6 Kiper Bosnia-Herzegovina yang Merumput di Luar Negeri pada 2022/2023

Tiga di antaranya merumput di liga elite Eropa

Bosnia dan Herzegovina merupakan negara penghasil pemain sepak bola berbakat di Eropa. Kehadiran pemain bintang bahkan membuat negara Balkan itu menembus Piala Dunia untuk pertama kali di Piala Dunia 2014 Brasil. 

Pemain Bosnia-Herzegovina juga tersebar di berbagai liga Benua Biru. Pemain mereka mengisi berbagai posisi, termasuk kiper. 

Pada 2022/2023, setidaknya terdapat enam kiper Bosnia-Herzegovina yang merumput di luar negeri. Berikut daftar lengkapnya!  

1. Petar Zovko (Spezia Calcio)

6 Kiper Bosnia-Herzegovina yang Merumput di Luar Negeri pada 2022/2023Petar Zovko (instagram.com/petar_zovko40)

Petar Zovko merupakan kiper Bosnia-Herzegovina yang tengah merumput di Serie A Italia bersama Spezia Calcio pada 2022/2023. Ia memutuskan pindah ke Spezia setelah kontraknya bersama Sampdoria berakhir pada 2021. Sebelum itu, Zokvo tercatat sebagai kiper jebolan akademi NK Siroki Brijeg.

Zovko belum mendapat banyak kesempatan bermain di Spezia. Ia baru diturunkan dalam dua pertandingan. Bahkan, gagal mengakhiri laga dengan clean sheet. Meskipun demikian, ia masih punya kesempatan menunjukkan kemampuan terbaiknya agar jadi kiper nomor satu.

2. Adnan Kanuric (Nottingham Forest)

6 Kiper Bosnia-Herzegovina yang Merumput di Luar Negeri pada 2022/2023Adnan Kanuric (instagram.com/_adnankanuric)

Adnan Kanuric adalah kiper Bosnia-Herzegovina yang merumput bersama klub Inggris Nottingham Forest. Namun, ia masih menjalani masa pinjaman di Oxford City sejak Februari 2023.

Meski masih muda, Karunic pernah membela sejumlah klub. Mulai dari Stoke City, Grantham Town, Sered, dan Sarajevo.

Menjalani masa pinjaman ke Oxford City ternyata tetap tidak menjamin ia jadi kiper nomor satu. Karunic baru diturunkan dalam enam pertandingan di kasta keenam Liga Inggris. Kabar baiknya, ia mulai masuk dalam starting line-up belakangan ini.

3. Asmir Begovic (Everton)

6 Kiper Bosnia-Herzegovina yang Merumput di Luar Negeri pada 2022/2023Asmir Begovic (instagram.com/asmir1)

Asmir Begovic merupakan kiper senior Everton pada 2022/2023. Ia dikenal luas karena malang melintang bersama beberapa klub Inggris. Begovic bahkan pernah membela klub besar Eropa, seperti Chelsea dan AC Milan.

Karena usianya yang sudah tidak muda lagi, Begovic hanya menjadi kiper pelapis Jordan Pickford di Everton saat ini. Ia baru diturunkan dalam turnamen domestik dengan mencatatkan dua clean sheet.

Baca Juga: 5 Pemain Bosnia yang Membela Klub Serie A Italia Musim 2022/2023

4. Nikola Vasilj (FC St Pauli)

6 Kiper Bosnia-Herzegovina yang Merumput di Luar Negeri pada 2022/2023Nikola Vasilj (instagram.com/nikolavasilj22)

Nikola Vasilj dikenal sebagai kiper utama di St Pauli. Sebelum membela klubnya saat ini, ia pernah membela sejumlah klub di liga Eropa, FC Nuernberg dan Zorya Luhansk. Ia sempat tidak mendapat klub pada 2017 usai keluar dari klub masa kecilnya, Zrinjski Mostar. 

Pada 2022/2023, Vasilj sukses menunjukkan prestasi yang cukup baik bersama St Pauli. Dalam 18 pertandingan Bundesliga 2 Jerman, ia mencatatkan 7 pertandingan yang berakhir clean sheet. Vasilij juga berupaya membawa klubnya promosi ke Bundesliga.

5. Ibrahim Sehic (Konyaspor)

6 Kiper Bosnia-Herzegovina yang Merumput di Luar Negeri pada 2022/2023Ibrahim Sehic (instagram.com/ibra_13_sehic)

Ibrahim Sehic adalah kiper Bosnia yang merumput di Liga Turki bersama Konyaspor. Ia sudah lama berkarier di Turki dan Azerbaijan. Sehic bermain untuk Mersin IY dan BB Erzurumspor. Ia juga sempat jadi kiper utama Qarabag selama 5 musim. 

Bersama Konyaspor, Sehic menjadi kiper nomor satu. Ia diturunkan dalam 23 pertandingan Liga Turki dan Kualifikasi UEFA Conference League. Dari puluhan pertandingan, ia mencatatkan sembilan clean sheet.

6. Kenan Piric (AEK Larnaca)

6 Kiper Bosnia-Herzegovina yang Merumput di Luar Negeri pada 2022/2023Kenan Piric (instagram.com/kpiric)

Terakhir, ada Kenan Piric yang sedang memperkuat klub Siprus, AEK Larnaca. Sebelum itu, ia pernah membela beberapa klub beda negara, seperti Goztepe (Turki), Atromitos Athen (Yunani), NK Maribor (Slovenia), Zrinjski Mostar (Bosnia), Sloboda Tuzla (Bosnia), dan KAA Gent (Belgia). 

Pada 2022/2023, Piric berhasil jadi kiper utama di AEK Larnaca sejak tiba pada musim panas 2022. Ia sudah diberi mandat untuk bermain dalam 41 pertandingan di turnamen domestik dan antarklub Eropa. Ia pun sukses membuahkan 16 clean sheet untuk timnya. 

Keenam kiper asal Bosnia-Herzegovina di atas tak semuanya mampu berkompetisi di liga elite Eropa pada 2022/2023. Meskipun demikian, mereka yang merumput di liga biasa justru sukses menjadi sosok andalan di bawah mistar gawang.

Baca Juga: 6 Pemain Bosnia yang Pernah Juara di Liga Top Eropa, Siapa Saja?

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya