5 Rekor Cristiano Ronaldo yang Dipecahkan Lionel Messi

Rekor apa lagi yang diincar?

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sering dianggap sebagai dua pemain bola terbaik di era milenium ketiga. Tak hanya meraih panen gelar bersama klub yang dibelanya, kedua pesepak bola ini juga banjir prestasi individu, termasuk trofi bergengsi seperti Ballon d'Or.

Ronaldo alias CR7 sering menciptakan rekor anyar sepanjang kiprahnya di lapangan hijau. La Pulga, demikian julukan Messi, pun tidak mau kalah. Bahkan, ada beberapa rekor Cristiano Ronaldo yang dipecahkan Lionel Messi, lho. Inilah daftarnya!

1. Sepatu Emas Eropa terbanyak

5 Rekor Cristiano Ronaldo yang Dipecahkan Lionel MessiLionel Messi (fcbarcelona.com)

Pada musim 2017/2018, Messi dinobatkan sebagai pemenang Sepatu Emas Eropa setelah berhasil menceploskan 34 gol untuk Barcelona di kompetisi domestik. Itu adalah raihan kelima La Pulga sekaligus menyalip capaian Ronaldo yang sejauh ini baru merebut empat trofi.

Musim berikutnya, Messi kembali menggondol trofi yang sama setelah membuat 36 gol untuk Barca di LaLiga. Itu menjadikan kapten timnas Argentina tersebut sebagai pemain paling sering meraih gelar bergengsi ini, dengan enam kali merebut Sepatu Emas Eropa.

2. Hat-trick terbanyak di LaLiga

5 Rekor Cristiano Ronaldo yang Dipecahkan Lionel MessiLionel Messi (twitter.com/championsleague)

Pada tahun 2019 lalu, Messi membuat Ronaldo harus kehilangan rekor di kompetisi LaLiga. Dalam laga Barcelona melawan Mallorca pada 8 Desember 2019, ia sukses membuat trigol, sekaligus mengantarkan kemenangan timnya dengan skor mencolok 5-1.

Raihan tersebut menjadikan Messi sebagai pemain dengan hat-trick terbanyak di LaLiga. Ia genap mengumpulkan 35 hat-trick, melewati capaian Ronaldo yang membuat 34 hat-trick saat membela Real Madrid. CR7 sudah tidak bisa menambah catatannya karena pindah ke Juventus.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Performa Terbaik di GW5 UCL, Messi Cetak Rekor Lagi!

3. Gol non-penalti terbanyak

5 Rekor Cristiano Ronaldo yang Dipecahkan Lionel MessiLionel Messi (twitter.com/psgbrasil)

Dalam laga Ligue 1 antara Paris Saint-Germain melawan Lyon pada medio September 2022, Messi berhasil mencetak sebiji gol. Lesakan tersebut tidak hanya mengantarkan kemenangan tipis Les Parisiens atas rivalnya, tetapi juga membuatnya mencetak rekor baru.

La Pulga sukses membuat 672 gol di luar tendangan penalti, sekaligus melampaui lesakan yang ditorehkan CR7 dengan 671 gol non-penalti. Hebatnya lagi, Messi membukukan angka tersebut meskipun baru bermain 150 pertandingan lebih sedikit dari rival abadi asal Portugal tersebut.

4. Gol ke 39 klub berbeda di Liga Champions

5 Rekor Cristiano Ronaldo yang Dipecahkan Lionel MessiLionel Messi (instagram.com/leomessi)

Sebelum lesakan bersejarah ke gawang Lyon, Messi sudah mematahkan rekor gol Ronaldo lainnya di ajang UEFA Champions League. Ia telah mencetak gol ke gawang 39 tim yang berbeda, selama bermain di kompetisi tertinggi antar-klub di Benua Biru tersebut.

Capaian itu tercipta saat superstar asal Argentina tersebut membuat satu gol dalam kemenangan 3-1 Paris-Saint Germain melawan Maccabi Haifa pada 15 September 2022. Adapun Ronaldo baru membuat gol ke gawang 38 klub yang berbeda di kompetisi yang sama.

5. Gol terbanyak dari luar kotak penalti di Liga Champions

5 Rekor Cristiano Ronaldo yang Dipecahkan Lionel MessiLionel Messi (instagram.com/leomessi)

Maccabi Haifa kembali menjadi media bagi Messi untuk menyalip rekor yang dipegang Ronaldo. Dalam laga 26 Oktober 2022 dini hari WIB itu, ia menyumbangkan dua gol dan mengantarkan Paris Saint-Germain menghancurkan tamunya dengan skor telak 7-2.

Salah satu gol yang dilesakkan Messi berasal dari luar kotak penalti. Total, ia sudah menghasilkan 23 gol dari luar kotak 16 selama berlaga di kompetisi UEFA Champions League, sekaligus mematahkan rekor yang dipegang Ronaldo yang menghasilkan 22 gol.

Masih ada beberapa rekor Cristiano Ronaldo yang dipecahkan Lionel Messi. Paling dekat adalah jumlah assist terbanyak di UEFA Champions League, dengan CR7 membuat 42 assist, sedangkan Messi sudah menghasilkan 39 assist. Bisakah Leo melampauinya?

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Catat Rekor Bareng Manchester United, Fenomenal!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya