Comscore Tracker

5 Klub Belanda yang Mampu Bersaing Ketat di Turnamen Eropa

Salah satunya mampu menjuarai Liga Champions empat kali

Klub sepak bola asal Belanda selama ini kerap dipandang sebelah mata dan tidak dianggap sebagai kompetitor kuat dari klub asal lima liga besar Eropa. Selain itu, slot untuk klub Belanda di turnamen Eropa, seperti Liga Champions dan Liga Europa juga sangat terbatas.

Meskipun demikian, bukan berarti klub Belanda tidak pernah menjuarai Liga Champions maupun Liga Europa. Bahkan, klub asal negeri Kincir Angin juga pernah menuai keberhasilan dan kejayaan pada masanya. 

Bagi kalian yang belum mengetahui apa saja klub Belanda yang pernah berbicara banyak di kancah turnamen Eropa. Maka, berikut ini sederetan klub Belanda yang pernah berjaya di Eropa. 

1. FC Twente

5 Klub Belanda yang Mampu Bersaing Ketat di Turnamen EropaPemain FC Twente (instagram.com/fctwente)

Pertama-tama, ada klub asal Kota Entschede yang bernama FC Twente. Klub yang terbentuk pada tahun 1965 ini merupakan salah satu klub besar di Eredivisie atau Liga Belanda. Pasalnya, klub ini pernah menjuarai Liga Belanda di musim 2009/2010 dan beberapa kali menjadi runner-up

Sementara itu, berbicara mengenai turnamen Eropa, kiprah klub yang berkandang di De Grolsch Veste ini bisa dibilang cukup baik. Bahkan, klub asal timur Belanda ini pernah masuk sebagai runner-up Piala UEFA di musim 1974/1975 setelah takluk dari Borussia Mönchengladbach. 

2. AZ Alkmaar

5 Klub Belanda yang Mampu Bersaing Ketat di Turnamen EropaPemain AZ Alkmaar yang merayakan kemenangan (instagram.com/azalkmaar)

AZ Alkmaar bisa dibilang sebagai salah satu klub terkuat di Belanda dan langganan masuk ajang turnamen Eropa, terutama Liga Europa. Klub sepak bola asal Kota Alkmaar ini juga pernah menjuarai Liga Belanda di musim 1980/1981 dan 2008/2009.

Pada tahun 2020, klub ini sempat hampir menjuarai Liga Belanda, dengan hasil poin yang sama dengan Ajax Amsterdam. Hal ini disebabkan pihak KNVB tidak memutuskan pemenang usai penundaan turnamen akibat pandemik COVID-19.

Sedangkan kiprahnya di Eropa, bisa dibilang cukup baik lantaran klub yang bermarkas di AFAS Stadion ini mampu masuk ke final Piala UEFA di tahun 1981. Sayangnya, AZ Alkmaar kala itu harus menyerah dari Ipswich Town. 

Baca Juga: 5 Klub Eredivisie yang Pernah Berlaga di Final Europa League

3. Feyenoord Rotterdam

5 Klub Belanda yang Mampu Bersaing Ketat di Turnamen EropaPemain Feyenoord Rotterdam yang merayakan kemanangan (instagram.com/feyenoord)

Feyenoord Rotterdam merupakan salah satu dari tiga klub terbesar di Belanda yang memiliki sejarah panjang di kancah domestik maupun Eropa. Klub asal Kota Rotterdam ini sudah 15 kali menjuarai Eredivisie dan 13 kali menjuarai Piala Belanda. 

Sementara kiprah Feyenoord di Eropa bisa dibilang gemilang pada masanya. Bahkan, klub yang memiliki kandang di Stadion De Kuip ini pernah menjuarai Liga Champions di tahun 1970 setelah mengandaskan Celtic, 2-0. 

Selain itu, Feyenoord juga pernah dua kali menjuarai Piala UEFA di musim 1973/1974 setelah menaklukkan Tottenham Hostpur dan di musim 2001/2002 usai menundukkan Borussia Dortmund.

4. PSV Eindhoven

5 Klub Belanda yang Mampu Bersaing Ketat di Turnamen EropaMario Gotze saat membela PSV EIndhoven (instagram.com/psvfansnieuws)

Kemudian ada klub raksasa Belanda lain, yakni PSV Eindhoven. Klub yang bermarkas di Philips Stadion ini juga termasuk sebagai salah satu klub tersukses di Belanda, dengan 24 kali gelar juara liga domestik. Klub ini juga telah menjuarai 12 kali gelar Piala Belanda. 

Tak kalah dari gelar di kejuaraan domestik, klub asal Kota Eindhoven ini juga pernah berjaya di turnamen Eropa. PSV tercatat pernah menjuarai Liga Champions di tahun 1988 usai mengalahkan Benfica lewat adu penalti. 

Tak hanya itu saja, klub ini juga pernah menjuarai Piala UEFA di tahun 1978 setelah mengalahkan klub Prancis, SEC Bastia. 

5. Ajax Amsterdam

5 Klub Belanda yang Mampu Bersaing Ketat di Turnamen EropaPemain Ajax Amsterdam saat merayakan kemenangan penyisihan grup Liga Champions (instagram.com/afcajax)

Terakhir ada klub terbesar dan terkuat di Belanda, siapa lagi kalau bukan Ajax Amsterdam. Klub asal ibu kota Belanda ini disebut sebagai klub yang tampil paling konsisten di turnamen domestik dan berhasil meraih 35 kali gelar juara Eredivisie serta 20 kali juara Piala Belanda. 

Klub yang bermarkas di Johan Cruyff Arena ini juga menjadi klub Belanda tersukses di kompetisi Eropa. Bagaimana tidak, klub ini berhasil empat kali menyabet gelar juara Liga Champions di tahun 1971, 1972, 1973, dan 1995. Selain itu, Ajax juga pernah menjuarai Piala UEFA di musim 1991/1992. 

Kini, Ajax Amsterdam juga mampu berbicara banyak di kejuaran Liga Champions, terutama setelah berhasil masuk semifinal di tahun 2019. Bahkan, di musim ini, Ajax juga berhasil memenangkan semua pertandingan penyisihan grup Liga Champions. 

 

Itu tadi kelima klub asal Belanda yang mampu berbicara banyak di turnamen Eropa. Dari sini kita bisa simpulkan jika klub Belanda juga memiliki kiprah yang bagus dan mampu menjuarai turnamen Eropa meski tak segemilang klub asal liga terbesar di Eropa. 

Baca Juga: 5 Pemain Top Klub Eredivisie Belanda yang Ternyata Keturunan Indonesia

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya