Comscore Tracker

7 Pemain yang Cetak Gol di 2 Final UEFA Champions League

Ada Lionel Messi

Tampil di partai final UEFA Champions League (sering juga disebut Liga Champions Eropa) tentu menjadi impian banyak pemain. Apalagi jika mampu membuat gol dan menghadirkan trofi Si Kuping Besar untuk tim yang dibelanya.

Sejak memakai nama UEFA Champions League pada 1992, sudah banyak pesepak bola yang sukses mencetak gol pada laga puncak kompetisi tersebut. Beberapa di antaranya bahkan mampu mencetak gol dalam dua partai final.

1. Raul Gonzalez

7 Pemain yang Cetak Gol di 2 Final UEFA Champions LeagueRaul Gonzalez (twitter.com/championsleague)

Raul Gonzalez Blanco, demikian nama lengkap pemain ini, tercatat tiga kali membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions Eropa. Namun, raihan pada 1999/2000 dan 2001/2002 terasa spesial karena Pangeran Bernabeu ini menyumbangkan gol pada laga puncak.

Pada final 1999/2000, Raul mencetak salah 1 dari 3 gol kemenangan El Real saat membantai Valencia. Dua musim berselang, ia kembali mencetak gol ketika Los Blancos mengalahkan utusan Jerman, Bayer Leverkusen, dengan skor 2-1 pada partai pemungkas.

2. Samuel Eto'o

7 Pemain yang Cetak Gol di 2 Final UEFA Champions LeagueSamuel Eto'o (twitter.com/championsleague)

Samuel Eto'o menjadi sosok penting dalam kemenangan tipis Barcelona pada laga final Liga Champhions Eropa 2005/2006 kontra Arsenal. Saat itu, golnya mampu menyamakan skor menjadi 1-1, sebelum akhirnya Juliano Belletti membalikkan skor menjadi 2-1.

Tiga musim berselang, penyerang Kamerun ini kembali mengantarkan Barcelona ke laga puncak Liga Champions Eropa untuk menghadapi Manchester United. Ia dan Lionel Messi menjadi penyumbang gol bagi La Blaugrana dalam kemenangan 2-0 atas Setan Merah.

3. Lionel Messi

7 Pemain yang Cetak Gol di 2 Final UEFA Champions LeagueLionel Messi (twitter.com/wearemessi)

Lionel Messi adalah pemain Barcelona lainnya yang dapat membuat gol di dua laga pemungkas UEFA Champions League. Uniknya, penyerang berpaspor Argentina tersebut menjebol gawang tim yang sama di pertandingan puncak, yakni Manchester United.

Pada partai final 2008/2009, gol dari sundulan Messi memastikan kemenangan Barca 2-0 atas Manchester United. Kemudian, pada laga puncak 2010/2011, gol Messi, Pedro, dan David Villa mengandaskan perlawanan Setan Merah dengan skor meyakinkan, 3-1.

Baca Juga: Pindah dari Liverpool, 7 Pemain Ini Raih Trofi UEFA Champions League

4. Cristiano Ronaldo

7 Pemain yang Cetak Gol di 2 Final UEFA Champions LeagueCristiano Ronaldo (twitter.com/championsleague)

Cristiano Ronaldo tidak hanya membuat gol di dua laga final UEFA Champions League, tetapi tiga pertandingan. Saat partai final 2007/2008 kontra Chelsea, ia mencetak gol untuk Manchester United, sebelum akhirnya Setan Merah meraih trofi lewat adu penalti.

Kemudian, ketika membela Real Madrid, CR7 membuat sebiji gol dalam kemenangan 4-1 atas Atletico Madrid pada final 2013/2014. Tiga musim berselang, ia menciptakan dwigol ketikaLos Blancos membantai wakil Italia, Juventus, dengan skor 4-1 pada partai puncak.

5. Sergio Ramos

7 Pemain yang Cetak Gol di 2 Final UEFA Champions LeagueSergio Ramos (twitter.com/championsleague)

Sergio Ramos menjadi sosok kunci saat Real Madrid mengalahkan Atletico Madrid dalam final UEFA Champions League 2013/2014. Golnya pada injury time mampu menyamakan kedudukan 1-1, sebelum akhirnya Los Blancos unggul 4-1 pada babak tambahan waktu.

Dua musim berselang, ia kembali mencetak gol pada laga final UEFA Champions League ke gawang lawan yang sama, yakni Atletico Madrid. El Real akhirnya kembali meraih trofi Si Kuping Besar setelah mengalahkan rival sekota lewat adu penalti.

6. Mario Mandzukic

7 Pemain yang Cetak Gol di 2 Final UEFA Champions LeagueMario Mandzukic (twitter.com/championsleague)

Selain Cristiano Ronaldo, Mario Mandzukic juga mampu membuat gol di dua final Liga Champions Eropa dengan dua tim berbeda. Namun, jika semua gol CR7 berujung trofi untuk timnya, maka striker asal Kroasia ini harus mengalami kegagalan di salah satu laga puncak.

Pada final 2012/2013, Mandzukic menyumbangkan gol saat Bayern Munich mengalahkan Borussia Dortmund 2-1. Empat tahun berselang, sebuah golnya pada laga final tidak cukup membawa Juventus juara karena lawannya, Real Madrid, membalas dengan empat gol.

7. Gareth Bale

7 Pemain yang Cetak Gol di 2 Final UEFA Champions LeagueGareth Bale (twitter.com/garethbale11)

Walau namanya makin tenggelam, kita tentu tidak boleh lupa bahwa Gareth Bale pernah membawa Real Madrid empat kali juara UEFA Champions League. Bahkan, pemain berpaspor Wales ini mampu membuat gol di dua laga final yang dilakoni Los Blancos.

Saat El Real menyikat Atletico Madrid dengan skor telak 4-1 pada partai puncak 2013/2014, Bale turut meyumbang sebiji gol. Kemudian, ia menjebloskan dua gol dalam kemenangan 3-1 Real Madrid atas Liverpool pada pertandingan final 2017/2018.

Tentu saja ada banyak pemain yang bisa menyusul jejak nama-nama di atas dengan membuat gol dalam dua laga final UEFA Champions League. Nama-nama yang cukup berpotensi adalah Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Karim Benzema.

Baca Juga: Rusia Marah UEFA Cabut Status Tuan Rumah Final Liga Champions

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya