Comscore Tracker

8 Pembelian Terbaik Chelsea di Bursa Transfer Januari

Sumbang banyak gelar bagi klub

Setelah sanksi embargo dicabut, Chelsea dikabarkan siap berbelanja pemain pada bursa transfer musim dingin 2019/2020. Sejumlah nama sudah dibidik manajer Frank Lampard untuk meningkatkan kekuatan pasukannya agar bisa bersaing di Liga Inggris.

Sebelumnya, klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut sudah sering membeli pemain pada bulan Januari. Kebanyakan memang harus berakhir flop, namun tidak sedikit yang menyumbangkan kesuksesan bagi klub berseragam biru.

1. Nicolas Anelka

8 Pembelian Terbaik Chelsea di Bursa Transfer Januaribleacherreport.com

Striker keling asal Prancis ini didaratkan Chelsea pada Januari 2008 dari Bolton Wanderes. Di musim perdana, ia gagal menuntaskan tugas sebagai algojo penalti sehingga harus merelakan gelar Liga Champions direbut Manchester United.

Namun, Anelka langsung menebusnya di musim-musim berikutnya. Ia menjadi top skor Liga Inggris 2008/2009 dengan 19 gol, meraih titel Premier League 2009/2010, serta mengecap dua gelar FA Cup di musim 2008/2009 dan 2009/2010.

2. Branislav Ivanovic

8 Pembelian Terbaik Chelsea di Bursa Transfer Januaritalksport.com

Chelsea mendatangkan Ivanovic dari Lokomotiv Moscow pada Januari 2008. Ketika pindah, mungkin banyak yang tidak mengenal pemain ini. Namun, semua berubah saat ia menyegel pos bek kanan di The Blues.

Selama sekitar 9 tahun berseragam Chelsea, Ivanovic mampu meraih banyak trofi bergengsi. Ia tercatat mengecap tiga gelar Liga Inggris, tiga titel Piala FA, satu Liga Champions, satu Piala Liga, dan satu Liga Eropa.

3. Fernando Torres

8 Pembelian Terbaik Chelsea di Bursa Transfer Januarien.as.com

Memang, banyak yang bilang bahwa Torres gagal bersinar bersama Chelsea ketika dipinang pada Januari 2011 dengan nilai transfer termahal Inggris kala itu. Diproyeksikan menjadi juru gedor utama, catatan gol striker Spanyol ini menurun tajam.

Meski begitu, El Nino masih mampu meraih beberapa gelar untuk klub London, seperti Liga Champions 2011/2012 dan Euro League 2012/2013. Yang paling diingat, tentu saja gol spesial yang memupus harapan Barcelona tampil di final Liga Champions 2011/2012.

4. David Luiz

8 Pembelian Terbaik Chelsea di Bursa Transfer Januaribleacherreport.com

Pemain ini datang ke Chelsea pada Januari 2011 dengan durasi kontrak 5,5 tahun. Seketika itu juga, Luiz menjadi idola fans The Blues, dengan karakter yang kuat dan mempermanenkan satu posisi di lini belakang klub.

Ia mampu menyumbangkan banyak gelar, termasuk FA Cup 2011/2012, Liga Champions 2011/2012, dan Liga Eropa 2012/2013. Setelah sempat hijrah ke PSG pada 2014, ia kembali ke Stamford Bridge di tahun 2016 dan meraih trofi Liga Inggris.

Baca Juga: Konsistensi Jadi Masalah, Chelsea Gagal Raih Kemenangan Atas Brighton

5. Gary Cahill

8 Pembelian Terbaik Chelsea di Bursa Transfer Januarifourfourtwo.com

Didatangkan pada Januari 2012, Cahill langsung menjadi pasangan yang klop bagi John Terry. Bek tengah asal Inggris ini bermain dalam 191 partai di Liga Inggris, dengan mencetak 13 gol serta meraih banyak trofi bergengsi.

Cahill dua kali mengecap titel Liga Inggris, dua Piala FA, dua trofi Liga Eropa, serta masing-masing satu Liga Champions dan Piala Liga. Pada Agustus 2019, ia memutuskan pindah ke Crystal Palace dan bereuni dengan mantan manajer Inggris, Roy Hodgson.

6. Nemanja Matic

8 Pembelian Terbaik Chelsea di Bursa Transfer Januaribleacherreport.com

Matic sebenarnya sempat didatangkan Chelsea pada Agustus 2009. Namun, cuma bertahan semusim, ia lantas dipinjamkan ke Vitesse. Kemudian, Chelsea melego pemain ini ke Benfica sebagai bagian dari kesepakatan transfer David Luiz.

Cuma dua tahun di Portugal, Matic kembali lagi ke Chelsea pada Januari 2014 dengan nilai transfer 25 juta euro. Di kesempatan keduanya bersama The Blues, ia sukses meraih gelar Liga Inggris musim 2014/2015 dan musim 2016/2017.

7. Ross Barkley

8 Pembelian Terbaik Chelsea di Bursa Transfer Januaripremierleague.com

Tanggal 5 Januari 2018, Chelsea resmi mendatangkan Ross Barkley dari Everton dengan durasi kontrak 5,5 setengah tahun. Mengenakan nomor punggung 8, pemain timnas Inggris ini lantas menjadi pilihan utama di lini tengah Chelsea.

Di bawah asuhan Maurizio Sarri, Barkley telah menunjukkan potensi yang luar biasa. Sayangnya, tingkahnya di luar lapangan terkadang bikin kesal, seperti ketika terciduk menari tanpa mengenakan baju saat berada di Dubai.

8. Olivier Giroud

8 Pembelian Terbaik Chelsea di Bursa Transfer Januariapnews.com

Pada akhir Januari 2018, Giroud resmi berseragam The Blues setelah lima musim membela Arsenal. Dengan biaya transfer yang tidak disebutkan, penyerang Prancis ini menandatangani kontrak selama 18 bulan bersama The Blues.

Di Chelsea, pemain ini boleh jadi hanya menjadi pilihan kedua untuk mengisi pos lini depan. Namun, ia sering mencetak gol-gol krusial untuk The Blues, termasuk ketika menghancurkan Arsenal 4-1 dalam final Liga Eropa 2018/2019.

Nah, itu tadi deretan pemain yang sempat didaratkan Chelsea pada bursa transfer Januari dan mampu mendatangkan kesuksesan bagi klub. Kira-kira, siapa yang akan menyusul jejak mereka?

Baca Juga: Jahanbakhsh, Menggagalkan Chelsea Pulang dengan 3 Poin

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya