Comscore Tracker

5 Klub Besar yang Gagal Tampil di Turnamen Antarklub Eropa 2022/2023

Gagal duduk di papan atas liga domestik

Klub sepak bola besar umumnya disegani di kompetisi domestik dan selalu menghuni papan atas klasemen. Namun, tidak menutup kemungkinan klub besar dapat tersandung akibat penampilan inkonsisten. Alhasil, mereka hanya duduk di papan tengah atau papan bawah. 

Kegagalan duduk di papan atas tentu akan berdampak buruk pada reputasi klub besar Eropa. Pasalnya, mereka tidak dapat berkompetisi di turnamen antarklub Eropa yang dikenal bergengsi dan harus menerima berkompetisi di liga domestik. 

Pada 2022/2023, terdapat beberapa klub besar Eropa yang gagal merebut posisi papan atas klasemen. Berikut lima klub top Eropa yang gagal berkompetisi di turnamen antarklub Eropa.  

1. Galatasaray

5 Klub Besar yang Gagal Tampil di Turnamen Antarklub Eropa 2022/2023Pemain Galatasaray ketika merayakan gol. (instagram.com/galatasaray)

Galatasaray adalah salah satu klub besar Eropa yang tersungkur musim lalu. Pasalnya, klub asal Istanbul ini hanya duduk di posisi ke-13 klasemen Liga Turki. Akibatnya, klub berjuluk Cimbom ini gagal kembali berkompetisi di Liga Europa pada 2022/2023. 

Penurunan performa musim lalu diduga akibat tak bisa mengimbangi penampilan di kompetisi Eropa dan domestik. Kini, Galatasaray mulai bangkit dan kembali ke papan atas. Ini setelah manajemen klub mendatangkan pemain top demi mendongkrak penampilannya. 

2. Olympique Lyon

5 Klub Besar yang Gagal Tampil di Turnamen Antarklub Eropa 2022/2023Pemain Lyon ketika merayakan gol. (instagram.com/ol)

Musim lalu, Olympique Lyon termasuk kontestan Liga Europa. Bahkan, tim berjuluk Les Gones ini tampil apik di kompetisi kasta kedua Eropa tersebut. Sayangnya, performa apik tidak ditunjukkan di Ligue 1 2021/2022 yang membuatnya hanya duduk di posisi ke-8. 

Pada musim ini, Lyon masih belum menunjukkan performa terbaiknya dan hanya mampu bertengger di posisi ke-8 klasemen sementara. Namun, klub raksasa Prancis ini masih punya kesempatan besar untuk kembali ke papan atas dan tampil di turnamen antarklub Eropa. 

Baca Juga: 5 Klub yang Pernah Menjuarai 3 Turnamen Mayor Antarklub Eropa

3. LOSC Lille 

5 Klub Besar yang Gagal Tampil di Turnamen Antarklub Eropa 2022/2023Pemain Lille ketika melakukan selebrasi gol. (instagram.com/losclive)

Sama seperti Lyon, LOSC Lille juga mengalami kemerosotan tajam pada 2021/2022. Padahal, klub berjuluk Les Dogues ini sukses mengakhiri dominasi PSG dengan menjadi juara Ligue 1 2020/2021. Tim ini juga tampil cukup meyakinkan di Liga Champions Eropa. 

Pada 2022/2023, Lille masih belum menunjukkan performa terbaiknya setelah ditinggal pemain kuncinya. Alhasil, tim asal Kota Lille ini hanya mampu duduk di posisi ke-7 pada pertemuan ke-13 Liga Prancis. 

4. Valencia

5 Klub Besar yang Gagal Tampil di Turnamen Antarklub Eropa 2022/2023Pemain Valencia saat melangsungkan selebrasi. (twitter.com/ECavaniOfficial)

Valencia dikenal sebagai tim tradisional papan atas LaLiga dengan segudang prestasi di turnamen domestik. Sayangnya, Los Che terus mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Terakhir kali mereka berkompetisi di Eropa pada 2019/2020 ketika berhak tampil di UCL. 

Setelah tiga musim terakhir, tim asal Kota Valencia ini hanya duduk di papan tengah klasemen LaLiga Spanyol. Sayangnya, klub yang berkandang di Estadio Mestalla ini belum menunjukkan penampilan impresifnya pada musim ini. 

5. Atalanta

5 Klub Besar yang Gagal Tampil di Turnamen Antarklub Eropa 2022/2023Pemain Atalanta yang melangsungkan selebrasi. (instagram.com/atalantabc)

Terakhir, ada Atalanta yang gagal berkompetisi di turnamen antarklub Eropa musim ini. Padahal, tim berjuluk La Dea ini sempat berkompetisi di UCL dan UEL musim lalu. Namun, padatnya pertandingan membuatnya hanya bisa duduk di posisi ke-8 klasemen Serie A.  

Pada 2022/2023, Atalanta terbukti berhasil menunjukkan penampilan terbaiknya di liga domestik. Bahkan, tim ini mampu duduk di posisi ke-2 Serie A pada pekan ke-12 dan sukses mengumpulkan 27 poin di bawah Napoli. 

 

Mayoritas klub di atas justru gagal kembali berkompetisi di turnamen antarklub Eropa akibat tak mampu beradaptasi dalam ketatnya dua kompetisi sekaligus. Akibatnya, mereka harus fokus pada turnamen Eropa dan mengorbankan kompetisi domestik. 

Baca Juga: 5 Klub Eropa Timur yang Bersinar di Turnamen Antarklub Eropa 2022/2023

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya