Comscore Tracker

Masuk Premier League Hall of Fame, Ini 7 Rekor Keren Alan Shearer

Namanya adalah gol, gol, dan gol

Penyerang legendaris Newcastle United dan Timnas Inggris, Alan Shearer, baru saja meraih Premier League Hall of Fame. Dikutip dari BBC, ia adalah peraih pertama penghargaan prestisius tersebut bersama mantan ujung tombak Arsenal asal Prancis, Thierry Henry.

Memilih nama Shearer memang tidak salah. Pasalnya, sebagai juru gedor, prestasinya memang sangat mentereng. Selain pernah merebut trofi Premier League, pria yang sempat menjadi pelatih itu juga banjir rekor. Apa saja rekor yang sempat dipecahkannya?

1. Pencetak gol terbanyak sepanjang masa Premier League 

Masuk Premier League Hall of Fame, Ini 7 Rekor Keren Alan Shearertwitter.com/optajoe

Hingga detik ini Alan Shearer masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Premier League. Selama berkarier sejak musim 1992/1993 hingga pensiun pada musim 2005/2006, ia total menceploskan 260 gol di kompetisi teratas Inggris.

Dikutip dari situs resmi Premier League, dari sepuluh besar top skor sepanjang masa, hanya Sergio Aguero dan Harry Kane yang saat ini masih aktif bermain. Selebihnya, seperti Wayne Rooney, Andrew Cole, Frank Lampard, dan Thierry Henry sudah gantung sepatu.

2. Rekor gol terbanyak Premier League dalam satu musim

Masuk Premier League Hall of Fame, Ini 7 Rekor Keren Alan Shearerthe42.ie

Shearer tercatat tiga kali merebut gelar top skor Premier League. Ia menorehkan catatan tersebut pada musim 1994/1995, 1995/1996, dan 1996/1997. Khusus untuk edisi 1995/1996, Shearer sukses membuat 34 gol, sekaligus rekor terbanyak hingga detik ini.

Nama Shearer bersanding dengan Andrew Cole (Andy Cole). Mantan penyerang Manchester United itu juga menorehkan 34 gol pada musim 1993/1994. Kala itu, Cole meraihnya ketika berseragam Newcastle United. Uniknya, Shearer membuntuti di posisi kedua dengan 31 gol.

3. Top skor dua musim beruntun dengan dua klub berbeda 

Masuk Premier League Hall of Fame, Ini 7 Rekor Keren Alan Shearernewsletter.co.uk

Di era Premier League, memang sudah ada sejumlah pemain yang mampu meraih top skor liga dalam dua musim beruntun. Namun, kasus Alan Shearer tergolong unik. Pasalnya, penyerang kelahiran Newcastle tersebut melakukannya bersama dua klub yang berbeda.

Pada musim 1995/1996, ia membuatnya ketika berseragam Blackburn Rovers. Semusim berikutnya, Shearer kembali merebut sepatu emas bersama Newcastle United. Di era Premier League, catatannya hanya bisa disamai Robin van Persie (Arsenal dan Manchester United).

Baca Juga: 10 Pelatih Termuda dalam Sejarah Premier League, Ryan Mason Terbaru!

4. Paling cepat cetak 100 gol di Premier League 

Masuk Premier League Hall of Fame, Ini 7 Rekor Keren Alan Shearerthesun.co.uk

Alan Shearer hingga saat ini masih tercatat sebagai pemain tercepat yang membukukan 100 gol di pentas Premier League. Penyerang dengan selebrasi mengangkat tangan sambil berlari ini cuma membutuhkan 124 pertandingan untuk mengukir angka tersebut.

Di posisi kedua, ada Harry Kane yang meraih 100 gol setelah menempuh 141 pertandingan. Nama Kane dibuntuti Sergio Aguero yang membuat 100 gol pada penampilannya yang ke-147. Setelah itu, Thierry Henry melakukannya pada laga ke-160 bersama Arsenal.

5. Pemain pertama yang membuat 100 gol di Premier League 

Masuk Premier League Hall of Fame, Ini 7 Rekor Keren Alan Shearerinstagram.com/theroversreport

Raihan 100 gol tersebut ternyata menghasilkan tinta emas lainnya bagi Alan Shearer. Ia adalah pesepak bola pertama yang mampu menembus 100 gol sejak kompetisi teratas Liga Inggris mengusung nama Premier League pada musim 1992/1993.

Shearer membuat angka ke-100 pada musim 1995/1996 ketika membela Blackburn Rovers. Menjadi musim terakhirnya bersama klub berjuluk Blue and Whites, ia total menyumbangkan 112 gol dalam 138 laga domestik sebelum hijrah ke Newcastle United.

6. Paling banyak bikin gol penalti di Premier League

Masuk Premier League Hall of Fame, Ini 7 Rekor Keren Alan Shearertwitter.com/optajoe

Banyak yang mengatakan bahwa gol dari penalti adalah keberuntungan, bahkan hadiah. Padahal, membuat angka dari titik putih ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Nama-nama besar seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pun pernah gagal.

Nah, untuk urusan tendangan 12 pas ini, nama Alan Shearer bisa dikatakan jagoan. Dikutip dari Talksport, ia sukses membuat 56 gol dalam 67 kesempatan atau 83,6 persen. Catatan tersebut sekaligus menjadikannya pencetak gol penalti terbanyak di Premier League.

7. Pernah memecahkan rekor transfer dunia

Masuk Premier League Hall of Fame, Ini 7 Rekor Keren Alan Shearertwitter.com/euro2020

Tidak banyak yang tahu bahwa Alan Shearer ternyata pernah memecahkan rekor transfer dunia. Pada Juli 1996, Newcastle United memutuskan memboyong sang pemain dari Blackburn Rovers dengan mahar sebesar 15 juta poundsterling (Rp300 miliar dengan kurs sekarang).

Di Newcastle United, Shearer langsung menjadi sosok legenda. Walaupun gagal memberikan gelar untuk The Magpies selama 10 tahun pengabdiannya, ia telanjur dicintai fans. Hingga detik ini, Shearer adalah top skor sepanjang masa bagi klub dengan 206 gol.

 

Selain rekor-rekor di atas, Shearer juga mencapai torehan manis lainnya. Ia adalah pencetak gol terbanyak Newcastle United di pentas Eropa dengan 30 gol serta sukses 227 kali membuat angka dari dalam kotak penalti di ajang Premier League. Shearer memang super!

Baca Juga: Alan Shearer Sarankan Man United Rekrut Sancho, Grealish, dan Kane

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya