Comscore Tracker

6 Pesepak Bola Swedia yang Berlatar Belakang Imigran

Buktikan bahwa imigran tetap bisa berprestasi

Saat ini, negara-negara Eropa tengah menjadi negara tujuan imigran lantaran kemajuan dan kesejahteraannya. Banyak imigran dari berbagai negara berbondong-bondong masuk ke Eropa demi mencari kehidupan layak. 

Salah satu negara Eropa yang menjadi tujuan para imigran adalah Swedia. Tak heran bila kini terdapat sejumah warga Swedia yang memiliki keturunan selain etnis Nordik, baik dari Balkan, Afrika, maupun Timur Tengah.

Meskipun imigran kerap dipandang sebelah mata, terdapat di antara mereka yang sukses dan tak kalah dibanding warga asli Swedia. Termasuk di antaranya pemain sepak bola berkebangsaan Swedia, tetapi memiliki darah imigran.

Mungkin, sebagian dari kalian belum mengetahui beberapa kiprah pesepak bola Swedia yang berlatar belakang imigran. Maka dari itu, langsung simak daftarnya berikut ini!   

1. Robin Quaison

6 Pesepak Bola Swedia yang Berlatar Belakang ImigranRobin Quaison bersama timnas Swedia. (instagram.com/quaisonfoundation)

Pertama terdapat pesepak bola Swedia bernama Robin Quaison. Pemain berusia 28 tahun itu memiliki kewarganegaraan Swedia lantaran lahir dan besar di Stockholm, tetapi ia diketahui memiliki darah Ghana dari ayahnya dan Swedia dari ibunya. 

Pemain yang memiliki posisi sebagai penyerang ini sudah membela timnas Swedia sejak 2013 lalu. Pada 2021, Quaison memutuskan untuk membela klub Arab Saudi, Al-Ettifaq, tetapi sebelumnya pernah berseragam FSV Mainz, Palermo, dan AIK Solna. 

2. Dejan Kulusevski

6 Pesepak Bola Swedia yang Berlatar Belakang ImigranDejan Kulusevski saat membela Juventus. (instagram.com/dejan.k10)

Ada juga wonderkid Swedia bernama Dejan Kulusevski, yang kini membela klub raksasa Serie A, Juventus, sejak 2020 silam. Pemain berusia 21 tahun itu diketahui lahir dan besar di Stockholm, tetapi kedua orangtuanya berasal dari Makedonia Utara, bahkan ia pernah membela skuad muda tim asal Balkan itu.

Pesepak bola kelahiran 25 April 2000 tersebut sudah berada di Italia sejak 2016 lalu usai dibeli Atalanta dari IF Bromma. Namun, karena belum mendapatkan tempat utama dalam skuad La Vecchia Signora, ia sempat dipinjamkan ke Parma selama satu musim.

Baca Juga: 10 Fakta Alexander Isak, Wonderkid Swedia yang Kaya Talenta

3. Kerim Mrabti

6 Pesepak Bola Swedia yang Berlatar Belakang ImigranKerim Mrabti kala berseragam Birmingham City. (instagram.com/kmrabti)

Kerim Mrabti adalah salah satu pesepak bola asal Swedia yang memiliki latar belakang imigran. Memiliki nama yang tidak berunsur Skandinavia, pasti banyak yang mengira ia bukan berasal dari Swedia. Namun, pemain bola kelahiran Nacka itu sebenarnya memiliki darah campuran antara Tunisia dari ayahnya dan Swedia dari ibunya.

Saat ini, pemain bola berusia 27 tahun itu tengah memperkuat klub Belgia, KV Mechelen sejak 2020. Sebelumnya, pesepak bola yang berposisi sebagai striker ini pernah membela Birmingham City dan Djurgarden.

4. Alexander Milošević

6 Pesepak Bola Swedia yang Berlatar Belakang ImigranAlexander Milosevic saat berseragam AIK Solna. (instagram.com/milosevicalex)

Tak ketinggalan, ada pesepak bola bernama Alexander Milošević, yang sesuai namanya menunjukkan bahwa ia bukan sepenuhnya berasal dari Swedia. Pemain kelahiran 1993 itu memiliki darah campuran antara Serbia dari ayahnya dan Swedia/Finlandia dari ibunya. 

Pemain yang berposisi sebagai center back tersebut kini sedang memperkuat klub Swedia, AIK Solna. Namun, pemain berpostur tinggi itu sudah malang melintang bermain di liga Eropa, baik Swedia, Inggris, Turki dan Jerman.

5. Branimir Hrgota

6 Pesepak Bola Swedia yang Berlatar Belakang ImigranBranimir Hrgota saat membela Eintrach Frankfurt (instagram.com/branimirhrgota)

Berikutnya ada Branimir Hrgota yang merupakan pemain bola berkebangsaan Swedia yang lahir di Bosnia-Herzegovina. Meskipun lahir di Bosnia, tetapi orangtua Hrgota berasal dari etnis Kroasia yang melarikan diri dari konflik di negaranya dan memutuskan pindah ke Swedia ketika ia masih kecil.

Pemain berusia 28 tahun itu kini membela klub Jerman Greuther Fürth sejak 2019. Namun, Hrgota sudah berkiprah di Bundesliga sejak 2012, dan sempat membela klub Borussia Monchengladbach dan Eintracht Frankfurt.

6. Alexander Isak

6 Pesepak Bola Swedia yang Berlatar Belakang ImigranAlexander Isak saat membela timnas Swedia. (instagram.com/alex_isak)

Terakhir, ada pemain andalan timnas Swedia, Alexander Isak. Pemain sepak bola berusia 22 tahun  itu memiliki latar belakang imigran dari kedua orangtuanya yang berasal dari Eritrea. Meski kedua orangtuanya bukan asli Swedia, tetapi Isak lahir dan dibesarkan di Solna, Swedia.

Pesepak bola yang berposisi sebagai striker itu kini menjadi andalan pengisi lini depan Real Sociedad. Sebelum berlabuh ke Spanyol, Isak pernah membela beberapa seperti Borussia Dortmund, Willem II, dan AIK Solna. 

Itu tadi keenam pesepak bola berkebangsaan Swedia yang mempunyai latar belakang keluarga imigran. Dari sini kita bisa memahami bahwa tidak semua imigran berkonotasi buruk. Banyak pula yang mampu berprestasi dan mengharumkan nama negaranya. 

Baca Juga: 5 Fakta Zlatan Ibrahimovic, Diasingkan hingga Jadi Pahlawan

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya