Comscore Tracker

7 Klub Kuda Hitam di Final DFB-Pokal dalam 25 Tahun Terakhir

Hampir semuanya jadi runner-up

DFB-Pokal adalah salah satu turnamen di Jerman yang mempertemukan klub dari divisi pertama dan di bawahnya. Namun, pertemuan antara tim dari berbagai divisi nyatanya tidak selalu membuat tim-tim unggulan mudah melangkah ke final.

Tak heran apabila DFB-Pokal juga kerap memberikan kejutan. Tim-tim yang tidak pernah diunggulkan justru beberapa kali berhasil melangkah jauh. Bahkan, di antara tim nonunggulan itu ada yang mampu menembus final turnamen bergengsi ini.

Selama 25 tahun ke belakang, sudah ada beberapa tim nonunggulan yang tercatat berlaga di final DFB-Pokal. Walaupun tak semuanya berakhir dengan manis, setidaknya mereka sudah membuktikan perjuangannya untuk berlaga di turnamen ini.

1. FC Energie Cottbus (1996/1997)

7 Klub Kuda Hitam di Final DFB-Pokal dalam 25 Tahun TerakhirPemain Energie Cottbus ketika bertanding di DFB-Pokal tahun 1997. (twitter.com/HistoriaeF)

Pada 1996/1997, FC Energie Cottbus mampu mencatatkan sejarah untuk masuk ke final DFB-Pokal pertama kalinya. Padahal klub asal Jerman Timur itu dikenal sebagai tim yang berlaga di divisi ketiga atau Regionalliga.

Sayangnya, Energie Cottbus harus berhadapan dengan VfB Stuttgart yang masuk sebagai salah satu tim papan atas Bundesliga di final kala itu. Alhasil, tim asal Kota Cottbus itu harus mengakui keunggulan Stuttgart dengan skor 0-2.

2. FC Union Berlin (2000/2001)

7 Klub Kuda Hitam di Final DFB-Pokal dalam 25 Tahun TerakhirFC Union Berlin ketika berlaga di final DFB-Pokal 2000/2001. (twitter.com/sportanwalt)

Selain Energie Cottbus, FC Union Berlin tercatat sebagai klub asal Jerman Timur lain yang berhasil menembus final DFB-Pokal 2000/2001. Hal ini cukup mengejutkan lantaran  Union Berlin hanyalah klub yang berlaga di Regionaliga North atau kompetisi divisi ketiga di Jerman.

Pada saat itu, Eisern Union harus bertemu dengan FC Schalke 04 yang termasuk sebagai salah satu klub raksasa di Jerman. Kurangnya pengalaman dan kualitas pemain membuat Union Berlin mengakui keunggulan Die Koenigsblauen dengan skor 0-2.

3. FC Kaiserlautern (2002/2003)

7 Klub Kuda Hitam di Final DFB-Pokal dalam 25 Tahun TerakhirMiroslav Klose saat membela FC Kaiserlautern di tahun 2003. (twitter.com/FK_Teplice)

Pada 2002/2003, FC Kaiserlautern masuk sebagai salah satu tim nonunggulan yang berhasil menembus final DFB-Pokal. Pasalnya, tim asal Kota Kaiserlautern itu tengah terseok-seok ketika berlaga di Bundesliga musim itu dan hampir terdegradasi ke kasta kedua.

Meski begitu, tim berjuluk Die roten Teufel itu harus bertemu dengan pemuncak klasemen Bayern Muenchen di laga pamungkas DFB-Pokal. Hasilnya tentu saja sudah diduga, Die Bayern mampu menggilas FC Kaiserlautern dengan skor 3-1.

Baca Juga: 5 Klub dengan Trofi DFB-Pokal Terbanyak dalam Sejarah

4. Alemannia Aachen (2003/2004)

7 Klub Kuda Hitam di Final DFB-Pokal dalam 25 Tahun TerakhirPemain Alemannia Aachen saat berlaga di DFB-Pokal 2003/2004. (twitter.com/Bundesliga_Maxi)

Musim berikutnya, Alemannia Aachen masuk sebagai tim kuda hitam yang mampu menembus final DFB-Pokal. Bahkan, tim asal Aachen yang berlaga di Bundesliga 2 itu mampu menyingkirkan tim besar, seperti Bayern Muenchen dan Borussia Moenchengladbach.

Pada laga final, tim berjuluk Kartoffelkafer itu harus menghadapi perlawanan tim raksasa Bundesliga, Werder Bremen. Meski hampir menyamakan kedudukan, Alemannia Aachen akhirnya harus mengakui keunggulan Die Gruen-Weissen dengan skor 2-3.

5. FC Nuernberg (2006/2007)

7 Klub Kuda Hitam di Final DFB-Pokal dalam 25 Tahun TerakhirPemain FC Nürnberg saat berhasil mengusung trofi DFB-Pokal di tahun 2007. (twitter.com/BR_Franken)

Pada 2006/2007, FC Nuernberg mampu melangkah hingga ke final DFB-Pokal. Saat itu, tim yang berkandang di Kota Nuernberg itu berhasil mengalahkan tim juara Bundesliga, VfB Stuttgart, dengan skor 3-2 lewat perpanjangan waktu.

Kesuksesan menjuarai DFB-Pokal ini mengakhiri puasa gelar Der Club selama 39 tahun lamanya. Padahal saat itu FC Nuernberg juga hanya bertengger di papan tengah klasemen sementara Bundesliga.

6. MSV Duisburg (1997/1998 dan 2010/2011)

7 Klub Kuda Hitam di Final DFB-Pokal dalam 25 Tahun TerakhirPemain MSV Duisburg saat merayakan gol di laga DFB-Pokal tahun 2011. (twitter.com/TheobaldJulia)

MSV Duisburg masuk sebagai salah satu tim nonungggulan yang mampu tampil mengejutkan di DFB-Pokal. Klub asal Kota Duisburg itu berhasil menembus final keempat kalinya dalam sejarah dan dua kali menembus final dalam 25 tahun terakhir.

Pada 1997/1998, Die Zebras berhasil masuk ke final DFB-Pokal untuk ketiga kalinya. Akan tetapi, tim ini harus bertemu dengan tim tersukses di Jerman, yakni FC Bayern Muenchen. Hasilnya sudah ditebak, Die Bayern keluar sebagai juara usai menundukkan Duisburg dengan skor ketat 2-1.

Kemudian, pada 2010/2011, MSV Duisburg kembali masuk ke final DFB-Pokal dan harus bertemu dengan tim raksasa, FC Schalke 04. Kurang dari segi kualitas dan pengalaman membuat Die Zebras akhirnya takluk dengan skor telak 0-5 di tangan Die Koenigsblauen.

7. SC Freiburg (2021/2022)

7 Klub Kuda Hitam di Final DFB-Pokal dalam 25 Tahun TerakhirPemain SC Freiburg saat laga final DFB-Pokal 2021/2022. (twitter.com/DFBPokal_EN)

Pada 2021/2022, terdapat pula kejutan yang hadir DFB-Pokal. SC Freiburg berhasil masuk ke final DFB-Pokal untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Bahkan, musim ini juga tercatat sebagai musim paling gemilang bagi Die Breisgauer. Sebab, mereka berhasil menembus papan atas Bundesliga.

Pada laga final, Freiburg harus menghadapi perlawanan RB Leipzig yang sudah beberapa kali menjadi runner-up DFB-Pokal. Kurangnya pengalaman dan nasib yang tidak berpihak kepadanya, SC Freiburg pun harus mengakui kemenangan Die Roten Bullen lewat drama adu penalti.

Kompetisi domestik Jerman memang kerap menghadirkan kejutan lewat beberapa tim kuda hitam yang mampu tampil mengesankan. Tak jarang klub sepak bola itu berjuang semaksimal mungkin untuk dapat menembus final DFB-Pokal. Meskipun, pada akhirnya, hanya sebagian kecil yang berhasil memboyong gelar juara.

Baca Juga: 5 Klub Non-Unggulan yang Pernah Memenangi Gelar DFB Pokal, Mana Saja?

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya