Fantastis, 7 Rekor Kiper Ini Agaknya Sangat Susah Dipatahkan

Rekornya belum ada yang menandingi nih!

Di era sepak bola modern, kiper tidak cuma bisa bertugas menjaga gawang agar tidak kebobolan. Mereka juga bisa berfungsi sebagai pemain awal untuk melancarkan serangan. Bahkan, tidak sedikit yang menjadi pemimpin tim dalam sebuah pertandingan.

Saat ini mungkin menemukan nama kiper yang andal tidaklah sulit. Namun, bagaimana jika penjaga gawang tersebut ternyata mampu mencetak rekor yang diakui secara internasional? Inilah deretan rekor seorang kiper yang mungkin susah untuk dipatahkan.

1. Kiper dengan catatan gol terbanyak

Fantastis, 7 Rekor Kiper Ini Agaknya Sangat Susah Dipatahkanindependent.co.uk

Dengan tugas utama menjaga gawang, sulit bagi kiper untuk mencetak gol. Namun, ini tidak berlaku untuk Rogerio Ceni. Pemain asal Brazil itu bahkan menjadi kiper dengan catatan gol terbanyak, yakni 131 gol selama 1.256 partai dalam 23 tahun karier profesionalnya.

2. Kiper cetak gol terjauh

Fantastis, 7 Rekor Kiper Ini Agaknya Sangat Susah Dipatahkangoal.com

Asmir Begovic tercatat sebagai kiper sekaligus pemain yang mampu mencetak gol terjauh dalam partai resmi, menurut Guinness World Records. Ia mencatat gol dari jarak 91,9 meter saat timnya, Stoke City, bersua Southampton pada bulan November 2014 silam.

Baca Juga: Oblak Kalahkan Alisson, Ini 10 Kiper Termahal di Dunia Saat Ini

3. Kiper peraih Ballon d'Or

Fantastis, 7 Rekor Kiper Ini Agaknya Sangat Susah Dipatahkansquawka.com

Ballon d'Or merupakan penghargaan prestisius yang diidamkan banyak pemain. Mayoritas peraih gelar ini adalah striker dan gelandang. Untuk kiper, Lev Yashin masih menjadi satu-satunya penjaga gawang yang memenangkan anugerah itu pada tahun 1963.

4. Kiper aktif bermain dalam empat dekade

Fantastis, 7 Rekor Kiper Ini Agaknya Sangat Susah Dipatahkandailymail.co.uk

Tidak banyak pemain bola yang mampu bermain selama empat dekade, namun Gianluigi Buffon adalah pengecualian. Sejak debut di Parma, kiper asal Italia itu sudah bermain di kompetisi level atas pada dekade 1990-an, 2000-an, 2010-an, hingga tahun 2020.

5. Kiper tertua tampil di Piala Dunia

Fantastis, 7 Rekor Kiper Ini Agaknya Sangat Susah Dipatahkanegyptindependent.com

Pada Piala Dunia 2018 lalu, Essam El Hadary menorehkan rekor tersendiri. Kiper timnas Mesir itu tercatat sebagai penjaga gawang sekaligus pemain tertua yang pernah bermain di Piala Dunia. Saat tampil melawan Arab Saudi, ia genap berusia 45 tahun 161 hari.

6. Penyelamatan terbanyak di pertandingan Piala Dunia

Fantastis, 7 Rekor Kiper Ini Agaknya Sangat Susah Dipatahkannytimes.com

Amerika Serikat memang kalah lawan Belgia dalam partai Piala Dunia 2014 lalu. Namun, sang kiper, Tim Howard, mampu melakukan 16 kali penyelamatan dalam pertandingan tersebut, sekaligus rekor baru dalam Piala Dunia sejak pencatatan dimulai tahun 1966.

7. Clean sheet terpanjang di Piala Dunia

Fantastis, 7 Rekor Kiper Ini Agaknya Sangat Susah Dipatahkanfifa.com

Kiper asal Italia, Walter Zenga, berhasil mengamankan gawangnya dari kebobolan selama 517 menit atau 5 partai beruntun pada Piala Dunia 1990 di rumah sendiri. Rekor tersebut sempat didekati kiper Spanyol, Iker Casillas, pada Piala Dunia 2014 lalu, namun gagal.

Nah, itu tadi deretan kiper yang sukses membuat rekor keren dan mungkin susah dipatahkan dalam waktu dekat. Jadi, bukan cuma striker dan pemain tengah yang bisa membuat rekor-rekor fantastis di lapangan hijau.

Baca Juga: 11 Pemain Terbaik Versi Andriy Shevchenko, Tanpa CR7!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya