Comscore Tracker

5 Kiper asal Senegal yang Meniti Karier di Liga Top Eropa

Mayoritas berkarier bersama klub Prancis

Senegal bisa dibilang sebagai salah satu tim terkuat di Afrika saat ini. Pasalnya, tim asal Afrika Barat itu berhasil menunjukkan kehebatannya setelah menjuarai Piala Afrika 2021 yang digelar di Kamerun pada Januari 2022 lalu. 

Tim berjuluk The Lions of Teranga itu sudah memastikan diri masuk sebagai salah satu wakil Afrika dalam turnamen Piala Dunia 2022 Qatar. Sebelum itu, Senegal juga berhasil tampil baik dalam ajang Piala Dunia pada 1990 dan 2002. 

Keberhasilan Senegal tentu tidak dapat dilepaskan dari kontribusi para pemain bintangnya yang banyak berkarier di Eropa. Meski tidak sebanyak pada posisi lain, tetapi terdapat beberapa kiper Senegal yang merumput di sejumlah liga papan atas Eropa.

1. Boubacar Fall (AS Saint-Etienne)

5 Kiper asal Senegal yang Meniti Karier di Liga Top EropaBoubacar Fall saat membela AS Saint-Étienne di Ligue 1. (instagram.com/boubacarfall_16/)

Pertama, ada nama Boubacar Fall yang saat ini merumput di Liga Prancis bersama AS Saint-Etienne. Penjaga gawang muda berusia 21 tahun ini sudah bergabung dengan tim berjuluk Sainte Les Verts sejak musim dingin 2021. Sebelumnya, ia membela klub lokal Senegal, Guediawaye FC. 

Masih berusia belia membuat Boubacar Fall belum mendapatkan tempat utama di skuad Saint-Etienne. Bahkan, pemuda bertubuh jangkung ini belum diturunkan sama sekali pada 2021/2022 ini. Namun, ia masih punya banyak kesempatan mengingat kontraknya yang habis pada Juni 2025.

2. Dialy Ndiaye (Stade Reims)

5 Kiper asal Senegal yang Meniti Karier di Liga Top EropaDialy Ndiaye ketika membela Timnas Senegal U-20. (instagram.com/dialy_ndiay)

Dialy Ndiaye adalah salah satu pemain berkebangsaan Senegal yang meniti karier di Liga Prancis. Pesepak bola berusia 22 tahun ini membela klub Stade Reims sejak 2019. Namun, ia sempat dipinjamkan ke klub US Boulogne selama semusim. 

Sayangnya, Ndiaye masih belum mendapatkan kesempatan bermain di skuad utama Stade Reims. Ia masih membela tim junior Les Rouge et Blanc. Meski begitu, Ndiaye dikenal sebagai penjaga gawang utama Timnas Senegal pada Piala Dunia U-20 di Polandia pada 2019.

Baca Juga: 6 Pesepak Bola Australia yang Meniti Karier di Eropa

3. Alfred Gomis (Stade Rennes)

5 Kiper asal Senegal yang Meniti Karier di Liga Top EropaAlfred Gomis ketika memperkuat Rennes di Ligue 1. (instagram.com/alfredgom1s)

Masih di Ligue 1, ada nama Alfred Gomis yang saat ini berseragam Stade Rennes. Kiper berusia 28 tahun ini sudah bergabung dengan skuad Les Rennais sejak September 2020 dari Dijon. Akan tetapi, ia dikenal sudah memiliki banyak pengalaman merumput bersama klub Italia, seperti Torino, SPAL, Cesena, dan lainnya. 

Pemain asal Senegal ini menjadi salah satu penjaga gawang andalan Rennes pada 2021/2022 ini. Gomis sudah diturunkan dalam 30 laga dan mampu menorehkan catatan gemilang dengan 11 kali clean sheet.

4. Timothy Dieng (Queens Park Rangers)

5 Kiper asal Senegal yang Meniti Karier di Liga Top EropaSeny Timothy Dieng saat membela QPR. (instagram.com/sdieng1)

Berikutnya, ada kiper bernama Timothy Dieng yang tengah membela klub kasta kedua Liga Inggris, Queen Park Rangers. Penjaga gawang berusia 27 tahun ini sudah punya segudang pengalaman merumput di Liga Swiss, Jerman, Skotlandia, dan Inggris. 

Pada 2021/2022 ini, pesepak bola asal Senegal kelahiran Swiss ini sudah diturunkan dalam 29 pertandingan bersama QPR. Dieng juga mampu menorehkan catatan sepuluh clean sheet bersama timnya.

5. Edouard Mendy (Chelsea)

5 Kiper asal Senegal yang Meniti Karier di Liga Top EropaEdouard Mendy ketika membela Chelsea di EPL. (instagram.com/edou_mendy)

Salah satu penjaga gawang asal Senegal yang sudah banyak dikenal tak lain adalah Edouard Mendy. Pesepak bola berusia 30 tahun ini saat ini sedang membela klub raksasa Inggris, Chelsea, sejak 2020. Sebelum itu, ia mengawali karier di Prancis dengan membela Stade Rennes dan Stade Reims.  

Mendy diketahui menjadi kiper andalan di bawah asuhan Thomas Tuchel dan diturunkan dalam 46 pertandingan bersama The Blues. Bahkan, kiper yang memiliki kewarganegaraan kedua Guinea-Bissau itu berhasil mencuri perhatian setelah mencatatkan 22 clean sheet pada musim ini. 

Mendy juga sudah membawa Chelsea meraih gelar juara Liga Champions pada 2020/2021. Ia sukses membawa Timnas Senegal untuk menjuara turnamen Piala Afrika 2021 di Kamerun pada Januari lalu. 

Pemain bola asal Senegal sudah dikenal luas akan prestasinya dan kemampuannya di persepakbolaan Eropa. Meski tidak banyak kiper asal Senegal yang merumput bersama klub Eropa. Namun, beberapa musim terakhir, terdapat kiper asal Senegal yang mampu berprestasi bersama klub dan tim nasionalnya.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Kini Berkarier di Luar Liga Top Eropa, Ada Joe Hart

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya