Sempat Hengkang, 6 Penyerang Top Ini Kembali Lagi ke Inter Milan

Gagal move on dari klub lama mereka

Inter Milan dikabarkan sukses membawa pulang kembali Romelu Lukaku dari Chelsea. Bukan dibeli permanen, ia didatangkan lewat skema peminjaman selama satu musim dengan harga cukup hemat, hanya 8 juta euro atau sekitar Rp124 miliar, plus bonus tambahan.

Lukaku bukanlah penyerang pertama yang 'CLBK' dan kembali lagi ke pelukan Inter Milan. Klub berjuluk La Beneamata tersebut sebelumnya sudah beberapa kali mendatangkan kembali mantan striker mereka. Ada yang sukses, tetapi ada pula yang cuma menunggu waktu pensiun.

1. Giuseppe Meazza

Sempat Hengkang, 6 Penyerang Top Ini Kembali Lagi ke Inter MilanGiuseppe Meazza (sempreinter.com)

Giuseppe Meazza adalah legenda Inter Milan. Ia mengawali karier di klub tersebut pada tahun 1927. Bersama I Nerazzurri hingga 1940, Meazza sukses membuat 240 gol dalam 348 pertandingan liga. Hasilnya, ia memberikan tiga titel scudetto dan sekali juara Coppa Italia.

Setelah 13 tahun bersama La Beneamata, Meazza menyeberang ke rival sekota, AC Milan. Sempat juga membela Juventus, Varese, dan Atalanta, Meazza kembali lagi ke Inter Milan pada tahun 1946 sebagai player-coach dan menyelamatkan tim itu dari ancaman degradasi.

2. Carlo Muraro

Sempat Hengkang, 6 Penyerang Top Ini Kembali Lagi ke Inter MilanCarlo Muraro (inter.it)

Bagi fans Inter Milan garis keras, pasti sudah tidak asing lagi dengan Carlo Muraro. Bisa diposisikan sebagai penyerang tengah dan sayap, pemain kelahiran Italia ini membela La Beneamata dalam dua periode, yakni pada 1972 hingga 1981, dan pada 1983 hingga 1985.

Periode awal Muraro di Inter Milan bisa dikatakan sebagai puncak kariernya. Berkiprah selama sembilan musim, ia memainkan 126 pertandingan di liga dan membuat 38 gol. Muraro turut menyumbangkan Coppa Italia musim 1977/1978, dilanjutkan Serie A musim 1979/1980.

Baca Juga: 5 Pemain Mahal yang Membela Inter Milan Saat Ini, Lautaro Tertinggi!

3. Aldo Serena

Sempat Hengkang, 6 Penyerang Top Ini Kembali Lagi ke Inter MilanAldo Serena (inter.it)

Aldo Serena pertama kali bergabung dengan Inter Milan pada tahun 1978. Sayangnya, karier penyerang kelahiran Italia tersebut bersama Il Biscione tidak terlalu gemilang.

Sempat dipinjamkan ke sejumlah tim, ia akhirnya dilepas ke Juventus secara permanen pada tahun 1985. Hanya dua musim berseragam La Vecchia Signora dan merasakan titel Serie A, Serena balik lagi ke Inter Milan.

Periode keduanya terbilang lebih sukses. Ia membuat 45 gol dalam 114 partai liga, memenangkan gelar Serie A, Coppa Italia, Supercoppa Italiana, dan UEFA Cup.

4. Adriano

Sempat Hengkang, 6 Penyerang Top Ini Kembali Lagi ke Inter MilanAdriano (inter.it)

Penggemar Serie A awal 2000-an pasti familiar dengan Adriano. Penyerang asal Brasil itu didatangkan Inter Milan dari Flamengo pada tahun 2001. Sayangnya, ia tidak cukup mengesankan, sempat dipinjamkan ke Fiorentina dan akhirnya dilepas ke Parma pada 2002.

Bersama I Gialloblu, The Emperor, demikian julukannya, tampil menggila. Pada Januari 2004, Inter Milan memutuskan memulangkan kembali sang pemain. Di periode keduanya ini, Adriano membawa Inter Milan empat kali memenangkan Serie A dan dua kali juara Coppa Italia.

5. Hernan Crespo

Sempat Hengkang, 6 Penyerang Top Ini Kembali Lagi ke Inter MilanHernan Crespo (inter.it)

Hernan Crespo resmi berseragam Inter Milan pada Agustus 2002. Namun cuma semusim, penyerang Argentina ini dijual ke Chelsea. Nasibnya di klub London tidak lebih baik. Hanya membuat 12 gol di musim perdana, ia dipinjamkan ke AC Milan sepanjang musim 2004/2005.

Selepas AC Milan, Crespo dipinjamkan ke Inter Milan selama dua tahun. Sebagai pemain pinjaman, ia ternyata mampu membawa La Beneamata menjuarai Serie A. Akhirnya, manajemen Inter Milan mengontraknya pada musim 2008/2009 dan sekali lagi merebut scudetto.

6. Romelu Lukaku

Sempat Hengkang, 6 Penyerang Top Ini Kembali Lagi ke Inter MilanRomelu Lukaku (inter.it)

Romelu Lukaku sebenarnya baru saja pindah ke Chelsea pada awal musim 2021/2022. Sayangnya, ia gagal tampil memuaskan. Penyerang asal Belgia itu cuma mencetak 15 gol di semua kompetisi. The Blues akhirnya meminjamkan Lukaku ke Inter Milan, demikian diberitakan BBC.

Sebelumnya, Lukaku sempat menjadi andalan Inter Milan saat dipinang dari Manchester United pada Agustus 2019. Duetnya bersama Lautaro Martinez membawa La Beneamata merebut trofi Serie A musim 2020/2021. Ia pun dinobatkan sebagai pemain terbaik pada musim tersebut.

 

Menarik ditunggu bagaimana kiprah Lukaku dalam periode keduanya bersama Inter Milan. Apakah ia sanggup menghadirkan kesuksesan lagi bagi Nerazzurri, atau justru melempem?

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Jadi Top Skor Inter Milan, Lautaro Menyusul?

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya