2005 saat usianya baru 16 tahun. Pada musim 2007/2008, ia sempat dipinjamkan ke Feyenoord sebelum balik ke Dortmund dan sukses mengantarkan klub tersebut meraih titel Bundesliga musim 2010/2011.

Hal itu membuat Real Madrid kepincut dan memboyongnya pada Mei 2011. Sayangnya, ia tidak cukup moncer di Spanyol walau sempat mengecap titel LaLiga. Sempat dipinjamkan ke Liverpool, Sahin akhirnya balik ke Dortmund secara permanen pada April 2014.

4. Marco Reus

6 Pemain Sepak Bola yang 'Balik Kucing' ke Borussia Dortmundtwitter.com/blackyellow

Reus muda berlatih di Dortmund pada medio 1990-an. Kemudian, ia memutuskan pindah ke Rot Weiss Ahlen pada 2006 dan bertahan tiga musim di sana. Setelah itu, gelandang serang ini hijrah ke Borussia Monchengladbach sebelum akhirnya balik ke Dortmund pada 2012.

Dibeli dengam mahar sekitar 17,1 juta euro (Rp290 miliar), Reus adalah bagian skuat Die Borussen yang sukses menembus babak final Liga Champions musim 2012/2013. Sayangnya, mereka gagal jadi kampiun karena takluk 1-2 dari Bayern Munich di partai puncak.

5. Mario Gotze

6 Pemain Sepak Bola yang 'Balik Kucing' ke Borussia Dortmundtwitter.com/deadlinedaylive

Pencetak gol kemenangan Jerman di Piala Dunia 2014 ini adalah produk didikan Borussia Dortmund dan mulai bermain di tim utama pada tahun 2009. Bertahan hingga 2013, Gotze lantas menerima pinangan Bayern Munich karena ingin dilatih oleh Pep Guardiola.

Walau meraih banyak gelar di FC Hollywood, Gotze lebih sering duduk di bangku cadangan daripada bermain. Akhirnya, pada Juli 2016, gelandang tengah ini memutuskan pulang kampung ke Dortmund dan langsung menyumbangkan DFB-Pokal musim 2016/2017.

6. Mats Hummels

6 Pemain Sepak Bola yang 'Balik Kucing' ke Borussia Dortmundespn.co.uk

Selain Andreas Moller, perjalanan karier Mats Hummels juga cukup unik. Ia membela Bayern Munich pada 2007, kemudian pindah ke Dortmund pada 2009. Bertahan hingga 2016, ia kembali ke Munich sebelum akhirnya dibeli lagi oleh Dortmund pada 2019.

Bermain untuk dua klub besar Jerman, Humels akhirnya panen gelar domestik. Ia setidaknya meraih 5 titel Bundesliga, 2 kali DFB-Pokal, dan 6 kali DFL Supercup. Sementara itu, bersama timnas Jerman, Hummels adalah pemenang World Cup 2014.

 

Hal yang wajar jika seorang pemain memutuskan kembali ke pangkuan klub lama. Ada yang memang menganggap tim lawas adalah rumah mereka, ada juga yang ingin menuntaskan misi terpendam.

Baca Juga: 10 Potret Mats Hummels, Bek Borussia Dortmund yang Menawan Abis

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya