Comscore Tracker

5 Kiper Berkebangsaan Kamerun yang Merumput di Liga Eropa

Ada yang menjadi pemain andalan timnya!

Kamerun bisa dibilang sebagai salah satu tim besar di Benua Hitam yang sudah menorehkan lima gelar juara Piala Afrika. Tim ini juga berhasil menjadi perwakilan negara Afrika dalam ajang Piala Dunia 2022 di Qatar pada November mendatang. 

Meskipun demikian, tim berjuluk Les Lions Indomptables ini masuk dalam grup G yang dikenal cukup berat. Pasalnya, Kamerun harus bertemu dengan Brasil, Serbia, dan Swiss yang diisi oleh pemain sepak bola berkelas dunia. 

Penampilan Kamerun dalam beberapa tahun belakangan ini memang cukup meyakinkan setelah beberapa pemain andalannya tersebar di sejumlah liga Eropa. Beberapa pemain Kamerun banyak yang merumput di Eropa juga, termasuk penjaga gawang. Siapa saja mereka?

1. Boris Ngoua (RSC Charleroi)

5 Kiper Berkebangsaan Kamerun yang Merumput di Liga EropaBoris Ngoua ketika menjalani latihan bersama Charleroi. (instagram.com/boris.ngoua_99)

Pertama, ada nama Boris Ngoua yang kini tengah memperkuat klub Belgia, RSC Charleroi. Penjaga gawang berkebangsaan Kamerun ini baru saja menginjak usia 19 tahun pada Mei lalu. Lantaran usianya yang masih belia, maka ia belum ditunjuk untuk membela tim senior Charleroi.

Pemain kelahiran 2003 ini masih belum mendapatkan kesempatan sebagai penjaga gawang utama di tim junior Charleroi. Meski begitu, kabarnya ia sudah mendapatkan panggilan dari tim nasional Kamerun U-20. 

2. Blondy Nna Noukeu (Stoke City)

5 Kiper Berkebangsaan Kamerun yang Merumput di Liga EropaBlondy Nna Noukeu saat menjalani sesi latihan bersama Stoke City. (facebook.com/SCFCThe12thMan)

Blondy Nna Noukeu dikenal sebagai salah satu kiper muda berkebangsaan Kamerun yang merumput di klub Eropa. Pemain yang akan menginjak usia 21 tahun pada September mendatang ini sudah merumput di klub divisi dua Liga Inggris, Stoke City sejak awal tahun 2022. 

Pemain jebolan akademi Stoke City ini sempat merumput di akademi klub Belgia, Mouscron pada 2019 silam. Pada 2021/2022, Nna Noukeu sudah diturunkan dalam tiga belas pertandingan dan berhasil mempersembahkan dua clean sheets

Baca Juga: 5 Pemain Top Kamerun yang Bermain di Kompetisi Eropa, Penuh Talenta

3. Devis Epassy (OFI Kreta)

5 Kiper Berkebangsaan Kamerun yang Merumput di Liga EropaDavis Epassy ketika membela Timnas Kamerun. (instagram.com/devis.epassy)

Mengawali kariernya di dunia sepak bola bersama Rennes, kini Devis Epassy tengah memperkuat tim Liga Yunani, OFI Kreta. Pemain berusia 29 tahun ini sudah bergabung dengan tim asal Kota Heraklion itu pada 2021 dari PAS Lamia dengan status bebas transfer. 

Bersama OFI Kreta, Epassy sudah dijadikan kiper andalan dan berhasil mencatatkan 8 clean sheets dalam 26 pertandingan. Ia juga sudah dimasukkan dalam skuad Timnas Kamerun dalam gelaran Piala Afrika 2021 dan Kualifikasi Piala Dunia 2022. 

4. Simon Ngapandouetnbu (Olympique Marseille)

5 Kiper Berkebangsaan Kamerun yang Merumput di Liga EropaSimon Ngapandouetnbu ketika membela Marseille. (instagram.com/infolympiquedemarseille)

Kemudian, ada Simon Ngapandouetnbu yang dikenal sebagai penjaga gawang dalam skuad Olympique Marseille. Pemain muda berusia 19 tahun ini sudah masuk dalam tim senior Les Olympiens sejak 2019 silam. Sayangnya, karena statusnya sebagai kiper pelapis ia belum dikeluarkan dalam pertandingan klubnya. 

Ngapandouetnbu yang memiliki dua kewarganegaraan, Prancis dan Kamerun memang dikenal lebih memilih untuk membela Prancis. Namun, bukan berarti ke depannya, ia tidak akan berpaling untuk membela tim Les Lions Indomptables.

5. André Onana (Ajax Amsterdam)

5 Kiper Berkebangsaan Kamerun yang Merumput di Liga EropaAndre Onana ketika memperkuat Ajax Amsterdam di Eredivisie. (instagram.com/andreonana.24)

Salah satu pemain paling terkenal di skuad Kamerun saat ini adalah André Onana. Penjaga gawang berusia 26 tahun ini sudah bergabung dengan skuad Ajax Amsterdam sejak 2015 dari tim junior Barcelona. Dalam beberapa tahun terakhir, ia juga sudah ditunjuk sebagai kiper utama di skuad De Godenzonen

Sayangnya, pada 2021/2022, Onana tidak banyak mendapatkan kesempatan bermain dan hanya diturunkan dalam 12 pertandingan. Hal ini karena Onana mengalami kecelakaan parah pada Maret lalu menjelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Aljazair, dilansir Talksport

Padahal, pemain satu ini dikenal luas setelah berhasil mengantarkan Ajax menjadi semifinalis Liga Champions di tahun 2019 silam. Pada musim panas ini kontraknya bersama Ajax akan berakhir dan kabarnya Onana sedang dilirik oleh beberapa klub, salah satunya Inter Milan. 

 

Kamerun memang dikenal sebagai salah satu tim unggulan di kancah persepak bolaan Afrika. Tak heran apabila negara ini juga menyumbangkan bibit sepak bola yang terkenal akan talentanya. Meski tak banyak, tapi ada penjaga gawang asal Kamerun yang jadi andalan klub Eropa. 

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Ternyata Punya Kewarganegaraan Kedua Kamerun

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya