5 Klub Jerman dengan Pengeluaran Terbesar pada Musim Panas 2022

Tak semuanya berhasil duduk di papan atas

Pada bursa transfer musim panas 2022, beberapa klub Jerman terlihat aktif membeli pemain baru untuk mendongkrak performa mereka. Namun, tak sedikit pula yang memilih mendatangkan pemain seperlunya agar tidak memboroskan pengeluaran klub. 

Meskipun tidak seramai transfer di Inggris dan Italia, klub-klub Bundesliga Jerman juga turut menyemarakkan bursa transfer musim panas dengan dana yang tak sedikit. Berikut lima klub Jerman dengan belanja terbesar pada musim panas 2022.

1. Eintracht Frankfurt (Rp373,3 miliar)

5 Klub Jerman dengan Pengeluaran Terbesar pada Musim Panas 2022Pemain Eintracht Frankfurt ketika merayakan gol. (instagram.com/eintrachtfrankfurt)

Eintracht Frankfurt menggelontorkan dana sebesar 25 juta euro (Rp373,3 miliar) untuk membeli lima pemain baru. Klub asal Frankfurt ini juga mendatangkan 5 pemain bebas transfer dan 2 pemain pinjaman. 

Berkat pembelian itu, klub berjuluk Die Adler ini mengalami defisit neraca keuangan mencapai 6,6 juta euro (Rp98,6 miliar). Pasalnya, Eintracht hanya mendapatkan 18,4 juta euro (Rp274,7 miliar) dari hasil penjualan pemain mereka. 

Meski sudah mendatangkan sejumlah pemain baru, performa Die Adler terbilang kurang impresif. Klub ini hanya duduk di posisi ke-8 pada pekan ke-9 Bundesliga dan di posisi ke-3 Grup D Liga Champions Eropa.

2. VfL Wolfsburg (Rp526,4 miliar)

5 Klub Jerman dengan Pengeluaran Terbesar pada Musim Panas 2022Pemain Wolfsburg saat merayakan kemenangan. (instagram.com/vfl.wolfsburg)

VfL Wolfsburg sudah mengeluarkan dana sebesar 35,25 juta euro (Rp536,25 miliar) untuk memboyong enam pemain baru. Ini merupakan langkah Die Wolffe untuk merombak skuad mereka dan memperbarui bakat-bakat muda yang berusia di antara 17—23 tahun. 

Dana besar yang digelontorkan Wolfsburg membuat klub ini mengalami defisit sebesar 13,05 juta euro (Rp194,8 miliar). Ini diakibatkan pendapatan total mereka dari penjualan pemain lama hanya menyentuh 22,2 juta euro (Rp331,8 miliar). 

Menilik penampilannya musim ini, tentu tidak ada yang menyangka jika klub ini cukup agresif mendatangkan pemain. Pasalnya, mereka hanya duduk di posisi ke-13 klasemen sementara. Bahkan, klub ini sudah menelan empat kali kekalahan di liga domestik.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Eintracht Frankfurt yang Saat Ini Bermain di Serie A

3. RB Leipzig (Rp888,6 miliar)

5 Klub Jerman dengan Pengeluaran Terbesar pada Musim Panas 2022Pemain RB Leipzig saat menyapa pendukungnya. (instagram.com/rbleipzig)

RB Leipzig terpantau tidak terlalu aktif dalam membeli pemain pada musim panas 2022. Meski begitu, klub ini sudah mengalokasikan dana sebesar 59,5 juta euro (Rp888,6 miliar) hanya untuk membeli tiga pemain baru, termasuk Timo Werner dan David Raum. 

Besarnya dana yang dikeluarkan Die Rotten Bullen rupanya tak membuat klub ini mengalami defisit. Mereka justru surplus sebesar 16,2 juta euro (Rp240,8 miliar) dari total pendapatan penjualan pemain sebesar 75,62 juta euro (Rp1,13 triliun). 

Bicara soal penampilannya musim ini, RB Leipzig terbilang tidak terlalu impresif. Mereka hanya mampu duduk di posisi ke-11 pada pekan ke-9 Bundesliga. Di UCL, mereka juga tampil biasa saja dan sempat tunduk melawan Shakhtar Donetsk dan Real Madrid.

4. Borussia Dortmund (Rp1,36 triliun)

5 Klub Jerman dengan Pengeluaran Terbesar pada Musim Panas 2022Pemain Borussia Dortmund saat merayakan gol. (instagram.com/bvb09)

Sebagai klub raksasa Jerman, Borussia Dortmund terus berinisiatif untuk memperkokoh timnya. Tak heran jika Die Borussen menggelontorkan dana sebesar 91,1 juta euro (Rp1,36 miliar) untuk mendatangkan delapan pemain baru, terutama usai kepergian Erling Haaland. 

Tingginya pengeluaran Dortmund musim ini mengakibatkan neraca keuangan mereka defisit 12,4 juta euro (Rp185,2 miliar). Ini disebabkan total pendapatan dari penjualan pemain yang hanya menyentuh angka 78,7 juta euro (Rp1,17 triliun). 

Penampilan Die Borussen musim ini terpantau cukup mengesankan. Meski begitu, klub asal Dortmund ini sempat mengalami tiga kekalahan dan harus bertengger di posisi ke-4 klasemen sementara Bundesliga.

5. Bayern Munich (Rp2,05 triliun)

5 Klub Jerman dengan Pengeluaran Terbesar pada Musim Panas 2022Matthijs de Ligt ketika merayakan gol bersama Bayern Munich. (instagram.com/mdeligt_)

Bayern Munich yang dinobatkan sebagai klub dengan pengeluaraan terbanyak di Jerman pada musim panas 2022. Klub tersukses di Jerman ini sudah mengalokasikan dana sebesar 137,5 juta euro (Rp2,05 triliun) hanya untuk membeli lima pemain baru.

Dari penjualan delapan pemainnya, Bayern Munich hanya mampu memperoleh dana sebesar 104,1 juta euro (Rp1,5 triliun). Itu membuat Die Bayern mengalami defisit neraca keuangan yang cukup besar, mencapai 33,4 juta euro (Rp499,18 miliar).

Performa Die Bayern musim ini terbilang mengesankan di turnamen Liga Champions Eropa dengan memenangi semua laga. Sayangnya, di liga domestik, mereka justru kurang maksimal dan hanya duduk di peringkat ke-3 klasemen pada pekan ke-9 ini.

Mencatatkan pembelian terbesar, ternyata lima klub Jerman di atas tak lantas berhasil meraup kesuksesan secara instan. Sebaliknya, klub yang tidak mencatatkan pengeluaran terbesar justru berhasil menduduki papan atas Bundesliga, sebut saja Union Berlin dan SC Freiburg.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis yang Membela Bayern Munich pada Musim 2022/2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya