6 Pemain Top yang Putus Kontrak pada 2023, Ada Eden Hazard

Nasib orang siapa yang tahu

Nasib orang memang tidak pernah ada yang tahu. Beberapa waktu lalu berada di atas, tidak lama kemudian harus terpuruk. Hal yang sama juga berlaku kepada pemain sepak bola. Entah itu mereka yang baru merintis karier atau yang sudah terkenal dan mengoleksi banyak trofi.

Pada 2023 ini, ada sejumlah pemain bintang yang ternyata harus berpisah dengan klub yang mereka bela. Bukan karena kontrak sudah habis, malainkan karena putus di tengah jalan. Siapa saja para pemain tersebut dan apa alasan mereka didepak dari tim?

Inilah pemain top yang putus kontrak pada 2023!

1. Eden Hazard

6 Pemain Top yang Putus Kontrak pada 2023, Ada Eden HazardEden Hazard (realmadrid.com)

Kabar mengejutkan datang menjelang berakhirnya LaLiga Spanyol 2022/2023. Eden Hazard sepakat memutus kontraknya dengan Real Madrid dan akan berstatus bebas transfer per Juli 2023. Padahal, kontrak gelandang asal Belgia tersebut menyisakan setahun lagi.

Tampil gemilang bersama Chelsea, Hazard diboyong Real Madrid pada Juni 2019. Sayangnya, mantan kapten Timnas Belgia itu gagal memenuhi ekspektasi. Walau bergelimang trofi, termasuk LaLiga dan Liga Champions Eropa, Hazard kesulitan menembus tim utama Los Blancos karena kerap cedera.

2. Jordi Alba

6 Pemain Top yang Putus Kontrak pada 2023, Ada Eden HazardJordi Alba (twitter.com/ChampionsLeague)

Jordi Alba juga menjadi pemain top yang harus mengakhiri karier dengan klubnya setahun lebih cepat. Mantan bek Valencia tersebut setuju memungkas kebersamaan dengan Barcelona pada Mei 2023. Kabarnya, Alba ingin membantu La Blaugrana yang tengah kesulitan finansial.

Bek berpaspor Spanyol ini didatangkan Barcelona pada Juni 2012. Sejak saat itu, ia menyegel pos di sektor kiri pertahanan Barca. Alba turut merasakan treble winners pada 2014/2015. Trofi lainnya yang sukses diraih adalah Supercopa de Espana dan Piala Dunia Antarklub.

3. James Rodriguez

6 Pemain Top yang Putus Kontrak pada 2023, Ada Eden HazardJames Rodriguez (twitter.com/jamesdrodriguez)

James Rodriguez direkrut Real Madrid setelah tampil gemilang di Piala Dunia 2014. Ia dua kali juara Liga Champions bersama El Real. Pemain Timnas Kolombia itu juga pernah memperkuat Bayern Munich dan memenangi Bundesliga Jerman. Sayangnya, setelah itu kariernya menukik tajam.

Didatangkan Everton pada September 2020 dan dikontrak 2 tahun, James meninggalkan klub pada September 2021. Setelah itu, ia bergabung dengan Al-Rayyan, tetapi didepak pada September 2022. Olympiacos lantas meminangnya dengan durasi 2 musim. Namun, pada April 2023, klub Yunani itu memutus kontraknya.

Baca Juga: Eden Hazard, Talenta Emas yang Angkat Martabat Belgia

4. Marcelo

6 Pemain Top yang Putus Kontrak pada 2023, Ada Eden HazardMarcelo (twitter.com/ChampionsLeague)

Sebelum James Rodriguez, Olympiacos menghentikan kerja sama dengan salah satu bek kiri terbaik pada zamannya, Marcelo. Didatangkan pada September 2022 dari Real Madrid, performa pemain asal Brasil tersebut dinilai mengecewakan. Alhasil, pada Februari 2023, kedua pihak setuju untuk berpisah jalan.

Mengawali karier di Fluminese, Marcelo menjadi salah satu bek top saat pindah ke Real Madrid. Selama membela El Real, ia lima kali menjuarai Liga Champions. Marcelo bahkan menyumbang gol saat klubnya melibas Atletico Madrid di laga final Liga Champions 2013/2014.

5. Vincent Aboubakar

6 Pemain Top yang Putus Kontrak pada 2023, Ada Eden HazardVincent Aboubakar (twitter.com/FIFAWorldCup)

Kedatangan Cristiano Ronaldo ke Al-Nassr memakan korban. Vincent Aboubakar harus rela terdepak dari tim asal Arab Saudi tersebut pada Januari 2023. Sejumlah media dan fans berspekulasi bahwa klub terpaksa memutus kontraknya untuk memberi jalan bagi CR7 agar bisa berlaga.

Dalam sebuah wawancara, kapten Timnas Kamerun di Piala Dunia 2022 itu menegaskan bukan CR7 yang menyebabkan dia pergi. Aboubakar menyebut keluarga adalah alasan yang membuatnya hengkang. Saat ini, ia memperkuat klub asal Turki, Besiktas, dengan durasi kontrak 2,5 tahun.

6. Andre Ayew

6 Pemain Top yang Putus Kontrak pada 2023, Ada Eden HazardAndre Ayew (swanseacity.com)

Andre Ayew merupakan pemain top Ghana yang sempat membela Marseille. Bersama Les Olympiens , ia masing-masing dua kali menjuarai Coupe de la Ligue dan Trophee des Champions. Selain di Prancis, Ayew juga pernah menjajal kerasnya English Premier League bersama Swansea City dan West Ham United.

Sempat membela Fenerbahce, Ayew setuju bergabung dengan Al Sadd pada Juli 2021. Namun, pada Januari 2023, klub Qatar itu mendepaknya ketika kontraknya tersisa 5 bulan. Untungnya, ia tidak lama menganggur karena langsung dipinang Nottingham Forest dan kembali berlaga di EPL.

Selain nama-nama di atas, ada Matt Doherty yang juga harus menerima nasib dipecat Tottenham Hotspur pada awal 2023 lalu. Pemain keturunan Indonesia tersebut memang kalah bersaing dengan Emerson Royal. Padahal, dirinya masih terikat kontrak hingga Juni 2024.

Baca Juga: 5 Pelatih Paling Mengandalkan Jordi Alba di Barcelona, Bakal Hengkang

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya