Comscore Tracker

Pantang Menyerah, 6 Klub Eropa Timur Ini Pernah Juarai Turnamen Eropa

Didominasi Rusia dan Ukraina

Klub Eropa Timur kerap dipandang sebelah mata, terutama dalam turnamen Eropa seperti Liga Champions atau Liga Europa. Bahkan, klub-klub tersebut hanya dianggap sebagai pelengkap dan menjadi bulan-bulanan tim Eropa Barat.

Namun, siapa sangka jika klub asal negara Eropa Timur dahulunya juga tak kalah berprestasi dan memiliki kapabilitas untuk menjuarai turnamen Eropa. Meskipun ajang tersebut dikenal sebagai turnamen dengan persaingan ketat.

Mungkin, sebagian dari kamu belum tahu beberapa klub asal Eropa Timur yang punya prestasi di tingkat Eropa. Maka dari itu, kamu harus menyimak daftar klub berikut ini.

1. Red Star Belgrade

Pantang Menyerah, 6 Klub Eropa Timur Ini Pernah Juarai Turnamen Eropaskuad Red Star Belgrade (instagram.com/crvenazvezdafk)

Red Star Belgrade atau Crvena Zvezda dikenal sebagai salah satu klub raksasa Serbia. Meskipun saat ini klub asal ibu kota Belgrade itu belum pernah menjuarai turnamen Eropa, tetapi Red Star Belgrade pernah menjuarai Liga Champions pada 1991. Kala itu, Red Star Belgrade berhasil menundukkan Marseille lewat adu penalti.

Setelah itu, prestasi Red Star Belgrade mengalami penurunan di kancah Eropa. Mereka hanya pernah masuk ke dalam babak penyisihan grup Liga Champions dan babak gugur Liga Europa. Meski begitu, Red Star Belgrade tetap menjadi tim terpopuler di Serbia. Mereka menjadi lawan utama Partizan.

2. FC Steaua Bucuresti

Pantang Menyerah, 6 Klub Eropa Timur Ini Pernah Juarai Turnamen Eropaskuad FC Steaua Bucuresti (instagram.com/steauaofficial)

Klub Eropa Timur lain yang pernah menjuarai turnamen Eropa adalah FC Steaua Bucuresti. Klub asal Rumania itu pernah menjadi juara Liga Champions Eropa 1985/1986 yang dahulunya bernama European Cup. Selain itu, Steaua Bucuresti juga pernah menjadi runner-up Eropean Cup 1988/1989.

Sayangnya, kini klub asal Bucharest itu cenderung mengalami penurunan dan gagal masuk dalam turnamen Eropa. Bahkan, Steaua Bucuresti juga kalah bersaing dengan CFR Cluj yang kerap menjuarai Liga Rumania dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: 10 Pemain Liga Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

3. CSKA Moscow

Pantang Menyerah, 6 Klub Eropa Timur Ini Pernah Juarai Turnamen Eropaskuad CSKA Moscow (instagram.com/pfc_cska)

CSKA Moscow termasuk salah satu klub besar yang sudah malang melintang di persepakbolaan Eropa. Klub asal ibu kota Rusia itu pernah menjuarai turnamen UEFA Cup yang kini bernama Liga Europa pada 2004/2005. Mereka juara setelah mengalahkan Sporting Lisbon pada partai final.

Meski pernah menjadi salah satu klub besar di Eropa, CSKA Moscow cenderung mengalami penurunan musim ini. Mereka gagal menembus turnamen Eropa. Bahkan, klub itu juga kalah bersaing dengan Zenit, Lokomotiv, dan Dynamo Moscow di liga domestik.

4. Zenit St Petersburg

Pantang Menyerah, 6 Klub Eropa Timur Ini Pernah Juarai Turnamen Eropaskuad Zenit Saint Petersburg (instagram.com/zenit_spb)

Masih dari Rusia, terdapat klub Zenit Saint Petersburg yang juga pernah menjadi klub nomor satu di Eropa. Klub asal Saint Petersburg itu sebelumnya menjuarai UEFA Cup atau Liga Europa 2007/2008. Mereka berhasil mengandaskan Rangers dengan skor 2-0. 

Hingga kini, Zenit masih menjadi salah satu klub raksasa di Rusia yang berturut-turut menjuarai Liga Premier Rusia. Klub yang dimiliki perusahaan Gazprom itu kini sudah berhasil masuk ke dalam fase grup Liga Champions.

5. Shakhtar Donetsk

Pantang Menyerah, 6 Klub Eropa Timur Ini Pernah Juarai Turnamen Eropapemain Shakthar Donetsk (instagram.com/fcshakhtar)

Shakhtar Donetsk adalah salah satu klub Ukraina yang pernah menjuarai UEFA Cup 2009 setelah mengandaskan Werder Bremen dengan skor tipis 2-1. Klub asal Donetsk ini juga menjadi langganan juara Liga Ukraina dan menjadi lawan utama dari Dynamo Kiev. 

Musim ini, klub raksasa Ukraina ini juga berhasil masuk ke dalam fase grup Liga Champions. Sayangnya, klub itu harus berada satu grup dengan Real Madrid dan Inter Milan yang membuat kemungkinan lolos ke fase gugur makin kecil. 

6. Dynamo Kyiv

Pantang Menyerah, 6 Klub Eropa Timur Ini Pernah Juarai Turnamen Eropaskuad klub Dynamo Kyiv (instagram.com/fc_dynamo_kyiv)

Terakhir, ada Dynamo Kyiv yang masuk dalam jajaran klub raksasa Ukraina. Klub asal Kyiv itu mampu menjuarai Piala UEFA dua kali, tepatnya pada 1975 dan 1986. Akan tetapi, saat itu, Ukraina masih menjadi bagian dari Uni Soviet. 

Sampai saat ini, Dynamo Kyiv tetap menjadi klub besar di Ukraina yang kerap menjuarai liga domestik. Sayangnya, untuk penampilannya di turnamen Eropa, tim ini kurang terlihat garang dan sering kali menjadi pelengkap Liga Champions dan Liga Europa. 

Pastinya, sekarang kamu sudah tahu klub Eropa Timur mana saja yang pernah menjuarai turnamen Eropa. Kira-kira adakah di antara kamu yang berani mengaku sebagai penggemar klub di atas?

Baca Juga: 5 Pelatih yang Pernah Menangi Liga Champions dan Europa League, Hebat!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya