Rivalitas Sengit, 10 Pertandingan Sepak Bola Ini Dijuluki Laga Klasik

Indonesia juga punya!

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan laga derby yang mempertemukan dua klub satu kota. Namun, pertandingan derby ini ternyata masih kalah panas dibandingkan duel yang mengadu dua kutub sepak bola dalam satu negara yang akhirnya disebut laga klasik.

Ada banyak alasan pertandingan tersebut dikatakan klasik selain prestasi kedua tim, faktor sejarah, budaya, bahkan ada juga alasan politik. Nah, berikut sederet pertandingan bertajuk duel klasik yang paling sering disorot.

1. El Clasico (Real Madrid vs Barcelona)

Rivalitas Sengit, 10 Pertandingan Sepak Bola Ini Dijuluki Laga Klasikfcbarcelona.com

Laga klasik yang mungkin paling populer di dunia. Ada banyak alasan duel Madrid melawan Barca dijuluki El Clasico. Dilansir situs resmi Barcelona, salah satunya karena dua klub ini bergantian menjadi penguasa Liga Spanyol serta paling moncer di Eropa.

2. Le Classique (PSG vs Marseille)

Rivalitas Sengit, 10 Pertandingan Sepak Bola Ini Dijuluki Laga Klasikpsgtalk.com

Pertemuan antara PSG dan Marseille juga kerap disebut laga klasik atau Le Classique dalam istilah setempat. Selain prestasi secara tim, seperti dilansir Bleacher Report, dua klub mewakili dua kota terbesar dan paling berpengaruh di Prancis.

3. De Klassieker (Ajax vs Feyenoord)

Rivalitas Sengit, 10 Pertandingan Sepak Bola Ini Dijuluki Laga Klasikweaintgotnohistory.sbnation.com

Pertemuan antara Ajax dan Feyenoord tidak hanya persaingan di atas lapangan, tetapi juga mewakili kultur dua kota, Amsterdam dan Rotterdam. Amsterdam populer sebagai kota seniman, sedangkan Rotterdam didominasi kaum pekerja, terutama di bidang perkapalan.

Baca Juga: 5 Top Skor Sepanjang Masa Eredivisie Belanda, Siapa Memimpin?

4. Der Klassiker (Bayern Munich vs Borussia Dortmund)

Rivalitas Sengit, 10 Pertandingan Sepak Bola Ini Dijuluki Laga Klasikbundesliga.com

Menurut situs resmi Bundesliga, Der Klassiker awalnya merujuk partai antara Munich versus Monchengladbach. Kemudian, sebutan bergeser ke laga Munich melawan Dortmund setelah prestasi Die Borussen perlahan menanjak sejak dekade 1990-an hingga sekarang.

5. Superclasico (Boca Juniors vs River Plate)

Rivalitas Sengit, 10 Pertandingan Sepak Bola Ini Dijuluki Laga Klasikthesefootballtimes.co

Boca Juniors dan River Plate sama-sama berbasis di Buenos Aires. Bedanya, suporter River Plate didominasi masyarakat kelas atas, sedangkan pendukung Boca Juniors kebanyakan kaum imigran. FourFourTwo menobatkan duel mereka sebagai derby terbesar di dunia.

6. O Classico (Porto vs Benfica)

Rivalitas Sengit, 10 Pertandingan Sepak Bola Ini Dijuluki Laga Klasikbleacherreport.com

O Classico merujuk duel antara Porto dan Benfica, dua klub tersukses di Portugal. Dikutip Footy Fair, rivalitas keduanya bahkan sudah berlangsung lebih dari 100 tahun. Tidak hanya di atas lapangan, persaingan juga meluas ke politik dan budaya.

7. Classico dos Milhoes (Flamengo vs Vasco da Gama)

Rivalitas Sengit, 10 Pertandingan Sepak Bola Ini Dijuluki Laga Klasikcbf.com.br

Disebut pula Derby of Millions, Flamengo dan Vasco da Gama adalah pusat kekuatan sepak bola Brazil. Sama-sama bermarkas di Rio de Janeiro, duel keduanya di Stadion Maracana selalu disesaki penonton. Kedua tim juga kerap bertanding di cabang basket dan renang.

8. California Clasico (LA Galaxy vs San Jose Earthquakes)

Rivalitas Sengit, 10 Pertandingan Sepak Bola Ini Dijuluki Laga Klasikmlssoccer.com

Mempertemukan LA Galaxy dan San Jose Earthquakes, rivalitas tersebut mewakili California Utara dan California Selatan. Duel LA Galaxy dan San Jose Earthquakes dianggap sebagai salah satu persaingan paling bersejarah dalam sepak bola Negeri Paman Sam.

9. El Clasico del Rio Negro (Brazil vs Uruguay)

Rivalitas Sengit, 10 Pertandingan Sepak Bola Ini Dijuluki Laga Klasikthe42.ie

Argentina sering disebut sebagai lawan utama Brazil. Namun, partai klasik justru mempertemukan Brazil dan Uruguay. El Clasico del Rio Negro mengambil nama Sungai Rio Negro yang melintasi kedua negara. Laga paling dikenang tentu saja final Piala Dunia 1950.

10. El Clasico Indonesia (PSMS vs Persib)

Rivalitas Sengit, 10 Pertandingan Sepak Bola Ini Dijuluki Laga Klasiktwitter.com/persib

Duel El Clasico Indonesia kerap diidentikkan dengan laga Persija kontra Persib. Padahal, El Clasio sebenarnya mempertemukan Persib dan PSMS Medan. Pertemuan panas keduanya berlangsung pada dekade 1980-an ketika masih berlaga di kompetisi Perserikatan.

 

Selain duel-duel tersebut, masih ada beberapa pertandingan lain yang juga disebut partai klasik. Misalnya saja El Super Clasico di Meksiko yang mempertemukan America dan Guadalajara atau El Otro Clasico antara Real Madrid melawan Atletico Madrid.

Baca Juga: [BREAKING] Polri Beri Izin Turnamen Pramusim Liga 1 dan Liga 2

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya