5 Klub Serie A yang Terancam Degradasi pada 2022/2023

Dua di antaranya adalah tim promosi

Serie A Italia 2022/2023 tidak menunjukkan persaingan berarti dalam penentuan gelar juara. Napoli sebagai pemuncak klasemen sepertinya tinggal menunggu waktu untuk mengangkat scudetto. Jarak poin mereka dengan Lazio di posisi runner-up cukup jauh. 

Hal berbeda terjadi di papan bawah yang ketat. Semua berpeluang lolos dari degradasi. Namun, mereka masih harus saling sikut demi mempertahankan diri.

Siapa saja klub Serie A yang terancam degradasi pada 2022/2023?

1. US Lecce

5 Klub Serie A yang Terancam Degradasi pada 2022/2023Pemain Lecce saat berlaga di Serie A. (instagram.com/uslecce)

US Lecce baru promosi ke Serie A pada 2022/2023. Mereka tampil cukup baik musim lalu dengan keluar sebagai juara Serie B. Sayangnya, Lecce gagal bersaing dengan klub-klub besar di kasta tertinggi Liga Italia. 

Pada giornatta ke-30, Lecce hanya duduk di posisi ke-16 klasemen sementara. Mereka baru memperoleh 28 poin.

Klub berjuluk I Giallorossi ini sebenarnya jarang duduk di zona degradasi, tetapi konsisten berada di papan bawah. Lecce harus waspada karena berpotensi digeser klub di bawahnya.

2. Spezia Calcio

5 Klub Serie A yang Terancam Degradasi pada 2022/2023Pemain Spezia Calcio saat merayakan gol. (instagram.com/acspezia)

Spezia Calcio awalnya mampu bertengger di papan atas Serie A 2022/2023. Namun, mereka mengalami penurunan sehingga menjadi penunggu papan bawah saat ini.

Spezia juga punya catatan baik. Mereka tidak pernah duduk di zona merah musim ini. Spezia masih bercokol di posisi ke-17 klasemen sementara dengan perolehan 26 poin setelah giornata ke-30. Mereka berada satu tingkat di atas zona degradasi.

Meski begitu, Spezia harus berhati-hati. Mereka perlu hasil positif hingga akhir musim jika ingin tetap di Serie A.

3. Hellas Verona

5 Klub Serie A yang Terancam Degradasi pada 2022/2023Pemain Hellas Verona saat merayakan gol. (instagram.com/hellasveronafc)

Hellas Verona mengawali Serie A 2022/2023 dengan inkonsistensi. Tim berjuluk I Gialloblu ini hanya duduk di posisi ke-18 pada giornatta ke-30 dengan perolehan 23 poin. Ini artinya mereka berada di zona degradasi dan berisiko besar terdepak dari kasta tertinggi Liga Italia. 

Apabila ingin selamat dari jurang degradasi, Hellas Verona harus berjuang cukup keras dengan meraih kemenangan di laga tersisa. Mereka pun harus berharap agar Lecce dan Spezia meraih hasil buruk agar dapat menggesernya. 

4. US Cremonese

5 Klub Serie A yang Terancam Degradasi pada 2022/2023Pemain Cremonese saat melakukan selebrasi gol. (instagram.com/uscremonese)

Sama seperti Lecce, US Cremonese adalah klub yang baru saja promosi ke Serie A 2022/2023. Meski keluar sebagai runner-up Serie B 2021/2022, Cremonese terbukti tidak mampu bersaing di kasta tertinggi. Akibatnya, mereka hanya jadi penghuni papan bawah. 

Pada giornatta ke-30 Serie A, US Cremonese hanya duduk di posisi ke-19 klasemen dengan raihan 19 poin. Bahkan, klub berjuluk Le Tigri ini sempat merasakan jadi juru kunci selama beberapa pekan. Cremonese pun harus berjuang sangat keras jika ingin lolos dari degradasi. 

5. Sampdoria

5 Klub Serie A yang Terancam Degradasi pada 2022/2023Pemain Sampdoria saat berlaga di Serie A. (instagram.com/sampdoria)

Posisi juru kunci Serie A 2022/2023 dihuni oleh Sampdoria. Klub asal Genoa ini memiliki penampilan yang buruk sejak awal musim. Mereka hanya bertengger di papan bawah sepanjang musim ini dan menghabiskan mayoritas waktunya di zona degradasi. 

Pada giornatta ke-30 Serie A, Sampdoria baru memperoleh 16 poin. Klub yang dikenal dengan julukan I Blucerchiat ini punya tugas yang amat berat agar lolos dari degradasi. Mereka harus memenangkan laga sisa sembari berharap tim di atasnya kalah. 

Kelima klub Serie A di atas harus berjuang agar tetap dapat berkompetisi di Serie A 2023/2024. Namun, Sampdoria, US Cremonese, dan Hellas Verona adalah klub paling berisiko gagal lolos degradasi. Mereka pun harus bekerja ekstra agar dapat mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya