6 Kiper asal Slovenia yang Merumput di Liga Besar Eropa

Mayoritas berkiprah di Serie A

Slovenia merupakan salah satu tim kuda hitam di Eropa yang pernah mencatatkan sebagai peserta turnamen Piala Dunia di tahun 2002 dan 2010. Namun, timnas asal negara bekas pecahan Yugoslavia itu gagal lolos sebagai peserta Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Meski tidak begitu populer, Slovenia memiliki sejumlah pemain bintang yang mampu berkompetisi di liga besar Eropa. Tak ketinggalan, pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang juga menjadi andalan tim raksasa Eropa. 

1. Žiga Frelih (Gil Vicente)

6 Kiper asal Slovenia yang Merumput di Liga Besar EropaŽiga Frelih saat memperkuat Gil Vicente di Liga Portugal. (instagram.com/frelihziga)

Pertama, ada nama Žiga Frelih yang tengah membela klub Portugal, Gil Vicente pada musim ini. Penjaga gawang berusia 24 tahun ini sudah bergabung dengan Kota Barcelos sejak September 2021 usai didatangkan dari NK Olimpija. 

Meski termasuk baru, Frelih sudah dipercaya menjadi kiper utama dari klub berjuluk Gilistas tersebut. Ia sudah diturunkan dalam 19 pertandingan musim ini dan berhasil mencatatkan lima kali clean sheet.

2. Igor Vekič (Paços de Ferreira)

6 Kiper asal Slovenia yang Merumput di Liga Besar EropaIgor Vekic saat memperkuat Paços de Ferreira di Liga Portugal. (twitter.com/fcpf)

Masih di Liga Portugal, ada pula kiper asal Slovenia bernama Igor Vekič. Pemain bola berusia 24 tahun itu masih menjadi pelapis André Ferreira dalam skuat Paços de Ferreira dan baru dikeluarkan pada dua pertandingan di Taça de Portugal. 

Vekič sudah berlabuh ke Estádio da Capital do Móvel dari klub lokal Slovenia, NK Bravo pada musim panas 2021. Namun, kiper muda ini masih berstatus pinjaman dan punya opsi untuk dipermanenkan oleh Paços de Ferreira. 

3. Rok Vodisek (Genoa)

6 Kiper asal Slovenia yang Merumput di Liga Besar EropaRok Vodišek saat membela NK Olimpija. (twitter.com/MerlinSportivo)

Berpindah ke Liga Italia, ada nama Rok Vodisek yang kini memperkuat klub Genoa. Penjaga gawang berusia 23 tahun itu sudah bergabung dengan tim berjuluk Il Grifone itu sejak 2018 dan sempat dipinjamkan ke NK Triglav lantaran kurangnya jam terbang. 

Sayangnya, kiper muda ini masih belum mendapatkan tempat utama dan masih menjadi pelapis dari Salvatore Sirigu. Bahkan, di musim ini, ia sama sekali belum diturunkan untuk membela Genoa. 

4. Vid Belec (Salernitana)

6 Kiper asal Slovenia yang Merumput di Liga Besar EropaVid Belec saat memperkuat Salernitana di Serie A. (instagram.com/vidbelec_official)

Berikutnya, ada nama Vid Belec yang tengah beseragam Salernitana pada musim ini. Kiper asal Slovenia ini sudah bergabung dengan Salernitana sejak 2020. Namun, ia sudah memiliki banyak pengalaman bersama klub besar, seperti Inter Milan dan Sampdoria. 

Pesepak bola berusia 31 tahun itu dipercaya menjadi kiper utama dalam skuat tim berjuluk I Granata. Pada musim ini, Belec berhasil mencatatkan 3 kali clean sheet dalam 22 pertandingan, tapi itu belum cukup untuk menyelamatkan timnya dari ancaman degradasi. 

5. Samir Handanovič (Inter Milan)

6 Kiper asal Slovenia yang Merumput di Liga Besar EropaSamir Handanovic saat membela Inter Milan di Serie A. (instagram.com/samirhandanovic)

Samir Handanovič adalah pesepak bola senior yang dipercaya menjadi kiper utama klub raksasa Italia, Inter Milan. Penjaga gawang berusia 37 tahun itu sudah bergabung dengan I Nerazzurri sejak musim panas 2012. Sebelum itu, ia sudah memiliki banyak pengalaman di Serie A ketika membela Udinese, Rimini, dan Lazio. 

Sepanjang musim ini, Handanovič sudah dimainkan dalam 46 laga dan berhasil menorehkan 20 kali clean sheet. Di Timnas Slovenia, Handanovič juga sudah mencatatkan 81 kali caps sejak debut pada tahun 2004. 

6. Jan Oblak (Atletico Madrid)

6 Kiper asal Slovenia yang Merumput di Liga Besar EropaJan Oblak saat membela Atletico Madrid di LaLiga. (instagram.com/oblakjan)

Terakhir, ada nama Jan Oblak yang saat ini sedang ramai diperbincangkan atas penampilan impresifnya bersama Atletico Madrid. Pesepak bola berkebangsaan Slovenia berusia 29 tahun itu sudah bergabung dengan Los Colchoneros sejak musim panas 2014 dari klub Portugal, Benfica. 

Kiper jebolan akademi NK Olimpija ini sudah berlaga dalam 46 pertandingan bersama Atletico Madrid dan mencatatkan 14 kali clean sheet. Sedangkan di Timnas Slovenia, Oblak juga menjadi pilihan utama dan memiliki 46 caps sejak menjalani debut pada 2012 silam. 

Meskipun tak banyak pemain berkebangsaan Slovenia yang dikenal luas di Eropa. Namun, terdapat beberapa penjaga gawang asal Slovenia mampu berkompetisi di liga besar Eropa dan menjadi andalan klubnya.

Baca Juga: Karier Unik Jan Koller, Striker Tajam yang Jadi Kiper Dadakan Terbaik

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya