5 Klub Eropa yang Belum Terkalahkan di Liga Domestik Paruh 2022/2023

Sebagian tampil perkasa di Liga Champions Eropa

Punya rekor tak terkalahkan di liga domestik merupakan salah satu prestasi besar yang pernah dicapai suatu klub sepak bola. Kesuksesan dalam mempertahankan rekor tak terkalahkan membuktikan bahwa klub itu cukup dominan di kompetisi domestik. 

Namun, mempertahankan rekor tak terkalahkan bagi tim raksasa sekalipun rasanya sangat sulit dicapai. Pasalnya, suatu tim tentu punya potensi mengalami dinamika naik turun akibat cedera pemain atau penurunan performa di tengah atau akhir musim. 

Pada paruh musim ini, terbukti ada beberapa klub sepak bola Eropa yang mampu menunjukkan performa terbaiknya dan sukses mempertahankan rekor tak terkalahkan. Berikut kelima klub yang belum terkalahkan di liga domestik pada paruh 2022/2023. 

1. Red Star Belgrade

5 Klub Eropa yang Belum Terkalahkan di Liga Domestik Paruh 2022/2023pemain Red Star Belgrade ketika merayakan gol (instagram.com/crvenazvezdafk)

Pertama ada Red Star Belgrade yang sukses mencatatkan prestasi luar biasa pada paruh musim ini. Klub asal Ibu Kota Serbia ini mampu mempertahankan rekor tak terkalahkan pada paruh 2022/2023 dengan torehan 17 kemenangan dari 19 laga Liga Super Serbia. 

Kendati mampu tampil perkasa di liga domestik, klub yang punya nama asli Crvena Zvezda ini justru melempem di turnamen antar klub Eropa. Mereka hanya menempati posisi juru kunci Grup H Liga Europa dengan torehan enam poin. 

2. Panathinaikos

5 Klub Eropa yang Belum Terkalahkan di Liga Domestik Paruh 2022/2023pemain Panathinaikos saat merayakan gol (instagram.com/fcpanathinaikos)

Panathinaikos mampu memberikan performa gemilang pada paruh musim ini. Klub asal Ibu Kota Yunani itu sukses mendulang 12 kemenangan dari 13 pertandingan tanpa satu pun menuai kekalahan. Hasil ini membuat mereka terus bercokol di puncak klasemen Liga Super Yunani. 

Rekor sempurna tersebut pun membuat klub berseragam putih hijau ini mampu mengungguli Olympiakos dan AEK Athens yang jadi lawan terberat. Raihan ini juga mampu mengobati luka Panathinaikos yang gagal tampil di Liga Europa usai kalah dari Red Star Belgrade di babak kualifikasi. 

Baca Juga: 5 Produk Akademi Benfica Terbaik yang Pernah Berlaga di Bundesliga

3. SL Benfica

5 Klub Eropa yang Belum Terkalahkan di Liga Domestik Paruh 2022/2023pemain Benfica saat merayakan gol (instagram.com/goncaloramos88)

SL Benfica terpantau mampu tampil sangat gemilang dalam dua musim terakhir. Tim asal Lisbon, Portugal, ini sukses memegang rekor tak terkalahkan hingga paruh musim. Alhasil, Benfica mantap bercokol di puncak klasemen Liga Portugal sampai pekan ke-13. 

Selain menuai hasil positif di liga domestik, Benfica ternyata mampu tampil mengejutkan di Liga Champions. Klub berjuluk As Águias ini bahkan sukses menyingkirkan Juventus dan duduk di puncak klasemen Grup H di atas klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain. 

4. SSC Napoli

5 Klub Eropa yang Belum Terkalahkan di Liga Domestik Paruh 2022/2023Gio Simeone dan Mateo Politano saat merayakan gol melawan Liverpool. (instagram.com/officialsscnapoli)

Tampil superior, SSC Napoli tercatat sebagai satu-satunya klub yang belum terkalahkan di Serie A pada paruh musim ini. Hasil positif itu membuat klub asal Kota Naples tersebut terus duduk di puncak klasemen Liga Italia dengan torehan 41 poin; hasil dari 13 kemenangan dan 2 kali imbang. 

Di samping liga domestik, Napoli juga sukses mendulang hasil positif di Liga Champions 2022/2023. Klub berjuluk Gli Azzurri ini mampu memuncaki Grup A setelah meraup 5 kali kemenangan dan 1 kekalahan. 

5. Paris Saint-Germain

5 Klub Eropa yang Belum Terkalahkan di Liga Domestik Paruh 2022/2023pemain PSG ketika merayakan gol (instagram.com/psg)

Terakhir, ada Paris Saint-Germain yang sukses mencatatkan rekor tak terkalahkan di Ligue 1 sampai pekan ke-15. Klub yang berkandang di Parc des Princes ini mencatatkan 41 poin lewat 13 kemenangan dan 2 kali hasil imbang. Torehan itu, membuat terus memantapkan posisinya di puncak klasemen.

Tak hanya di liga domestik, Les Parisien rupanya juga tampil perkasa di ajang Liga Champions. Klub asal Ibu Kota Prancis ini sukses meraup kemenangan dari Juventus dan Maccabi Haifa. Sayangnya, mereka akhirnya harus jadi runner-up berkat hasil seri saat dua kali bersua Benfica. 

Menjaga rekor tak terkalahkan di liga domestik hingga paruh musim ini bukanlah perkara mudah. Pasalnya, mereka harus terus menjaga konsistensi penampilan terlepas dari sejumlah faktor penghambat.

Belum lagi, jika klub itu harus membagi konsentrasinya kala berlaga di turnamen antar klub Eropa. Mampukah sederet klub di atas memertahankan rekor tak terkalahkan hingga akhir musim nanti?

Baca Juga: 5 Pemain PSG dengan Kontribusi Gol Terbanyak pada Awal 2022/2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya