Pendukung Kroasia Membeberkan Banner "Terimakasih Rusia" di Moskow

#WorldCup2018 Untuk pertama kalinya Kroasia lolos final

Sebelum laga semifinal kedua yang mempertemukan Kroasia vs Inggris di Stadion Luzhniki, Moskow, sekitar ratusan suporter Kroasia melakukan aksi membentangkan banner sepanjang 50 meter, yang bertuliskan "Sbacibo Rossiya", artinya "Terimakasih Rusia" di Manezhnaya Square, tak jauh dari Red Square.

Banner ini dibentangkan untuk berterimakasih pada seluruh warga Rusia yang menyambut dan menjamu dengan baik pendukung di Piala Dunia 2018.

Serta merayakan tim kesayangannya yang mampu melangkah ke semifinal kedua, setelah 20 tahun lalu, untuk pertama kali berhasil masuk semifinal usai memisahkan diri dari Yugoslavia. Sebelumnya suporter Kroasia juga membentangkan banner sebelum laga perdana Kroasia vs Nigeria di Kaliningrad, dilansir dari Fourfourtwo.com.au.

1. Permintaan maaf dari pendukung Kroasia

Pendukung Kroasia Membeberkan Banner Terimakasih Rusia di MoskowAFP

Suporter Kroasia tersebut melakukan aksi tersebut untuk permintaan maaf atas video, yang menampilkan Domagoj Vida dan Ognjen Vukojevic memberikan pernyataan kontroversial tentang "Glory to Ukraine" dan "Burn Belgrade", setelah kemenangan Kroasia atas tuan rumah Rusia di perempat final.

Akibat video tersebut, Vida terancam dihukum tidak dapat bermain sepanjang Piala Dunia 2018, serta Vukojevic yang menjadi asisten pelatih sudah mendapatkan sanksi dan dicoret dari daftar staff pelatih Kroasia, dilansir dari Sputniknews.com.

2. FIFA menegur banner suporter Kroasia

Pendukung Kroasia Membeberkan Banner Terimakasih Rusia di Moskowdnaindia.com

Sebelumnya, pendukung Kroasia juga membentangkan banner besar dengan tiga warna, yang melambangkan bendera Kroasia di Kaliningrad, saat sebelum laga perdana timnas Kroasia vs Nigeria pada tanggal 16 Juni.

Namun FIFA memberikan peringatan pada suporter Kroasia, karena membawa banner tiga warna bendera Kroasia yang dimodifikasi saat pertandingan Kroasia vs Nigeria. Lambang tersebut sebelumnya digunakan oleh kelompok radikal Utasashe pada tahun 1920-1940 yang membela Nazi Jerman kala itu, dilansir dari Rt.com.

3. Kroasia berhasil melaju ke final untuk pertama kalinya

Pendukung Kroasia Membeberkan Banner Terimakasih Rusia di Moskowtotal-croatia-news.com

Kroasia yang telah menanti selama 20 tahun untuk menembus semifinal, setelah beberapa kali edisi Piala Dunia hanya finis di fase grup, kali ini mampu menembus final Piala Dunia untuk pertama kali dalam sejarah.

Kroasia mampu menyudahi perlawanan Inggris 2-1 lewat babak perpanjangan waktu, dan memberikan kesempatan besar bagi tim asal Balkan tersebut untuk menjadi juara Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya