Comscore Tracker

10 Penyerang Top yang Sempat Menerima Trofi Tapiro d'Oro

Gelar apa ini?

Italia ternyata tidak cuma memiliki Bidone d'Oro sebagai gelar lelucon untuk pemain yang tampil buruk. Ada pula Tapiro d'Oro atau Tapir Emas, sebuah penghargaan yang diinisasi salah satu program TV, Stricia La Notizia, dan sudah berlangsung sejak 1996 lalu.

Sebenarnya, Tapiro d'Oro tidak hanya fokus kepada pemain sepak bola. Piala ini juga menyasar politikus, selebritas, tokoh publik, hingga atlet di berbagai cabang olahraga yang dinilai punya performa dan tingkah laku yang buruk, bahkan saat sedang tidak berlaga.

Diberikan setiap minggu, daftar peraih penghargaan ini memang sangat panjang. Bahkan, tidak sedikit pemain bola top yang sempat mendapatkan Tapir Emas ini. Nah, berikut deretan penyerang terkenal yang pernah menerima 'penghargaan prestisius' tersebut.

1. Antonio Cassano

10 Penyerang Top yang Sempat Menerima Trofi Tapiro d'Orotwitter.com/sampdoria_en

Mantan penggawa AS Roma, AC Milan, dan Inter Milan ini sering dianugerahi Tapiro d'Oro. Bahkan, seperti dikutip dari Clubdoria46, penyerang yang sempat membela Real Madrid itu memegang rekor sebagai pesepak bola peraih Tapir Emas terbanyak, yakni 15 kali.

2. Zlatan Ibrahimovic

10 Penyerang Top yang Sempat Menerima Trofi Tapiro d'Orothenationalnews.com

Penyerang Swedia ini merupakan salah satu pemain top yang juga kerap menerima Tapiro d'Oro. Dilansir Football Italia, ia setidaknya sudah enam kali mendapatkan penghargaan tersebut. Paling baru setelah AC Milan kalah 0-3 dari Inter Milan pada Februari 2021.

3. Christian Vieri

10 Penyerang Top yang Sempat Menerima Trofi Tapiro d'Orointer.it

Tidak hanya Bidone d'Oro edisi 2005, Vieri ternyata juga sempat beberapa kali menerima Tapiro d'Oro berkat penampilan buruknya di lapangan. Mantan penyerang timnas Italia itu setidaknya sempat mendapatkan piala pada tahun 2003, 2006, 2007, dan 2011.

4. Ronaldo

10 Penyerang Top yang Sempat Menerima Trofi Tapiro d'Orotwitter.com/inter_latino

Performa Ronaldo memang tidak terlalu gemilang ketika merumput di Serie A, terutama saat membela AC Milan. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian ia juga pernah menerima Tapiro d'Oro, yakni pada tahun 1998, 2007, dan 2008.

Baca Juga: Kandidat Scudetto, 5 Pemain Inter Milan Paling Bersinar Musim Ini

5. Alessandro del Piero

10 Penyerang Top yang Sempat Menerima Trofi Tapiro d'Orojuvefc.com

Mantan penggawa Juventus ini juga sempat mencicipi olok-olokan berupa Tapiro d'Oro. Bahkan, gelar itu diakui sendiri oleh Del Piero dalam akun Facebook resminya. Ia beberapa kali menerima piala tersebut, antara lain tahun 1998, 2000, dan 2008.

6.  Francesco Totti

10 Penyerang Top yang Sempat Menerima Trofi Tapiro d'Orotwitter.com/EuropaLeague

Merupakan legenda hidup AS Roma dan salah satu ujung tombak terbaik yang pernah dimiliki Italia, siapa sangka Totti juga pernah tampil cukup buruk. Pangeran Roma ini akhirnya harus rela menerima trofi Tapiro d'Oro pada tahun 2001 dan 2009.

7. Marco Borriello

10 Penyerang Top yang Sempat Menerima Trofi Tapiro d'Orosempreinter.com

Nama Boriello sempat moncer saat membela Genoa pada musim 2007/2008. Namun,  performanya menurun ketika pindah ke AC Milan dan membuatnya dianugerahi Tapiro d'Oro pada tahun 2008. Setahun kemudian, ia kembali menerima "piala bergengsi" ini.

8. Hernan Crespo

10 Penyerang Top yang Sempat Menerima Trofi Tapiro d'Orointer.it

Meraih sukses bersama Parma dan Lazio, Crespo tampil melempem saat memutuskan hijrah ke Inter Milan pada tahun 2002. Akhirnya, ia pun harus pasrah menerima Tapiro d'Oro pada 2003 setelah cuma bermain 18 partai di liga domestik dan membuat 7 gol.

9. Mario Balotelli

10 Penyerang Top yang Sempat Menerima Trofi Tapiro d'Orotwitter.com/squawka

Walau merumput di Inggris, kehidupan Balotelli ternyata tetap diamati pers Italia. Dilansir Giornale di Brescia, ia menerima Tapiro d'Oro pada tahun 2010 ketika diketahui masuk ke sebuah penjara wanita di Verziano tanpa memiliki izin yang diperlukan.

10. Gonzalo Higuain

10 Penyerang Top yang Sempat Menerima Trofi Tapiro d'Orotwitter.com/europaleague

Pada November 2018 lalu, Higuain mendapatkan Tapiro d'Oro dari Striscia La Notizia. Pasalnya, penyerang Argentina yang kala itu membela AC Milan tampil buruk dalam partai kontra Juventus. Ia mendapatkan kartu merah dan membuat Milan menyerah 0-2.

 

Selain nama-nama di atas, ada beberapa striker papan atas lainnya yang juga sempat merasakan "manisnya" Tapiro d'Oro. Sebut saja Roberto Baggio, Andry Shevchenko, Vincenzo Montella, Alexandre Pato, hingga Perluigi Casiraghi.

Baca Juga: Di Inter Miami CF, Duo Higuain Kembali Bertemu

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya