Sebelum Piala Menpora, Ini 8 Turnamen Pramusim yang Juga Bergengsi

Ajang ukur kekuatan sebelum kompetisi

Untuk mengukur kekuatan tim sebelum terjun di kompetisi resmi, jamak digelar turnamen pramusim, tidak terkecuali di Indonesia. Pada tahun 2021 ini, diadakan Piala Menpora sebagai ajang unjuk gigi dan persiapan klub-klub menyongsong kompetisi liga.

Sebelum Piala Menpora 2021, sebenarnya sepak bola Indonesia memiliki banyak turnamen pramusim yang bergengsi. Ada yang dikelola klub, ada pula yang ditangani langsung oleh PSSI selaku induk sepak bola tanah air. Apa saja turnamen tersebut dan siapa juaranya?

1. Piala Emas Bang Yos

Sebelum Piala Menpora, Ini 8 Turnamen Pramusim yang Juga Bergengsiinstagram.com/thekillermerch

Ini adalah turnamen pramusim yang sempat booming pada awal milenium ketiga. Turnamen ini diselenggarakan Persija Jakarta dan mendapatkan dukungan dari Gubernur DKI Jakarta kala itu, Sutiyoso, yang kebetulan menjadi pembina tim Macan Kemayoran.

Yang unik, seperti dikutip dari situs resmi Persija, tim tersukses di turnamen ini justru bukan The Jak selaku tuan rumah. PSMS Medan malah yang paling sering berjaya, tiga kali merebut juara. Sayangnya, turnamen ini berlangsung singkat, cuma 2003 hingga 2006.

2. Piala Gubernur Jatim

Sebelum Piala Menpora, Ini 8 Turnamen Pramusim yang Juga Bergengsitwitter.com/Bolalob

Seperti Piala Emas Bang Yos, Piala Gubernur Jatim juga merupakan turnamen pramusim yang ngetop di awal tahun 2000-an. Bedanya, jika Piala Emas Bang Yos berlangsung singkat, Piala Gubernur Jatim masih tetap eksis, setidaknya hingga tahun 2020 kemarin.

Pertama kali diadakan pada 2002, turnamen ini sempat vakum pada 2015 hingga 2019 dan hadir kembali pada Februari 2020. Dalam 13 kali gelaran, Persik Kediri dan Persela Lamongan masih menjadi tim yang paling sering juara, masing-masing sebanyak lima kali.

3. Inter Island Cup

Sebelum Piala Menpora, Ini 8 Turnamen Pramusim yang Juga Bergengsitwitter.com/GOAL_ID

Inter Island Cup atau Piala Antar-Pulau pertama kali bergulir pada tahun 2010 silam. Dikelola langsung oleh PSSI, turnamen pramusim ini merepresentasikan tim terbaik dari lima pulau utama Indonesia, yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Sriwijaya FC menjadi klub tersukses turnamen dengan raihan dua trofi juara. Sementara, Persipura dan Arema FC masing-masing sekali juara. Dalam sejarahnya, turnamen ini memang cuma berlangsung empat kali karena terjadi kisruh di PSSI sekitar tahun 2015.

4. Piala Presiden

Sebelum Piala Menpora, Ini 8 Turnamen Pramusim yang Juga Bergengsiinstagram.com/persib

Diadakan pertama kali pada tahun 2015, turnamen ini bertujuan untuk mengisi kekosongan saat PSSI menerima sanksi FIFA. Saat itu, Persib Bandung dinobatkan sebagai juara setelah mengandaskan perlawanan Sriwijaya FC di partai pamungkas dengan skor 2-0.

Sempat diganti Indonesian Soccer Championship pada tahun 2016, turnamen ini kembali bergulir pada tahun 2017. Kala itu, Arema FC tampil sebagai kampiun. Edisi berikutnya, giliran Persija yang mengecup trofi. Pada tahun 2019, tim Singo Edan kembali berjaya.

Baca Juga: Persita Siapkan Pemain Muda di Turnamen Pramusim

5. Piala Jenderal Sudirman

Sebelum Piala Menpora, Ini 8 Turnamen Pramusim yang Juga Bergengsitwitter.com/MitraKukar

Turnamen pramusim yang mengambil nama dari salah satu pahlawan nasional ini dibuka pada tanggal 10 November 2015. Berlangsung selama sekitar tiga bulan, partai final mempertemukan Semen Padang dan Mitra Kukar yang dimenangkan Mitra Kukar.

Dilansir dari situs resmi TNI, Piala Jenderal Sudirman kala itu diikuti oleh 15 kesebelasan. Partai puncak sendiri sengaja dihelat pada tanggal 24 Januari 2016, yang bertepatan dengan tanggal kelahiran Jenderal Soedirman, panglima TNI pertama.

6. Bhayangkara Cup

Sebelum Piala Menpora, Ini 8 Turnamen Pramusim yang Juga BergengsiYouTube/Indonesia Morning Show NET

Jika TNI punya Piala Jenderal Sudirman, maka Kepolisian RI tidak mau kalah dengan menggelar Bhayangkara Cup. Diadakan pada 2016, turnamen bernama resmi Torabika Bhayangkara Cup ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-70.

Saat itu, ada 10 klub yang turut serta dalam turnamen ini. Akhirnya, Arema FC berhasil merebut trofi setelah menghentikan perlawanan Persib Bandung di babak puncak. Tim Singo Edan unggul 2-0 lewat sumbangsih gol Raphael Maitimo dan Sunarto.

7. Bali Island Cup

Sebelum Piala Menpora, Ini 8 Turnamen Pramusim yang Juga Bergengsiinstagram.com/aremajuara1

Seperti namanya, turnamen ini diselenggarakan di Bali. Pertama kali digelar pada tahun 2015, format kompetisi awalnya adalah setengah turnamen. Hasilnya, Arema menjadi kampiun dua edisi beruntun setelah mampu bertengger di puncak klasemen.

Kemudian, pada tahun 2017, format diubah menyerupai Trofeo TIM di Italia. Mengusung nama Trofeo Bali Island Cup, turnamen mempertemukan tiga tim, yakni Bali United, Celebest FC, dan 757 Kepri Jaya FC. Hasilnya, tuan rumah sukses merengkuh gelar.

8. Piala Gubernur Kaltim

Sebelum Piala Menpora, Ini 8 Turnamen Pramusim yang Juga Bergengsitwitter.com/GOAL_ID

Jika di Jawa ada Piala Gubernur Jatim, maka Pulau Borneo juga memiliki Piala Gubernur Kaltim. Namun, turnamen pramusim tersebut sejauh ini masih diselenggarakan dua kali, yakni pertama pada tahun 2016 dan yang kedua pada tahun 2018.

Pada edisi pertama, seperti dikutip dari akun Facebook resminya, Borneo FC menjadi juara setelah mengalahkan Madura United 1-0 di laga puncak. Dua tahun berselang, giliran Sriwijaya FC yang mengangkat trofi usai mengandaskan Arema FC 3-2 di partai final.

Selain daftar di atas, ada sejumlah turnamen pramusim lainnya yang juga sempat dihelat di Indonesia. SCM Cup misalnya, yang digelar pada tahun 2015 dan Trofeo Bhayangkara yang dilaksanakan pada tahun 2017. Kedua turnamen ini dimenangkan oleh Arema.

Baca Juga: Posisi Sentral Pramusim Liga 1 Jadi Contoh di Masa Pandemi

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya