5 Kiper asal Polandia yang Berkarier di Liga Top Eropa

Dua di antaranya menjadi kiper andalan klubnya

Polandia bisa dibilang sebagai salah satu tim kuda hitam di Eropa. Sayangnya, tim ini acap kali tampil buruk di turnamen besar, seperti Piala Dunia dan Piala Eropa walaupun Polandia pernah menjadi juara ketiga dalam turnamen Piala Dunia.

Timnas Polandia juga berhasil meraih hasil positif dan berhak masuk dalam turnamen Piala Dunia 2022 di Qatar usai mengalahkan Swedia di babak kualifikasi. Namun, tim ini harus menghadapi lawan berat sebab berada satu grup dengan Argentina dan Meksiko.

Penampilan Polandia belakangan ini juga disebut cukup baik mengingat banyaknya pemain bintang yang tersebar di liga top Eropa. Pada musim ini juga terdapat penjaga gawang asal Polandia yang turut berkompetisi di sejumlah liga besar Eropa.

1. Łukasz Skorupski

5 Kiper asal Polandia yang Berkarier di Liga Top Eropapotret Łukasz Skorupski saat membela Bologna di Serie A (instagram.com/officialbolognafc)

Pertama ada nama Łukasz Skorupski yang saat ini tengah membela klub Serie A Italia, Bologna. Penjaga gawang berusia 30 tahun ini sudah bergabung bersama Bologna sejak musim panas 2018 setelah didatangkan dari AS Roma. 

Skorupski sudah menjadi kiper andalan di skuad Bologna musim ini dan ia sudah diturunkan dalam 33 pertandingan. Penjaga gawang asal Polandia ini berhasil mencatatkan 11 kali clean sheet sepanjang musim ini.

2. Bartłomiej Drągowski

5 Kiper asal Polandia yang Berkarier di Liga Top Eropapotret Bartłomiej Drągowski saat membela Timnas Polandia (instagram.com/bdragowski)

Masih di Italia, ada nama Bartłomiej Drągowski yang tengah memperkuat klub Fiorentina. Kiper berusia 24 tahun ini sudah bergabung dengan Fiorentina sejak musim panas 2016 dan sempat dipinjamkan ke Empoli selama satu musim lantaran tidak mendapatkan tempat utama.

Sayangnya, Drągowski masih menjadi kiper nomor dua di skuad Fiorentina dan baru dikeluarkan dalam delapan pertandingan. Pesepak bola jebolan akademi Jagiellonia ini hanya satu kali membela Timnas Polandia dalam pertandingan persahabatan tahun 2020.

Baca Juga: Bikin Keseleo Lidah, 5 Nama Pemain Polandia yang Susah Banget Dibaca

3. Radosław Majecki

5 Kiper asal Polandia yang Berkarier di Liga Top Eropapotret Radosław Majecki saat membela Timnas Polandia (instagram.com/radek_majecki)

Berikutnya ada Radosław Majecki yang saat ini tengah berkarier di Prancis bersama klub AS Monaco. Penjaga gawang berusia 22 tahun ini sudah bergabung ke Stade Louis II sejak 2020 dari Legia Warsawa dan sempat dipinjamkan kembali selama satu musim ke klub lamanya.

Namun, Majecki masih belum dijadikan sebagai pilihan utama untuk menjaga mistar gawang Monaco dan hanya diturunkan dalam empat pertandingan musim ini. Sementara itu, di level tim nasional, Majecki baru menjalani debutnya saat diturunkan melawan San Marino di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

4. Łukasz Fabiański

5 Kiper asal Polandia yang Berkarier di Liga Top Eropapotret Łukasz Fabiański saat membela West Ham United (instagram.com/lukasz.fabianski)

Łukasz Fabiański adalah kiper senior asal Polandia yang kini sedang membela klub Inggris, West Ham United. Pemain berusia 36 tahun ini sudah dipercaya menjadi pilihan utama dan sudah dikeluarkan dalam 33 laga dan berhasil mencatatkan delapan kali clean sheet musim ini.

Fabiański sebelumnya dikenal sebagai kiper andalan Timnas Polandia dengan menorehkan sebanyak 57 kali caps. Selain itu, pesepak bola ini dikenal sebagai kiper utama di skuad Arsenal sejak tahun 2007--2014.

5. Wojciech Szczęsny

5 Kiper asal Polandia yang Berkarier di Liga Top Eropapotret Wojciech Szczesny saat membela Juventus di Serie A (instagram.com/wojciech.szczesny1)

Terakhir ada kiper andalan Juventus musim ini, yakni Wojciech Szczęsny. Penjaga gawang asal Polandia ini sudah bergabung dengan skuad La Vecchia Signora sejak musim panas 2017 usai diboyong dari Arsenal. Sebelum itu, ia juga sempat merumput bersama AS Roma dan Brentford.

Menjadi andalan Juventus, tak heran Szczęsny sudah diturunkan dalam 37 pertandingan dengan torehan 15 kali clean sheet sepanjang musim ini. Tak hanya itu, penjaga gawang berusia 32 tahun itu juga dipercaya untuk menjadi kiper utama di Timnas Polandia.

 

Polandia memang dikenal memiliki segudang pesepak bola bintang yang tidak bisa dianggap remeh dalam beberapa tahun terakhir. Termasuk kiper asal Polandia juga memiliki kiprah yang cemerlang dan beberapa di antaranya menjadi pilihan utama tim raksasa Eropa.

Baca Juga: Ada Szczesny hingga De Gea, 5 Kiper Top Ini Lahir pada Tahun 1990

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya